Digital Memberikan Kemudahan Untuk UMKM Di Masa Pandemi


Digital Memberikan Kemudahan Untuk UMKM Di Masa Pandemi

Di masa seperti ini banyak yang ingin mempunyai tambahan penghasilan, kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan Digital ? Nah di era digital ini banyak sekali yang memanfaatkan salah satunya yaitu dengan menjalankan bisnis di Platfrom digital, tentu harus mempunyai strategi khusus apalagi di masa seperti ini.

bukan hanya ibu-ibu atau orang dewasa saja, tetapi banyak kalangan anak muda seperti para pelajar dan mahasiswa juga bisa terjun untuk mengambil bisnis ini . Dengan begitu digitalisasi tidak hanya monoton dipakai kalangan masyarakat tetapi juga bermanfaat untuk . menyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia , dengan nilai mencapai 60%.

Dikarenakan pelaku pebisnis semakin pesat meningkat , untuk menangani pesaing diluar sekarang ini, maka dari itu pelaku pebisnis harus menerapkan dengan memanfaatkan media digital, karena di era digital ini bisa berkembang sangat baik sesuai dengan kemajuan zaman saat ini.

Faktor teknologi membuat masyarakat memanfaatkan digital untuk bisnisnya. Maka dari itu, memanfaatkan digital membuat kemajuan di zaman sekarang. Karena tradisional sepertinya sulit untuk maju dan juga berpengaruh kelancaran dan kesuksesan .

Dengan menerapkan strategi lalu bagaimana strategi agar bisa survive dan prospek di era digital ini ?

1. Pilihlah produk yang menurut tepat di pasarkan (Price).

Sebelum anda membuka bisnis tentu saja menentukan produk apa yang akan di pasarkan agar produk yang ditentukan banyak diminati oleh pasar. Market Research bisa dilakukan untuk men-survey harga pasar dengan mengetahui gambaran pasar, semakin jeli inovasi semakin besar pula peluang saing yang akan memenangkan pesaing bisnis.

2. Tentukan harga yang sesuai dengan produk (product).

Setiap pebisnis pasti dituntut untuk teliti menghitung biaya pemasukan dan pengeluaran selama produksi berlangsung . Biaya utama pelaku bisnis adalah modal dan biaya operasional meskipun masyarakat tergiur dengan harga murah, namun anda tetap harus konsisten atau menyimbangi harga biaya produksi dan bahan baku.

Jika produk mempunyai kualitas tinggi dijamin kosumen pun dijamin mau walaupun harga semakin naik. Sedikit tips untuk pelaku UMKM yang memiliki modal kecil, anda bisa mencari modal tambahan pada lembaga keuangan yang memberikan fasilitas mudah seperti, bunga rendah, prosesnya cepat dan jangka waktu panjang .

3. Lokasi usaha strategis (Place).

Apabila jenis produk dan harga sudah ditentukan, maka langkah selanjutanya menentukan tempat lokasi usaha yang akan ditempatkan, dengan memilih lokasi yang strategis dan ideal. Anda bisa membuka usaha pasar tradisional, atau membuka stand pasar dadakan mungkin buka seminggu sekali. Bisa juga menentukan tempat yang sekiranya ramai pengunjung atau sering dilewati orang banyak .

4. Promosi produk (Promotion).

Setelah membuka lokasi, selanjutnya promosikan produk ke media sosial. Mempromosikan ke media sosial langkah awal yang bagus karena bisa mendatangkan keutungan, karena media sosial platfrom yang sangat luas sehingga banyak orang yang akan melihat produk kita dari segimana pun. Dengan pasang foto dan menambahkan keterangan pada foto sedatil mungkin. Sistem ini sangat tepat untuk memperkenalkan produk secara luas.

5. SDM

Untuk strategi terakhir, sumber daya manusia yang terlibat harus paham bisnis. Anda jangan ragu untuk rekrutmen dan seleksi karyawan sesuai dengan bisnis anda. Meskipun bergelut di usaha mikro, karyawan yang memiliki pendangan dan pengetahuan dalam bidang bisnis tersebut, maka bukan tidak mungkin jika bisnis mu berkembang secara pesat.

Itulah strategi untuk UMKM yang mungkin anda harus terapkan, jika strategi-strategi tersebut diterapkan bisnis UMKM anda bisa menjadi bisnis yang berkembang dan sukses.

referensi :

  • https://www.hercodigital.id/umkm-agar-survive-di-era-digital
  • https://m.antaranews.com/berita/2278042/pemanfaatan-aplikasi-digital-untuk-mendorong-umkm-naik-kelas

Baca Juga

Exit mobile version