Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

Pertanyaan soal adalah pertanyaan yang sulit. Sulit bukan karena jawabannya susah, tapi karena kalau salah jawab bisa nggak diterima kerja. Iya nggak? Pertanyaan soal ini bahkan bukan hanya jadi masalah fresh graduate aja, tapi juga jadi masalah yang udah berpengalaman kerja. Terus, gimana sebenarnya cara menjawab pertanyaan ini? Nih, ogut kasih tahu caranya!

Beri Tahu yang Pernah Diterima

Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika ditanya soal adalah mengatakan berapa jumlah yang sebelumnya sudah pernah kalian terima. Tapi ini hanya untuk yang sudah pernah bekerja ya. Artinya sudah punya pengalaman kerja di sebuah perusahaan. Buat yang fresh graduate, mungkin kalian bisa berikan kisaran aja. Kisaran artinya, selama sebulan, kira-kira biasanya dari kerja sampingan gitu berapa duit yang kalian dapetin. Nah, terus bilang deh “Saya tidak ada jumlah khusus, tapi selama beberapa tahun terakhir pendapatan saya ada di kisaran 3-5 juta. (atau angka yang udah kalian hitung)”.

Baca juga  Mau Naik Gaji? Ini 4 Cara Minta Naik Gaji Ke Atasan!

Gunakan Standar Perusahaan Itu

Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

Ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang ketika ditanya . Tapi, dalam cara ini ada satu kendala. Kendalanya adalah mencari tahu informasi standar perusahaan tersebut. Kenapa sulit? Ya gimana, mau nanya karyawan situ juga bingung, mereka nggak kenal kita dan adalah informasi yang krusial dan rahasia bagi beberapa orang. Terus gimana caranya ngedapetin informasi itu? Coba googling, kali aja ada informasi tentang di perusahaan tersebut. Atau kalau ada temen, atau temennya temen yang kerja disitu, tanyalah ke mereka.

Baca juga  Gaji Cepat Habis? Baca Tips Keuangan Ini!

Cari Tahu Tanggung Jawab Kerjamu

Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

Biar tahu berapa besaran gaji yang bisa kalian tawarkan ke perusahaan, kalian harus tahu tanggung jawab kerjanya terlebih dahulu. Jadi, tanyakan saja pada penginterview tentang apa saja tanggung jawab kerja kalian jika diterima di perusahaan tersebut. Setelah itu, coba dihitung kasarannya, berapa gaji yang sekiranya pantas untuk tanggung jawab kerja segitu.

Putuskan Gaji Dengan Melihat Fasilitas yang Diterima

Ditanya Soal Gaji Waktu Wawancara? Ini 4 Jawaban Cerdasnya!

Cara terakhir, adalah tanyakan fasilitas apa saja yang kira-kira akan kalian dapatkan kalau bekerja di perusahaan itu. Apakah makan siang ditanggung? Ataukah kalian nggak perlu bawa laptop sendiri, artinya ada komputer dari kantor, atau kalian harus makan siang sendiri dan bawa laptop sendiri. Kalau nggak ada fasilitas itu, coba naikin dikit aja dari gaji yang kalian harapkan. Hitung-hitung buat ganti sewa laptop dan makan siang.

Baca juga  Kesalahaan Mengatur Keuangan Saat Pertama Kali Kerja

Itu tadi beberapa tips menjawab pertanyaan “Minta gaji berapa?”. Jadi, nggak usah bingung. Yang paling penting menurut ogut adalah, jangan takut minta gaji gede kalau kalian pantas. Kalau nggak diterima ya nggak masalah. Pasti ada perusahaan lain yang mau menghargai kalian dengan pantas. Kalau belum ada ya bikin perusahaan sendiri aja. Beres kan?!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.