Dari Gregorian hingga Hijriah, Inilah 5 Sistem Kalender yang Paling Umum digunakan Dunia

Dari Gregorian hingga Hijriah, Inilah 5 Sistem Kalender yang Paling Umum digunakan Dunia

Berdasarkan wikipedia, (disebut juga tarikh atau penaggalan) adalah sebuah sistem untuk memberi nama pada sebuah periode waktu. Nama-nama ini disebut dengan . Sistem dari sendiri bisa didasarkan dari rotasi matahari atau bulan.

Nah, sekarang coba Sobat Mister bayangkan bagaimana jika tidak ada di dunia ini, mungkin setiap orang akan bingung untuk membuat janji atau tidak bisa menandai waktu (hari, bulan, dan sebagainya). Repot sekali, bukan?

Di Indonesia dan dunia pada umumnya, saat ini lebih menggunakan Masehi sebagai patokan. Namun, tahukah Sobat Mister jika Masehi juga punya sebutan lain yaitu Gregorian? Lalu tahukah Sobat Mister jika masih ada sistem - lain yang di dunia? Berikut akan Mister IM jabarkan.

Baca juga  Tahukah Kamu Ada Bulan Ke 13

# Gregorian

Dari Gregorian hingga Hijriah, Inilah 5 Sistem Kalender yang Paling Umum digunakan Dunia

Sistem kalender ini dibuat oleh Paus Gregorius XIII untuk menggantikan Kalender Julian setelah penghitungan hari menjadi kacau akibat rotasi matahari berubah lebih cepat beberapa hari. Kalender ini awalnya digunakan untuk lebih akurat dalam menentukan jatuhnya ibadah Paskah dan kebaktian. Kalender ini sendiri diketahui resmi dipakai sejak 15 Oktober 1582.

#Kalender Julian

Penggagas Kalender Julian adalah Julius Caesar pada tahun 45 SM. Kalender ini dipakai sebagai solusi penanggalan Romawi yang sebelumnya sudah semrawut akibat adanya sisipan 90 hari di beberapa bulannya untuk mengikuti perubahan musim. Walau Julius Caesar menetapkan 1  Januari sebagai awal tahun baru, banyak juga yang tidak sepakat dan memilih lain seperti 1 Maret, 25 Maret, dan 25 Desember.

Baca juga  Ubah Wadah Bekas Skincare Milikmu jadi Kalender Sepanjang Masa!

#Kalender Ibrani

Kalender Ibrani adalah kalender resmi milik orang Yahudi. Penanggalannya didasarkan atas rotasi bulan. Tidak ada hari yang memiliki nama kecuali hari Sabbath yang ada di ujung siklus satu minggu ketika ditandai dari terbenamnya matahari. Dalam sistem kalender ini, setahun bisa berlangsung selama 12 atau 13 bulan.

Baca juga  Tahukah Kamu Ada Bulan Ke 13

#Kalender China

Sistem Kalender China didasarkan pada rotasi bulan, tiap bulannya bisa berisi 29 atau 30 hari. Selain itu, setiap tiga tahun ada penambahan bulannya. Sampai sekarang kalender masih dipakai untuk penentuan waktu perayaan festival budaya tradisional maupun sistem agrikultur.

#Kalender Hijriah

Dari Gregorian hingga Hijriah, Inilah 5 Sistem Kalender yang Paling Umum digunakan Dunia

Kalender ini dimulai dari hari Jumat, 16 Juli 622 M atau saat dimulainya perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. Sistemnya sendiri didasarkan perputaran bulan. Dalam setahun bisa berisi 12 bulan di mana terbenamnya matahari dianggap sebagai tanda dimulainya hari.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mister IR

   

Akan membagikan segala informasi kepada Sobat Mister semua.