Dari Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, hingga Alpha, Kamu yang Mana nih?

Dari Generasi Baby Boomers, X, Y, Z, hingga Alpha, Kamu yang Mana nih?

Pasti sebagai warga negara hari ini yang turut menyandang status sebagai warga net alias netizen, kita tidak diasingkan dengan berbagai macam istilah-istilah baru yang sering muncul tiap waktu kapanpun dan di manapun kita berada. Bahkan trend atau hal-hal yang tengah viral juga tak jarang menjadi buah bibir serta tersangkut paut di media manapun. Hasilnya, kita akan menjadi ikut penasaran dan mencoba mencari tahu akan istilah yang mungkin kurang bisa dimengerti secara sederhana.

Contohnya saja penamaan atau pemberian istilah pada tipe manusia berdasarkan tahun kelahiran dan juga sifat-sifat bawaan yang biasa menyertainya. Kita tentunya pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan “” bagi anak- anak atau “boomers” bagi orang tua terutama di media sosial. Namun sebetulnya, lebih dari dua kata itu, ada beberapa sebutan lagi yang bisa kita kenali sedikit spesifik. Berbeda sedikit saja angka tahun kelahiran, maka beda pula penyebutannya. Tapi sebelum mencapai penjelasan terkait jenis-jenis penamaan tipe manusia tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui tentang teori yang menjadi cikal bakal adanya sebutan-sebutan tersebut yang sudah mendunia pada saat ini.

Baca juga  Marketing? 8 Perbedaan antara Milenial dan Gen Z Penting Dicermati

Jadi, baby boomers, X, Y, Z, hingga Alpha merupakan istilah-istilah yang menetas dari teori Cohort Generation atau Kohor . Kohor sendiri dalam bidang ilmu sosial memiliki artian tentang kelompok manusia yang mempunyai ciri-ciri sama atau pengalaman yang juga sama dalam masa tertentu sebagaimana waktu kelahiran, masa pendidikan, kerja, dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa kesalahan masyarakat dalam memberikan label pada mereka yang masih sekolah atau kuliah dengan sebutan yang sebenarnya jika dicocokkan dengan istilah tipe dalam kohor sangat tidak pas, begitupun orang tua yang selalu dipukul rata dengan sebutan boomers. Padahal, boleh saja anak-anak masa kini yang masih duduk di bangku sekolah maupun pendidikan tinggi itu termasuk pada golongan Z atau Alpha, dan para orang tua bisa saja masuk di X. Lantas bagaimana cara mengetahuinya? Yuk simak saja penjelasan di bawah ini dengan seksama dan jangan lupa buat tebak kira-kira kamu masuk di tipe yang mana yah..

Baca juga  Anak – Anak Para Milenial, “Gen Alpha” Mengapa Mereka berbeda?
pixabay.com
pixabay.com
  1. Baby Boomers lahir di tahun 1944-1964
  2. Gen X lahir di tahun 1965-1975
  3. Gen X lahir di tahun 1965-1975
  4. Gen Y/ lahir di tahun 1980-1994
  5. lahir di tahun 1995-2015 atau 1995-2010
  6. 2011-Sekarang

Penamaan gen atau generasi yang mayoritas menggunakan alfabet seperti X,Y, Z, tentunya tidak begitu saja ada dan tanpa alasan. Penyebabnya ketika paska perang dunia II dari perspektif Amerika yang menganggap bahwa segala kesusahan telah usai dan warganya berhak hidup sejahtera sehingga meningkatlah angka kelahiran yang lantas disebut sebagai baby boom. Dan kelahiran atau generasi setelahnya karena masih memiliki perspektif kultur yang kurang jelas penamaan istilahnya maka disebutlah saja dengan generasi X yang mana huruf X itu sendiri seringkali menjadi simbol akan kemisteriusan. Dan oleh sebab itu dilanjut saja istilah alfabet berikutnya untuk pemberian istilah pada generasi seterusnya.

Generasi baby boomers memiliki karakter sifat yang kompetitif dan condong fokus pada karir. Mereka memiliki kegemaran akan gila kerja dan suka memberikan argumen terhadap apapun atau menyampaikan kritik akan ide-ide pemikirannya. Oleh sebab itu mereka cenderung memiliki rasa keingintahuan tinggi juga mandiri, serta optimis.

Baca juga  Mengapa Budaya Korea Banyak Digemari Generasi Muda di Indonesia

Generasi X lebih cenderung menghabiskan waktunya untuk melakukan pekerjaan di luar pekerjaan formal yang biasa dilakukan oleh generasi sebelumnya yakni baby boomers dan generasi X lebih gemar membuka usaha mandiri.

pixabay.com
pixabay.com

Selanjutnya adalah generasi Y atau yang memiliki kemampuan dalam menguasai teknologi serta kesediaan dalam menerima saran dan kritik dari orang lain. Generasi juga dikenal akan kedisiplinannya dan kelihaiannya dalam menjalankan pekerjaan yang beriringan dengan teknologi sehingga tak jarang mereka diberikan kepercayaan dari generasi sebelumnya.

Lalu ada generasi Z yang memang dikenal sebagai generasi yang lebih mumpuni dalam menguasai teknologi. Namun, generasi Alpha yang lahir di mana kemajuan teknologi sudah berkembang pesat kemungkinan akan memiliki kecerdasan lebih daripada generasi sebelumnya.

Nah, kalian termasuk generasi yang mana nih?

Referensi :

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2020/21101/ini-dia-8--antara-generasi-millennial-dengan-gen-z

https://kumparan.com/kumparansains/mengenal-karakter-5-generasi-baby-boomers-x-y-z-dan-alpha-1540826163812714870

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore