Decluttering, ini cara mudah melakukanya tanpa beban, membuat rumah semakin nyaman


Decluttering, ini cara mudah melakukanya tanpa beban, membuat rumah semakin nyaman 1

Bagi kebanyakan orang melakukan decluttering bukan hal mudah karena tidak peduli seberapa rapih kita menumpuk barang dirumah menjadi sesuatu yang sering kita lakukan tanpa disadari. Entah barang terpakai maupun barang sisa yang masih disimpan dengan alasan ‘sayang kalau dibuang’.

Padahal lama-kelamaan barang itu akan menyebabkan masalah. Tumpukan majalah atau buku-buku, kertas tagihan serta surat-surat lama, baju berjubel yang jarang dipakai dan juga semua barang sisa lainnya. Sering kali masalah utama saat ingin membereskannya adalah kita merasa bingung harus memulai dari mana, nah…berikut ini adalah tahapan yang mempermudah kamu untuk melakukanya: 

Pada langkah awal cobalah terlebih dahulu menyingkirkan semua kekacauan itu dengan niat yang kuat dan memulainya dengan perlahan, agar tidak menjadi beban. Selanjutnya untuk mempermudah dalam mengelompokan barang, kamu bisa menyiapkan lima kotak kardus/box dengan lima tujuan :

Megan/junkinator.com
Megan/junkinator.com
  1. Kotak retrunt : Kadang kita membiarkan barang-barang terselip secara tidak beraturan bukan pada tempatnya, seperti; buku di ruang TV atau gelas kotor di meja tamu, Jadi cobalah letakkan dan menyusunya kembali.
  2. Kotak Keep : Ini adalah kotak barang-barang yang jarang kita gunakan namun ada kemungkinan digunakan pada saat-saat tertentu, kamu bisa taruh ditempat yang mudah terlihat agar tidak bingung saat mencari yang kamu butuhkan.
  3. Kotak donate : Berisi barang yang masih bagus dan layak, yang ingin kamu berikan kepada mereka yang akan membutuhkannya.
  4. Kotak fix : Jika kamu mempunyai barang kesayangan yang rusak dan berniat memperbaikinya, masukan ke dalam kotak ini. Tapi ingat ya, untuk memberi batas waktu kapan akan di perbaiki, kalau belum juga kamu sentuh mungkin ada baiknya kamu berpikir ulang, apakah barang itu masih diperlukan atau tidak.
  5. Kotak Trash : Berisi barang-barang tidak terpakai yang akan di buang. 

Setelah seluruh kotak telah siap barulah kamu dapat mencoba untuk meluangkan waktu dan memulainya dari tempat termudah, sebab setiap orang pastilah memiliki tempat yang berbeda-beda untuk menilai mana zona yang dirasa mudah dan sulit untuk melakukan decluttering. Tapi ada tempat paling sederhana misalnya saja lemari pakaian, setelah itu kamu bisa lanjutkan dengan ruangan lainnya.

 Karolina Grabowska/Pexels.com
 Karolina Grabowska/Pexels.com

Hal penting lain yang Perlu diingat saat melakukan decluttering  yaitu mencoba untuk menikmati prosesnya, agar kita merasa lebih mudah jadi coba pikirkan dampak baik yang bisa kamu dapatkan. Selain dapat menghemat banyak waktu untuk membereskan barang-barang, bukankah menyenangkan saat punya cukup ruang untuk menikmati secangkir teh tanpa benda terbengkalai?, dengan begitu perasaan juga menjadi tenang dan terbebas dari beban benda-benda material yang menumpuk.

Pada tahap terakhir, untuk mempertahankan apa yang telah kita mulai, biasanya setelah melakukan decluttering ruangan akan memiliki cukup space, bisa jadi kita memiliki hasrat untuk menambah barang-barang baru, tapi sebaiknya pikirkan terlebih dulu secara matang dan terencana, jangan sampai itu menjadi masalah baru dikemudian hari, karena tujuan kita melakukan decluttering kan agar semua benda dapat memiliki fungsinya secara efisien bukan…

Jadi bagaimana, sudah siap melakukannya? Selamat mencoba…


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

destanita wiagsa

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap