Dua Tahun Sekolah Daring, Begini Tips agar Tidak Bosan dan Lebih Efektif


Dua Tahun Sekolah Daring, Begini Tips agar Tidak Bosan dan Lebih Efektif

Akibat dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai hingga saat ini bahkan sudah lebih dari dua tahun, pemerintah masih belum mengijinkan kegiatan belajar mengajar dilakukan luring secara penuh.

Mau tidak mau aktivitas pembelajaran harus dilaksanakan secara daring di rumah yang telah menjadi rutinitas pelajar dua tahun terakhir.

Meskipun pembelajaran daring terlihat fleksibel dapat dilakukan di mana saja tetapi juga memiliki tantangan tersendiri, ditambah lagi para peserta didik yang sering mengeluh bosan dan tidak efektifnya pembelajaran daring.

Tantangan pembelajaran daring yang paling besar yaitu tidak semua peserta didik di Indonesia memiliki fasilitas yang memadai dan mendukung kegiatan belajar daring.

Jaringan internet yang juga menjadi pemeran utama, masih sulit dijangkau di beberapa daerah di Indonesia.

Perasaan bosan dan sulit memahami materi juga menjadi tantangan dalam pembelajaran daring.

Penjelasan materi oleh guru atau dosen melalui layar smartphone  atau laptop  akan memberikan rasa bosan karena mereka tidak dapat berinteraksi secara langsung.

Ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mengatasi rasa bosan dan menjadi lebih efektif ketika belajar daring, yuk simak beberapa tips berikut ini!

1. Pilih Tempat Belajar yang Nyaman

Memiliki ruangan belajar yang nyaman sangat mempengaruhi keefektifan kita sebagai pelajar dalam memahami materi.

Lebih baik memilih ruangan yang minim kebisingan, karena terkadang selama terlaksananya pembelajaran daring banyak suara-suara yang mengganggu seperti suara motor lewat, suara ayam berkokok, suara televisi, dan gangguan suara lainnya, hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi kita saat mengikuti pembelajaran dan mereka akan merasa tertinggal karena apa yang sudah dijelaskan terlewat Akibatnya banyak pelajar yang lebih memilih mengabaikan kelas.

2. Catat Poin-poin Penting saat Kelas Berlangsung

Saat pembelajaran sedang berlangsung usahakan mencatat poin-poin penting yang disampaikan guru atau dosen, karena hal tersebut dapat membantu kita lebih memahami materi dan menjadi lebih efektif.

3. Mengulang Materi yang Telah Disampaikan

Mayoritas pelajar saat pembelajaran selesai mereka langsung melupakannya begitu saja, ada yang lebih memilih untuk tidur, hangout bersama teman, bermain media sosial, atau pun menonton televisi.

Lebih baik luangkan waktu sekitar 15-30 menit setelah pembelajaran usai untuk mengulang materi yang telah disampaikan, karena tidak jarang pelajar langsung melupakan begitu saja apa yang baru saja disampaikan.

Dengan mengulang materi selama 15-30 menit akan lebih memperkuat ingatan kita dan lebih memahami materi.

4. Mendegarkan Musik yang Disukai saat Mengerjakan Tugas

Bagi kalian yang memiliki gaya belajar auditori mungkin tips ini cocok untuk menemani belajar daringmu agar tidak bosan.

Namun tidak menutup kemungkinan pelajar yang memiliki gaya belajar lain dapat menggunakan tips ini.

Mendengarkan music yang kalian sukai selama belajar akan menambah semangat dan konsentrasi, adanya musik dinilai dapat mempermudah kita dalam mengingat materi serta menaikkan mood atau suasana hati.

Suasana hati yang bahagia akan mempengaruhi mood dan konsentrasi belajar kalian.

5. Berdiskusi dengan Teman

Selama dua tahun terakhir menjalani sekolah daring, kita sebagai pelajar merasa kesusahan untuk berdiskusi baik mengenai tugas kelompok maupun membahas tugas yang diberikan guru atau dosen.

Sebelum adanya pandemi proses diskusi dapat dilakukan secara langsung saat selesai pembelajaran.

Namun meski diskusi tidak dapat dilakukan secara langsung ada beberapa tips untuk berdiskusi yaitu dengan membuat grup chat dan melakukan virtual meeting bersama teman untuk membahas tugas.

Dengan adanya cara ini dapat mempermudah pemahaman materi, kita dapat saling bertukar pertanyaan dan saling menjelaskan terkait materi atau tugas yang dirasa sulit, tetapi bukan berarti saling mencontek tugas.

6. Berusaha Aktif saat Kelas Berlangsung

Berusaha aktif saat kelas berlangsung akan membuat kalian menjadi lebih fokus dan tidak bosan.

Berusaha lah menjalin komunikasi dengan guru maupun dosen ketika kelas berlangsung, apabila dirasa kurang memahami materi yang disampaikan kalian bisa bertanya untuk lebih jelasnya, dengan cara ini pembelajaran daring kalian akan lebih efektif dan tidak merasa bosan.

Dua tahun menjalani sekolah daring memang tidak mudah dan pasti sudah merasa bosan.

Kalian dapat menerapkan tips diatas untuk mengatasi kebosanan kalian selama sekolah daring.

Jangan jadikan sekolah daring sebagai hambatan kalian dalam menuntut ilmu dan aktif.