Donny Van de Beek: “Ole Gunnar Solksjaer Masih Butuh Saya!”

Donny Van de Beek: "Ole Gunnar Solksjaer Masih Butuh Saya!" 1

Donny Van de Beek mengatakan bahwa Manchester United masih membutuhkannya ada di skuad. Meskipun melewati periode yang tidak cukup baik selama berseragam setan merah, Van de Beek akan tetap berlatih keras dan menunggu sang manajer memberinya kesempatan bermain.

Manchester United mendatangkan Van de Beek pada bursa transfer musim panas 2020
Manchester United mendatangkan Van de Beek pada bursa transfer musim panas 2020

Pada akhir penutupan bursa transfer musim panas tahun 2020, Manchester United mengumumkan perekrutan Donny Van de Beek. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut didatangkan dari Ajax Amsterdam dengan mahar 40 juta euro.

Beberapa pundit mempertanyakan pembelian Van de Beek ini, dan menilainya sebagai sebuah “panic buying“. Pasalnya dalam skuad Manchester United sudah ada nama Paul Pogba dan Bruno Fernandes. Kualitas Donny Van de Beek jelas masih kalah dari dua nama tersebut.

Bersama Ajax Amsterdam, Van de Beek bermain cukup baik dan membawa klub itu hingga final Europa League 2017 walaupun akhirnya taklub dari timnya saat ini Manchester United. 

Dalam ajang Liga Champions Eropa, Van de Beek berhasil mencapai semifinal dengan mengalahkan beberapa tim besar seperti Chelsea, Juventus hingga Real Madrid. Sebuah pencapaian yang cukup baik untuk klub asal Belanda tersebut.

Nama Van de Beek juga rutin mendapat panggilan tim nasional Belanda yang kala itu dilatih oleh Ronald Koeman.

Namun bersama Manchester United, Van de Beek tidak mendapat menit bermain reguler. Van de Beek melewati musim 2020/2021 dengan banyak duduk di bangku cadangan, hingga banyak pendukung tim rival menjulukinya Donny Van de “Bench“.

Donny Van de Beek sering masuk lapangan sebagai pemain pengganti
Donny Van de Beek sering masuk lapangan sebagai pemain pengganti

Ole Gunnar Solksjaer sering memasukkan Donny Van de Beek dimenit-menit akhir saat Manchester United sudah unggul. Donny Van de Beek hanya menjadi starter saat Manchester United bermain dalam turnamen minor seperti Carabao Cup dan FA Cup.

Hal ini tentu saja bukan sesuatu yang baik untuk keberlangsungan karir Van de Beek. Karirnya masih sangat panjang, dan dia harus bermain reguler untuk bisa menunjukkan permainan terbaiknya.

Karirnya bersama tim nasional Belanda juga menjadi terancam. Bahkan pada EURO 2020 lalu dia tidak dipanggil oleh Frank de Boer untuk memperkuat tim nasional. Manajer tim nasional Belanda yang baru Louis Van Gaal mengatakan bahwa jika Van de Beek ingin dipanggil maka dia harus bermain reguler terlebih dahulu bersama klubnya.

Mengingat Piala Dunia Qatar 2022 tidak lama lagi, maka Van de Beek tentunya tidak mau lagi kehilangan spot di timnas Belanda. Musim ini (2021/2022) menjadi ajang pembuktian apakah dia layak masuk ke dalam daftar skuad Belanda yang akan dibawa ke Qatar nanti.

Mengapa Donny Van de Beek tidak pindah klub pada bursa transfer musim panas yang lalu?

Setelah menjalani satu musim bersama Manchester United dan tidak mendapat menit bermain yang cukup, nama Donny Van de Beek dikabarkan akan meniggalkan Old Trafford pada bursa transfer musim panas yang lalu.

Apalagi Manchester United baru saja merekrut nama-nama baru seperti Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho, maka peluang Van de Beek untuk bermain reguler semakin kecil.

Everton dikabarkan menjadi salah satu klub yang berminat mendatangkannya jika dia berniat keluar dari Manchester United. 

