Dear Ladies, Pahami Yuk 8 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Diwaspadai!

Dear Ladies, Pahami Yuk 8 Penyebab Rambut Rontok yang Harus Diwaspadai! 1

Memiliki rambut yang indah menjadi harapan bagi setiap wanita. Mengingat rambut merupakan mahkota wanita, tentu kamu akan menjaganya dengan baik. Entah dengan shampo yang disesuaikan dengan kebutuhan rambutmu, vitamin maupun suplemen untuk menjaga rambutmu tetap sehat, kuat dan indah. Lalu, bagaimana kalau kamu mengalami kerontokan rambut?

Memang sih kehilangan 50 hingga 100 helai rambut setiap harinya merupakan hal yang wajar, tetapi bagaimana kalau kamu kehilangan banyak rambut setiap harinya? Tentunya kamu akan panik dan berusaha mencari cara agar rambutmu tidak semakin rontok.

Sebelum kamu mencari berbagai cara agar rambutmu tidak rontok, ada baiknya cari tahu dulu yuk penyebab-penyebabnya supaya bisa segera ditangani.

1. Genetik

source: medicalnewstoday.com
source: medicalnewstoday.com

Faktor genetik atau keturunan menjadi salah satu penyebab utama pada kerontokan rambut. Gen tersebut bisa diturunkan dari salah satu orang tua atau bahkan keduanya.

Meskipun faktor ini merupakan faktor umum yang memang tidak bisa dicegah sepenuhnya, kamu masih bisa melakukan beberapa perawatan kok seperti Minoxidil dan penggunaan obat finasteride untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut yang tersisa.

2. Perubahan Hormon

source: pixabay.com
source: pixabay.com

Perubahan hormon wanita akibat kehamilan, melahirkan maupun saat menyusui bisa menjadi penyebab kerontokan pada rambut juga lho.

Selama hamil akan terjadi perubahan kadar estrogen dan progesteron pada tubuh, bahkan kerontokan ini juga akan terjadi saat melahirkan. Lonjakan kadar progesteron ini dapat menyebabkan rambut kering, kusam dan rapuh sehingga lebih mudah rontok. Maka penting sekali untuk menjaga kelembaban rambut selama hamil dengan meminum air putih serta asupan lain yang mengandung mineral untuk meminimalkan rambut rontok.

3. Stres

source: pexels.com
source: pexels.com

Stres termasuk penyebab rambut rontok yang sering terjadi. Apalagi jika berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini dikarenakan stres dapat memicu folikel rambut, yang merupakan tempat tumbuhnya rambut berupa lubang atau pori kecil yang terdapat di kulit untuk istirahat. Akibatnya, rambut mulai rontok dan menipis.

Nah mulai sekarang yuk belajar untuk tetap memikirkan sesuatu positif supaya terhindar dari stres dan rambut kamu nggak akan rontok lagi deh.

4. Tiroid

source: experiencelife.lifetime.life
source: experiencelife.lifetime.life

Memiliki tiroid yang abnormal atau mengalami kegagalan fungsi yang seharusnya juga menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Baik hipotiroidisme maupun hipertiroidisme, keduanya bisa memicu kerontokan rambut.

Hal ini disebabkan karena ketidak seimbangan hormon. Hormon tiroid memiliki peranan penting dalam pengembangan dan pemeliharaan folikel rambut. Nah, jika hormon tersebut mengalami disfungsi, maka kerontokan rambut akan terjadi. Tetapi, jika kamu sudah melakukan perawaytan untuk mengembalikan hormon, rambut kamu akan tumbuh lagi kok.

5. Sering Mengikat Rambut

source: pexels.com
source: pexels.com

Menguncir rambut memang bisa membantumu mengurangi gerah dan membuat rambut tertata lebih rapi. Tetapi, jika dilakukan secara terus menerus bisa membuat rambut rontok lho. Selain itu, menguncir rambut juga dapat menyakiti rambut dan menarik kulit kepala.

Tak hanya itu saja, kebiasaan tersebut bisa memberikan tekanan pada folikel rambut yang berakibat rambut akan melemah secara permanen dan sulit tumbuh kembali. Maka dari itu yuk mulai membatasi rambut dari kunciran rambut. Dikuncir boleh-boleh saja, asalkan jangan terlalu sering dan terlalu kencang ya.

6. Kekurangan Nutrisi

source: timesofindia.indiatimes.com
source: timesofindia.indiatimes.com

Tercukupi nutrisi dalam tubuh menjadi salah satu kunci rambut yang sehat dan kuat. Namun, jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi, seperti kekurangan protein, vitamin A, B12, zinc dan zat besi maka kemungkinan kamu akan mengalami kerontokan pada rambut.

Untuk itu, cobalah rutin mengonsumsi asupan nutrisi agar pertumbuhan rambut bisa sehat dan kuat.

7. Konsumsi Obat-obatan

source: pexels.com
source: pexels.com

Bagi kamu yang tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat untuk kanker, depresi, jantung, tekanan daran tinggi, dan radang sendi, ada kemungkinan kamu akan mengalami fase kerontokan rambut.

Nah, jika kamu mengalaminya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Tetapi, biasanya jenis kerontokan ini hanya bersifat sementara saja kok, kecuali folikel rambut mengalami kerusakan parah. Jangan lupa langsung cek ke dokter ya!

8. Hair Styling

source: freepik.com
source: freepik.com

Penggunaan hair styling seperti catokan, hair dryer, maupun pengeriting rambut dapat memicu kerusakan pada rambut, apalagi jika digunakan terlalu sering dan suhu yang terlalu panas.

Penggunaan metode hair styling tersebut dapat merusak hydrogen di rambut yang berfungsi untuk melembabkan rambut. Akhirnya, rambut akan menjadi rusak, kering dan rontok.

Sekarang, sudah tahu kan apa saja penyebab rambut rontok? Yuk jaga kesehatan rambut agar rambut selalu sehat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES