Dosen Tetap Kreatif Dimusim Covid-19

Dosen Tetap Kreatif Dimusim Covid-19

Wabah Covid-19 (Corona Virus  Disease-2019)sudah berlangsung selama setahun lebih, banyak hal yang terdampak atas kemunculannya di berbagai penjuru dunia, tak terkecuali di Indonesia. Covid-19 berdampak dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia selama wabah Covid-19 berlangsung, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam menghadapi kendala pembelajaran, seperti Revisi Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri yang telah diterbitkan tanggal 7 Agustus 2020 dengan tujuan untuk menyesusaikan pelaksanaan pembelajaran di era pandemi tersebut. Pembelajaran jarak jauhpun dilaksanakan di seluruh jenjang pendidikan. 

Berkenaan dengan kondisi di atas, banyak sekali curhatan para orang tua mengenai keadaan anak-anaknya selama pembelajaran di rumah, baik positif maupun negatif. Dari sisi karakter, anak-anak terutama yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) masih mengandalkan orang tuanya dalam melakukan tugas-tugas pembelajaran yang diberikan gurunya. Mereka cenderung berharap orang tuanya bukan hanya membantu namun sekaligus mengerjakan tugas-tugas belajarnya. Selain itu, Handphone yang seharusnya digunakan untuk belajar, digunakan untuk bermain game dan menonton Youtube dan mereka senang bermain di luar dengan teman-temannya daripada belajar di rumah. Hal ini jika dibiasakan akan memunculkan sifat kurang mandiri dan disiplin pada anak-anak. Untuk itu orang tua harus menerapkan pendidikan karakter pada anak-anaknya agar mereka tetap menjadi anak yang mandiri, disiplin dan suka bekerjasama. 

Baca juga  Mahasiswa Perlu Mengetahuinya! Etika Menghubungi Dosen Melalui Chat

Dengan berbagai curhatan-curhatan para orang tua tersebut, menarik perhatian kami untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi pendidikan karakter (  Tanggung Jawab, Kerjasama dan Disiplin) di wilayah RT.001 RW.003 Kelurahan Jatiraden, Jatisampurna Kota Bekasi pada hari Kamis, tanggal 8 April 2021. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan Tridarma ke-tiga Perguruan Tinggi setelah Mengajar dan Melaksanakan Penelitian. Adapun tim kami adalah Dr. M.Misbah, Muhammad Yasir, M.Pd dan Susilawati, M.Pd dan dibantu oleh tiga orang mahasiswa (Selvira  Ananda Armenda, Geni Despriani, dan Aldian Maulana), semua dosen dan mahasiswa berasal dari Universitas Indraprasta PGRI. 

Baca juga  Perfect and Casual - Drama china romantis dosen perfectionist & mahasiswi polos

Sosialisasi pendidikan karakter (Tanggung Jawab, Kerjasama, dan Disiplin) sangat penting ditanamkan dikembangkan kepada anak-anak sedini mungkin. Tanggung Jawab merupakan sikap sadar dengan apa yang diperbuat baik disengaja atau tidak. Contoh jika anak memperoleh tugas dari gurunya maka ia akan merasa sadar dengan tingkah laku dan perbuatannya untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut dengan penuh kesadaran. Sikap ini perlu dikembangkan agar anak menjadi pribadi yang selalu sadar akan setiap perbuatan yang dilakukannya. Sikap mandiri merupakan sikap seseorang yang tidak bergantung kepada orang lain, ia selalu melakukan pekerjaannya sendiri. Contoh dari sikap mandiri dari anak adalah ketika ketika mendapatkan tugas belajar dari guru  maka ia akan mengerjakannya sendiri dan tidak berharap dikerjakan oleh orang lain. Sedangkan sikap disiplin merupakan sikap taat terhadap peraturan. Contoh sikap disiplin anak di rumah adalah melakukan tugasnya sesuai dengan  peraturan yang diberikan guru atau sekolahnya.

Baca juga  Mahasiswa Perlu Mengetahuinya! Etika Menghubungi Dosen Melalui Chat

Selain kegiatan sosialisasi pendidikan karakter, para dosenpun membagikan sembako sederhana  untuk persiapan Ramadhan yang segera tiba dan juga masker, agar peserta tetap menjaga protokol kesehatan di era wabah Covid-19.

Semoga kegiatan tersebut menjadi inspirasi bagi orang lain untuk tetap berbagi dengan sesama.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

susi_0683