Drama Korea Ghost Doctor: Kesurupan Berhadiah


Drama Korea Ghost Doctor: Kesurupan Berhadiah

Siapa yang tidak mengenal aktor terkenal seperti Rain. Berbagai drama telah dia lakoni dan yang paling membekas adalah saat dirinya disandingkan dengan aktris cantik Song Hye Kyo di serial Full House.

Setelah libur di 2020 dan 2021, Rain kembali dengan drama terbarunya bersama aktor tampan Kim Bum.

Drama tersebut berjudul ‘Ghost Doctor’ yang mulai tayang sejak 3 Januari 2022. Drama bergenre fantasi ini menceritakan tentang seorang dokter bedah kardiotoraks terkenal bernama Cha Young Min yang diperankan oleh Rain dan seorang dokter residen bernama  Ko Seung Tak yang diperankan oleh Kim Bum yang menjadi dokter karena permintaan kakek dan ibunya.

Suatu hari kecelakaan besar menimpa Cha Young Min yang membuatnya harus menderita koma. Ketika menderita koma, roh Cha Young Min keluar dari tubuhnya dan menyelamatkan nyawa banyak orang dengan cara merasuki Ko Seung Tak.

Mereka pun bekerja sama, meskipun awalnya hubungan mereka tidaklah baik. Ko Seung Tak yang kerasukan roh Cha Young Min menjadi pemberani bahkan ahli di meja operasi.

Padahal sebelumnya, dia selalu gugup dan gemetar jika berada di ruang operasi. Bukan karena ketidakmampuannya, justru karena kelebihan yang dia miliki.

Dok. VIU

Ada beberapa hal yang merupakan cerminan dari kehidupan kita sehari-hari tergambar dalam drama ini. Misalnya saja, Ko Seung Tak yang menjadi dokter karena ingin membahagiakan kakek dan ibunya.

Bahkan ketika interview masuk kedokteran dan muncul pertanyaan ‘mengapa anda mau menjadi dokter?” Ko Seung Tak dengan santai menjawab bahwa dia menjadi dokter karena permintaan kakek dan ibunya.

Tentu ada banyak di antara kita yang memilih jurusan kuliah, pekerjaan, bahkan jodoh hanya karena pilihan dari orang tua.

Beruntung jika seperti Ko Seung Tak, yang meskipun motivasinya berasal dari luar dirinya, dia masih menjalankan kewajibannya dengan baik.

Kuliah dengan baik, otaknya bahkan sangat cerdas, dia juga menjadi dokter residen dengan baik meski sangat buruk di meja operasi. Namun, sayangnya, tidak semua orang seperti Ko Seung Tak.

Bisa kita temukan banyak kasus orang-orang di sekitar kita yang gagal dalam kuliah, gagal dalam bekerja, bahkan gagal dalam berkeluarga.

Banyak anak yang tidak menyelesaikan kuliahnya karena alasan tidak mampu dan tidak menyukai jurusan kuliahnya.

Banyak orang yang tidak bertanggung jawab pada pekerjaannya hanya karena pekerjaan itu merupakan pilihan orang tuanya.

Bahkan tidak sedikit orang yang gagal berumah tangga hanya karena tidak bisa mencintai pasangan yang dipilihkan oleh orang tuanya.

Miris sekali bukan? Niat kita membahagiakan orang lain memanglah baik. Namun, alangkah baiknya kita juga merasa bahagia.

Jangan sampai hanya karena ingin membahagiakan orang lain malahan membuat hidup kita sendiri sengsara.    

Dok. TVN

Drama Ghost Doctor juga mengajarkan kita bahwa kita sebagai manusia tidak akan bisa hidup sendiri.

Kita akan selalu membutuhkan orang lain untuk saling membantu. Seperti halnya Cha Young Min dan Ko Seung Tak.

Dokter Cha memang dokter yang sangat terampil, bahkan dia sudah sukses mengoperasi pasien sejak menjadi dokter magang.

Namun, ketika dia dalam keadaan koma, dia tidak akan bisa menyelamatkan orang lain tanpa bantuan Ko Seung Tak.

Sama halnya dalam hidup kita. Tidak sedikit orang yang merasa tidak membutuhkan orang lain sehingga berlaku tidak menyenangkan pada tetangganya atau keluarganya.

Padahal suatu saat orang itu pasti akan membutuhkan orang lain. Adakah orang yang bisa menguburkan diri sendiri ketika meninggal? Tentu tidak ada, bukan? Menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial, maka hendaknya kita selalu membangun relasi yang baik dengan orang lain.

Misalnya dengan bersikap ramah dan baik kepada tetangga, saling membantu, maupun bekerja sama.  

Dok. VIU

Berkaca juga dari drama Ghost Doctor, terkadang kita bisa mengalami hal-hal tidak terduga dalam hidup kita, baik itu yang menguntungkan maupun yang menyedihkan.

Seperti Ko Seung Tak yang kesurupan, tetapi malah membuatnya menyelamatkan banyak orang. Dia tidak pernah menyangka akan dapat menyelamatkan banyak nyawa lewat kesurupan itu.

Jika saat kesurupan dia dapat menjadi dokter yang handal, akankah ketika Cha Young Min bangun dan rohnya kembali ke tubuhnya sendiri, Ko Seung Tak akan tetap menjadi dokter yang mumpuni dan dapat diandalkan? Kita lihat saja akhir dari drama yang saat ini baru berjalan 12 episode.