Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui


Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui 1

Sirih Cina atau lebih dikenal dengan Ketumpang air, Pangsit-pangsitan, Ulasimang bato, Clear weed, Shiny bush, Silver bush, Cao hu Jiao, dalam bahasa latinnya Peperomia pellucida L. Tumbuhan ini hidup disela-sela pohon, di tempat yang lembab dan agak terlindung dari sinar matahari.

Sirih cina dianggap gulma oleh petani sehingga dicabut dan dibuang begitu saja. Banyak yang belum mengetahui jika sirih cina termasuk dalam tumbuhan herbal yang dapat mengobati penyakit dan dapat dikonsumsi dalam bentuk sayur oleh manusia.

Dalam sebuah jurnal ‘Proximate Composition, Nutritional Attributes and Mineral Composition of Peperomia pellucida L. (Ketumpang Air) Grown in Malaysia‘ (2012), hasil penelitian menunjukkan bahwa Peperomia pellucida kaya akan protein kasar, kandungan karbohidrat dan abu total.

Jumlah abu total 31,22%, komposisi mineral tertinggi adalah kalium, kalsium, dan besi sebagai unsur utama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa  Peperomia pellucida sebagai sumber energi yang baik serta mikronutrien dalam bentuk sayuran untuk dikonsumsi manusia.

Dari International Research Journal of pharmacy tahun 2017, A Review on Pharmacognostic, Phytochemical and Ethnopharmacological Findins of Peperomia pellucida,  Sirih cina(Peperomia pellucida) merupakan sumber senyawa aktif farmakologis alami dengan potensi anti mikroba, anti kanker, antipiretik, anti hipertensi, anti inflamasi, anti oksidan, analgesik, anti diare

Ditilik dari senyawa yang dikandung dan dikutip dari laman Medical Health Guide, tidak diragukan lagi Sirih cina (Peperomia pellucida) sangat berkhasiat. Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati, yaitu:

1. Radang sendi

Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui 3

Dalam riset yang dilakukan oleh University Federal Sergipe, Brasil, tahun 2004, Anti-inflammatory and analgesic activity of Peperomia Pellucida (L) HBK (Piperaceae). Sirih cina mengandung anti inflamasi atau anti radang. Berkat penemuan ini maka diketahui sirih cina berkhasiat untuk mengobati radang sendi.

2. Diare

Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui 4

Penyebab dari penyakit diare adalah makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri kemudian masuk ke dalam tubuh. Bakteri escherichia colli adalah salah bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi serius dan menjadi penyebab diare.

Dalam penyelidikkan yang diadakan oleh Department of Pharmacy, University of Rajshahi, tahun 2010, menemukan bahwa Sirih cina mengandung anti bakteri sehingga baik untuk mengobati diare. Selain mengandung anti bakteri juga mengandung anti diare. Sehingga tidak diragukan lagi khasiat dari Sirih cina untuk pengobatan diare.

3. Tekanan darah tinggi

Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui 5

Penyelidikkan yang dilakukan oleh University Ibadan, Nigeria, Department Botany dan Pharmacognosy, tahun 2015, Anti-Hypertensive Potentials of Peperomia pellucida (L.)

HBK in Anaesthetized Normotensive Rats, pemberian ekstrak Sirih cina pada tekanan darah arteri seekor tikus menunjukkan jika Sirih cina mengandung anti-hipertensi yang dapat mengobati tekanan darah tinggi.

4. Mengatasi asam urat

Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui 6

Asam urat terjadi karena penumpukan kristal pada persendian akibat tingginya asam urat di dalam tubuh, sehingga terasa nyeri, meradang, dan pembengkakan pada sendi.

Daun Sirih cina mengandung anti inflamasi yang berfungsi mengatasi radang sehingga dapat membantu menjaga kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

5. Mengobati jerawat dan bisul

Diabaikan & Dianggap Gulma, 5 Khasiat Sirih Cina Jarang Diketahui 7

Jerawat dan bisul adalah masalah pada permukaan kulit dan dapat mengakibatkan radang pada tempat yang mengalami masalah tersebut. Kandungan anti inflamasi pada daun Sirih cina dapat mengatasinya. Pengobatan dapat dilakukan dengan merebus Sirih cina lalu diminum airnya.

Setelah mengetahui Sirih cina berkhasiat untuk kesehatan maka mulai saat jangan menganggap Sirih cina sebagai gulma dan tidak bermanfaat, ya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andi Nitha Nahfiah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap