Dear Cewek, Ini Sebab Mengapa Kalian mengalami PMS

Dear Cewek, Ini Sebab Mengapa Kalian mengalami PMS 1

PMS atau Premenstruation Syndrome acap kali dialami oleh kebanyakan perempuan yang ada di dunia ini dan masing-masing memiliki ciri-cirinya sendiri. Seperti mudah sewot, marah, nangis, kesal pada hal-hal spele, hingga perasaan sensitif lainnya. Kadang kala orang yang tidak begitu memahami atau tidak tahu tentang PMS ini akan sering dibuat kebingungan oleh suatu keadaan jika salah satu perempuan yang berada di sekitarnya mengalami hal tersebut dan secara tidak sengaja melampiaskannya padanya.

Tentu saja hal ini bisa memancing amarah dan menyulut konflik baru. Tapi untuk yang sudah paham, biasanya akan lebih mengerti dan mencoba menenangkan satu sama lain. Tak jarang pula perempuan yang dimengerti ketika ia sedang berada di fase PMS akan lebih menghargai balik. Namun kadang kala, para kaum perempuan pun tidak sadar kapan datangnya saat-saat PMS itu secara pasti. Yang jelas PMS ada di masa-masa sebelum periode menstruasi itu sendiri.

Apalagi saat hari pertama, kedua, ketiga atau lebih saat perempuan mengalami masa haidnya, di mana kita mengenal apa yang dinamakan dengan adanya nyeri haid. Bagi mereka yang mengalaminya, ada berbagai tingkat untuk rasa nyeri ini. Dari yang sakitnya biasa, luar biasa, bahkan bisa menyebabkan mereka sampai pingsan. Nah tapi dalam artikel ini, kita tidak akan membahas lebih detail perihal haid atau menstruasi ya. Karena kita akan lebih fokus pada penyebab kenapa perempuan bisa mengalami PMS. Yuk simak penjelasan berikut.

Ditinjau dari klikdokter.com, gejala PMS dapat dialami oleh 85% perempuan. Dan gejalanya ini bisa dimulai sejak hari ke 4 sampai hari ke 11 sebelum periode menstruasi itu tiba. Dan PMS ini akan hilang saat haid perempuan itu datang alias datang bulan. Namun kadang kala ada yang masih bertahan hingga H+3 masa menstruasi.

pixabay.com
pixabay.com

Alasan pasti dari terjadinya PMS ini belum dapat diketahui. Tapi menurut para ahli, mereka percaya jika PMS ini ada kaitannya dengan perubahan hormon seks serta kadar serotonin di awal periodesasi menstruasu.  Nah, jumlah estrogen dan progesteron yang meningkat selama waktu tertentu dalam satu bulan memicu terjadinya perubahan emosi atau suasana hati bagi kaum perempuan.

Adapun gejala PMS yang terjadi pada umumnya seperti berikut :

  • Sakit kepala atau pusing
  • Munculnya jerawat
  • Cemas
  • Mudah marah
  • Mudah merasa sedih
  • Perasaan yang sensitif
  • Cepat lelah
  • Nyeri payudara
  • Nyeri perut bagian bawah
  • Sulit kontrol emosi

Nah, ada pula sedikit tips menarik yang bisa dicoba  untuk mengatasi PMS bagi kalian- kaum hawa seperti yang tertera di bawah ini :

1.  Hindari Stres

Karena perempuan yang sedang dalam posisi PMS akan mudah sekali kesal, marah, bahkan merasa sedih atau sangat sensitif  akan kondisi hatinya. Nah pada situasi ini jika kalian punya teman yang sedang PMS, tolong usahakan mengerti perasaannya agar ia tidak tambah stres ya. Karena PMS itu berat, belum tentu yang ga ngalamin bakal bisa kuat hehehe. Dan buat yang sedang mengalami PMS, jika kalian tahu suatu hal yang nantinya pasti akan membuat kalian merasa stres, lebih baik dihindari saja sejak awal. Karena kesehatan kalian sangatlah penting.

2.  Istirahat

Buat yang sedang PMS, kalian dianjurkan sekali untuk beristirahat yang cukup agar tidak begitu kelelahan. Karena perempuan yang tengah berada dalam fase ini sangat mudah mengalami capek bahkan merasa loyo. Oleh sebab itu, kalian sangat dianjurkan untuk rehat santuy sejenak.

3. Lakukan apa yang kalian suka

pixabay.com
pixabay.com

Maksudnya di sini adalah hobi atau melakukan hal yang dirasa menyenangkan. Kenapa? Karena perempuan yang sedang PMS pastinya memiliki kondisi atau suasana hati yang sangat sensitif. Nah untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan hobi atau hal-hal yang kalian sukai agar bisa membuat perasaan kalian menjadi lebih baik lagi. Contohnya nonton drakor, makan yang manis-manis atau sesuai selera lah ya, melukis, berenang,relaksasi dengan baca buku dan minum teh, atau lain sebagainya.

Bagaimana para puan? Semoga artikel tadi bermanfaat yah. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore