Destinasi Wisata: Pulau Mandeh

Destinasi Wisata: Pulau Mandeh 1

Bicara soal Sumatera Barat atau yang lebih terkenal dengan Ranah Minang memang tidak ada habisnya. Selain unik, tanah kelahiran Bung Hatta ini menyimpan banyak kekayaan alam, salah satunya laut dengan pantai serta pulau-pulau yang sangat cantik. Pulau pamutusan, sirandah, Angso duo serta beberapa pulau lain bisa menjadi pilihan wisata kamu.

Buat yang sudah pernah ke Suamatera Barat, udah mengunjungi pulau apa aja nih? Kali ini mimin bahas Pulau Mandeh dulu ya..

pulau mandeh, atau yang dikenal dengan kawasan wisata mandeh terletak di Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan atau sekita 67 Km dari pusat Kota Padang. Sejauh ini belum ada kendaraan langsung yang bisa mengantarkan wisatawan kesana. Alternatifnya adalah dengan rental mobil atau mini bus.

Destinasi Wisata: Pulau Mandeh 3

Setelah sampai di Kawasan Wisata Mandeh, pengunjung akan disarankan untuk merental boat  dengan paket sekitar 700.000 an untuk satu boat berisi 5-10 orang. Dengan biaya segitu kita sudah dapat akses menuju pulau kapo-kapo, pulau setan, pulau cubadak,sironjong,destinasi menyelam bersama ikan, hutan bakau, lalu terakhir akan menuju air terjun sungai gemuruh untuk mandi bersih. Penyewaan boat itu untuk satu hari alias sedari pagi sampai sore hari serta tidak di campur dengan penumpang lain, Jadi kamu gaperlu risih. Untuk biaya masuk pulau,nahkoda dan pelampung sudah termasuk dalam biaya paket di awal. cukup terjangkau kan?

Selain itu, biaya lain yang mungkin harus dipersiapkan adalah untuk penyewaan kacamata renang serta kamera untuk foto underwater. Tapi ini tentu saja opsional. Tergantung inginnya penumpang. Untuk kamera biayanya 100.000/kapal dan kacamata 30.000-50.000 untuk 5-10 kacamata.Dan untuk di Pulau, biasanya hanya butuh tikar untuk menaruh barang-barang. Biaya tikar biasanya 15.000 per tikar.

Saran mimin nih, sebaiknya beli makan sebelum menuju pulau atau bawa perbekalan dari rumah yaa. Karena hampir di keseluruhan pulau hanya menyediakan makanan cepat saji . Tentunya tidak cukup untuk menambah energi yang sudah terkuras karena berenang sepanjang hari.

Di pulau setan juga ada permainan air seperti banana boat. Biaya sewanya sekitar 35.000 per orang. Di sana banyak sekali ikan-ikan kecil yang membuat anak-anak kegirangan untuk menangkapnya. Cocok sekali untuk wisatawan yang punya balita.

ketika berkunjung kamu juga bisa request untuk memancing lho, tergantung kesepakatanmu dengan penyelenggara. Ikan-ikan kecil seperti kerapu masih banyak dan mudah di pancing. Bonusnya ikan tersebut boleh di bawa pulang. sungguh pengalaman yang unik.

Nahkoda kapal yang ramah, Pemandangan sepanjang perjalanan yang sangat memanjakan mata, serta anak kapal yang tidak pelit saat mengambil gambar adalah anugrah tersendiri bagi para manusia yang sudah suntuk dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Setelah selesai, kamu juga bisa berhenti sebentar di pasar tarusan untuk membeli oleh-oleh. Yang paling terkenal sebagai oleh-olah dari padang adalah bengkoang dan sanjai.

Sebelum menuju rumah jangan lupa mampir dulu untuk makan malam. Bisanya pengunjung dari pekanbaru akan singgah di rumah makan sekitaran air terjun lembah anai. Sop disana sungguh menggugah selera.

jangan lupa add pulau mandeh di wishlist wisata kamu yaa..

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.