Namun, dalam beberapa sesi wawancara, Ole Gunnar Solksjaer menepis kabar kepindahan Van de Beek. Ole mengatakan bahwa Van de Beek masih bagian dari skuad United musim ini, dia terkesan dengan kerja keras dan sikap positif yang ditunjukkan Van de Beek. Manajer asal swedia itu menambahkan bahwa dia masih menginginkan Van de Beek untuk bertahan dan memiliki rencana kedepan untuk sang pemain.

Ole Gunnar Solksjaer menepis kabar kepindahan Donny Van de Beek
Ole Gunnar Solksjaer menepis kabar kepindahan Donny Van de Beek

Lalu, apakah Donny Van de Beek masih betah bersama Manchester United?

Publik bertanya-tanya mengapa dengan menit bermain yang sangat sedikit, mengapa dia masih bertahan dan tidak segera pindah ke klub lain.

Baru-baru ini Donny Van de Beek angkat bicara dalam wawancaranya bersama Rio Ferdinand dalam kanal youtub Rio Ferdinand Presents FIVE

Rio bertanya mengenai pembicaraan Van de Beek dengan Ole, utamanya tentang masa depannya bersama klub. Van de Beek mengatakan bahwa Ole sudah menghubunginya dan memintanya untuk bertahan.

“Saya sudah diskusi dengan manajer, dia menginginkan saya agar tetap bertahan musim ini”.

“Beberapa tim berminat mandatangkan saya dan jika saya tidak dibutuhkan oleh manajer, maka saya sudah dilepas.”

Van de Beek menunjukkan gestur yang positif dalam wawancara tersebut. Dia akan tetap berlatih keras dan menunggu kesempatan untuk bermain.

“Saya akan tetap berlatih keras dan menunggu kesempatan itu datang karna hanya itu yang bisa yang bisa saya lakukan. Saya percaya kepada Ole tentang rencana yang dia siapkan untuk saya”.

Rio Ferdinand kemudian menanyakan tentang posisi yang paling nyaman untuk Van de Beek bermain.

“Awal karir saya untuk Ajax saya bermain di posisi nomor enam atau delapan. Namun, manajer Ajax saat itu menyuruh saya untuk bermain di posisi nomor sepuluh dan lebih banyak masuk ke kotak penalty”.

“Saya sebenarnya lebih suka bermain di posisi enam atau delapan, tidak terlalu banyak bergerak maju. Tetapi hal itu tidaklah penting sekarang, yang saya butuhkan sekarang adalah kesempatan bermain”.

Seperti kita ketahui, di posisi nomor sepuluh saat ini ada nama Bruno Fernandes. Dengan kualitas yang dimiliki Bruno, susah nampaknya bagi Van de Beek untuk menggeser posisinya. 

Rio Ferdinand terkesan dengan sikap positif Donny Van de Beek
Rio Ferdinand terkesan dengan sikap positif Donny Van de Beek

Rio Ferdinand memuji sikap positif dari Van de Beek dan berharap dia mendapatkan kesempatan bermain musim ini. 

“Jika saya dalam posisi yang sama dengannya, sulit bagi saya untuk tetap bersikap positif. Tidak bermain untuk waktu yang lama bisa membuat saya pusing”. 

Mantan pemain Manchester United itu menilai bahwa karakteristik bermain Van de Beek sangat mirip dengan Tom Cleverly, mantan rekannya terdahulu.

“Dia mengingatkanku dengan Tom Cleverly, tidak banyak menguasai bola dan bagus dalam passing jarak pendek. Pergerakannya bisa membuka ruang untuk pemain lain melakukan penetrasi”.

Rio juga berpendapat bahwa sosok Van de Beek bisa membuat suasana ruang ganti menjadi kondusif. Dia mengatakan bahwa dalam satu tim juara tidak mungkin semua pemain akan bersinar, akan ada beberapa nama yang menjadi sorotan publik. 

Kita lihat saja apakah musim 2021/2022 ini Van de Beek mampu mendapatkan menit bermain yang reguler. Jika tidak, bukan tidak mungkin kalau pada bursa transfer musim dingin nanti dia pindah ke klub lain.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Micael Tri Anggoro Adi