Detektif Conan: Kenapa Conan Tidak Tumbuh Dewasa?

Detektif Conan: Kenapa Conan Tidak Tumbuh Dewasa?

Siapa yang tidak pernah berpikir demikian? Sudah 26 tahun dari pertama kali serial animasi Detektif Conan tayang pada 8 Januari 1996 dengan 1034 episode dalam 29 season.

Poster
Poster

Setelah 26 tahun berlalu, namun Conan dan kawan-kawan tidak juga bertumbuh dewasa. Padahal jika kalian mengikuti anime ini, pada episode 6, segera setelah Conan berubah menjadi anak kecil adalah hari Valentine, namun ada episode lain tentang hari Valentine pada episode 266.

Lagi, ada satu episode dimana penjahat dari Black Organization bernama Tequilla di bunuh di kamar mandi sebuah hotel tidak lama setelah Kudo Shinichi berubah menjadi anak kecil.

Lalu, beberapa puluh episode kemudian, Conan menyadari keberadaan salah satu anggota organisasi tersebut dan berkata, “Tequilla, kah? Tapi dia sudah mati terbunuh 2 tahun lalu!” 

Baca juga  5 Keegoisan Keisuke Baji Dalam Menyelamatkan Geng Tokyo Manji di Tokyo Revengers

Tidak hanya itu, hal paling mencolok adalah kemajuan teknologi dalam anime ini mengikuti kemajuan teknologi pada dunia nyata.

Pada episode-episode awal, kita melihat para karakter masih memakai telepon umum, lalu mulai memakai Pager atau mereka menyebutnya “Pocket Bell”, lalu ponsel lipat, kemudian mulai memakai smartphone.

Jika menghitung hari-hari yang telah berlalu sejak episode 1 hingga episode 1034, waktu yang berlalu pastinya lebih dari satu tahun.

Lalu, kenapa Conan tidak tumbuh dewasa?

Kenapa terlihat seperti waktu berjalan namun sebenarnya tidak?

Banyak fans yang sudah bertanya-tanya, adu pendapat dengan berbagai bukti dari anime dan komik tentang berapa lama waktu sudah berlalu dalam dunia detektif Conan dan alasan yang masuk akal kenapa waktu di dunia Detektif Conan tidak berjalan seperti yang kita pikirkan.Namun akhirnya produser Detektif Conan menjelaskan.

Baca juga  Dari Nukenin Sampai Sannin, Inilah Tingkatan Ninja Tidak Resmi di Dunia Naruto
Poster
Poster

Itu karena anime ini menggunakan setting waktu yang disebut floating timeline. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah garis waktu mengambang.

Floating timeline merupakan jenis setting waktu yang membiarkan penulis menulis ceritanya sesuai dengan kemajuan jaman, namun para karakter tidak menua sama sekali. Atau itu berarti cerita terjadi pada masa kini, tidak perduli pada masa apa cerita itu dibuat, dan terus maju mengikuti masa-masa mendatang.

Baca juga  Kekuatan Tim 7 Mulai Melemah, Hanya Sakura yang Masih Utuh

Tidak hanya Detektif Conan, ternyata sudah banyak series yang menggunakan jenis setting waktu seperti ini, seperti serial animasi The Simpson, dan yang paling sering kita lihat di tv, Spongebob Squarepants.

Produser dari anime Detektif Conan, Suwa Michihiko juga mengatakan bahwa kurang dari 250 hari telah berlalu sejak Shinichi menjadi Conan. Hal ini membuat kita sebagai fans tidak mungkin menghitung waktu yang berlalu secara realistis pada anime ini. 

Sejauh ini, episode-episode yang bisa dianggap “canon” adalah episode dimana Conan berhubungan langsung dengan Black Organization, dan ketika Conan kembali ke wujud aslinya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laurent