Drakor Law School Yang Baru Tamat. Bikin Melek Hukum & Semangat Belajar

Drakor Law School Yang Baru Tamat. Bikin Melek Hukum & Semangat Belajar 1

Tayang di Netflix, drama korea berjudul Law School ini resmi berakhir pada tanggal 9 Juni 2021. Terdiri dari 16 episode, drakor Law School bergenre misteri dan berlatar belakang sekolah hukum.

Misteri dimulai saat salah satu profesor di sekolah hukum Universitas Han Kuk meninggal secara tiba-tiba saat simulasi persidangan berlangsung. Dibintangi oleh pemain ternama seperti Kim Bum sebagai Han Joon Hwi dan Ryu Hye Young sebagai Kang Sol A.

Meski banyak membahas hukum dan pasal-pasal di Korea Selatan, drakor ini banyak bikin belajar dan lebih melek terhadap hukum juga loh. Ga sedikit dari kasus-kasus yang terjadi dalam drakor ini pernah terjadi juga di Indonesia. Bahkan bisa mungkin terjadi di lingkungan terdekat kita. 

1. Meninggalnya Wakil Direktur Law School Yang Penuh Misteri

Drakor Law School Yang Baru Tamat. Bikin Melek Hukum & Semangat Belajar 3

Bercerita tentang kehidupan mahasiswa jurusan hukum di Universitas Han Kuk serta para dosen disana. Mereka pun harus terjebak dalam kasus pembunuhan yang tidak mereka sangka. Profesor mereka meninggal di ruangannya secara tidak biasa.

Mereka pun harus menjadi saksi karena mereka lah yang berada di ruangan sidang saat itu dan jejak kaki mereka pun terdapat di lokasi sang profesor meninggal. Dengan ilmu hukum yang sedang mereka pelajari, mereka pun saling menebak-nebak apa memang ini hanya kasus bunuh diri biasa atau kah mungkin ini adalah pembunuhan terencana?

2. Masing-Masing Karakter Memiliki Keunikan Dan Masalah Yang Mendukung

Drakor Law School Yang Baru Tamat. Bikin Melek Hukum & Semangat Belajar 4

Tokoh utama dalam drama ini adalah Kim Bum (Han Joon Hwi), Ryu Hye Young (Kang Sol A) dan Kim Myung Min (Profesor Yang Jong Hoon). Han Joon Hwi sebagai mahasiswa yang pintar dan berasal dari keluarga kaya sedangkan Kang Sol A sebagai mahasiswa yang nilainya pas-pasan, masuk setelah dipilih dari penyaringan khusus untuk mahasiswa kurang mampu.

Namun semangat belajar dan pantang menyerahnya patut diacungi jempol. Begadang sampai larut malam, tidur cuma beberapa jam, bahkan sampai mimisan aja ga sadar. Buat kamu yang sedang berusaha untuk mendapatkan yang kamu inginkan, tetap semangat ya! 

Mahasiswa lainnya di sekolah hukum diperankan oleh Lee Soo Kyung (Kang Sol B), David Lee (Seo Ji Ho), Go Yoon Jung (Jeon Ye Seul), Hyun Woo (Yoo Seung Jae), Lee Kang Ji (Min Bok Ki), dan Kim Min Seok (Jo Ye Beom). Semua pemain memiliki karakter dan masalah tersendiri yang akan diceritakan satu persatu dalam drakor ini. Seru deh!

3. Dipenuhi Kasus Hukum Yang Relevan Mungkin Terjadi Pada Kita Atau Sekitar Kita

Drakor Law School Yang Baru Tamat. Bikin Melek Hukum & Semangat Belajar 5

Dari kasus plagiarisme yang dituduhkan telah dilakukan oleh mahasiswa bernama Kang Sol B. Dituduh melakukan plagiarisme disertasi milik Profesor Seo. Atau kasus pelecehan seksual yang terjadi pada Jeon Ye Seul.

Pelecehan seksual yang dilakukan oleh kekasihnya sendiri. Dilengkapi dengan kekerasan juga, kasus seperti ini banyak terjadi. Namun korban yang banyaknya adalah perempuan malah memilih diam dan tidak menuntut dikarenakan cinta.

Ada juga kasus suap yang dituduhkan telah diterima Profesor Seo dari Anggota Dewan Ko Hyeon Su berupa sebidang tanah. Kasus suap seperti ini sudah tidak asing lagi di negara kita.

Tidak sedikit operasi tangkap tangan dilakukan oleh orang-orang yang diberikan kepercayaan dan wewenang untuk mengelola uang negara. Dan kebanyakan adalah mereka yang mengerti akan hukum dan merasa bisa memperdaya hukum itu sendiri.

4. Banyak Istilah-Istilah Dalam Hukum Yang Bisa Dipelajari

Drakor Law School Yang Baru Tamat. Bikin Melek Hukum & Semangat Belajar 6

Walaupun pasal-pasal yang digunakan adalah yang berlaku di Korea Selatan, namun banyak istilah-istilah dasar dalam hukum yang banyak disebut dalam drama korea ini. Dari asas praduga tak bersalah, pengadilan dengan sistem juri, istilah saksi, tersangka dan terdakwa. Atau bagaimana kita bersikap saat di persidangan, jaksa dan pengacara memiliki porsi masing-masing untuk berbicara di persidangan. Dan masih banyak lagi.

Menyertakan juga contoh konkrit yang membuat orang awam yang tidak mengerti hukum tetap bisa menikmati drama ini sampai habis. Menonton drama ini membuat kita serasa ikut serta dalam ruang kelas pelajaran hukum Profesor Yang. Teknik mengajarnya yang langsung membahas kasus yang sedang terjadi membuat siapa pun ikut terbawa dan belajar tentang hukum. Menarik!

Pecinta drakor misteri pasti jatuh cinta, list wajib untuk temani weekend-mu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Summaire

   

A lifelong learner, more meaningful life