Dividen Yield PT Telkom Indonesia Tahun 2022

Dividen Yield PT Telkom Indonesia Tahun 2022

Seperti yang para investor ketahui, salah satu emiten bumn sub sektor telekomunikasi, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM),  selalu rajin dan royal dalam membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya.

Pada tahun 2022 ini, PT Telkom Indonesia akan membagikan dividen nya kepada para pemegang saham senilai Rp. 14,86 triliun.

Hal ini diumumkan pada saat TLKM melaksanakan rapat umum pemegang saham (RUPS) pada tanggal 27 Mei 2022.

TLKM menyetujui pembagian dividen senilai Rp. 14,86 triliun atau sekitar Rp 149,97 per sahamnya.  Lalu Berapakah dividend yield nya pada tahun 2022 ini ?

Dividend yield adalah tingkat pengembalian dalam bentuk pembayaran dividen tunai dari perusahaan kepada pemegang saham.

Baca juga  Dampak Penetapan Pajak Crypto terhadap Investor & Trader

Biasanya dividend yield ini dinyatakan dalam bentuk persentase. Dividend yield juga menunjukkan berapa banyak perusahaan telah membayar dividen selama satu tahun buku terhadap harga sahamnya.  

Dengan adanya dividen yield ini, memudahkan pemegang saham dalam melihat berapa banyak pengembalian per rupiah yang telah diinvestasikan dan diterima melalui dividen.

Namun demikian, dividend yield suatu saham yang tinggi tidak selalu menunjukkan peluang investasi yang baik dan menarik di suatu perusahaan.

Cara menghitung presentase dividend yield cukup mudah, yaitu dengan cara membagi dividen per saham dengan harga per sahamnya.

Kemudian hasil dari pembagian tersebut dikalikan 100 persen.  Dividend yield dapat dihitung dari laporan keuangan tahunan terakhir.

Baca juga  FREN, Review Minggu Ke II & Minggu Ke III Januari 2021

TLKM telah menyetujui pembagian dividen senilai Rp. 14,86 triliun, jika kita membagi nilai Rp. 14,86 triliun dengan jumlah lembar saham TLKM yang tercatat di bursa efek Indonesia (BEI), maka akan didapat nilai sebesar Rp. 149,97 per lembar sahamnya.

Hal ini berarti para pemegang saham akan mendapatkan uang senilai Rp. 149,97 per lembar sahamnya.

Dari hasil perhitungan tersebut, kita bisa mencari nilai dividen yield dari TLKM. TLKM akan membayarkan dividen secara tunai kepada para pemegang saham pada tanggal 9 Juni 2022.

Baca juga  Hindari Mengatakan Ini Saat Nyari Investor

Harga penutupan saham TLKM pada tanggal 9 Juni 2022 adalah Rp. 4050. Kemudian kita bagian nilai divden per lembar sahamnya yaitu Rp. 149,97 dibagi harga penutupan pada tanggal 9 Juni yaitu Rp. 4050, maka akan didapatkan nilai sebesar 0,37.

Kemudian 0,037 ini kita kalikan 100 persen. Maka akan didapatkan nilai dividen yield nya yaitu 3,7%.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan dividen yield PT Telkom Indonesia pada tahun 2022 yaitu sebesar 3,7%.

Jika seorang investor menginvestasikan uang di saham TLKM ini senilai 100 juta rupiah, maka dari pembagian dividen TLKM ini ia akan mendapatkan dividen senilai Rp. 3.700.000.

Tentunya para investor berharap kinerja PT Telkom Indonesia kedepannya semakin baik, sehingga laba yang didapatkan PT Telkom Indonesia akan meningkat.

Dengan meningkatnya laba PT Telkom Indonesia, maka akan meningkat pula nilai dividen yield dari perusahaan tersebut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Akmal Rafi Anas