Dukung Revolusi Industri 4.0, UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Prestasi Khusus Bagi Youtuber

Dukung Revolusi Industri 4.0, UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Prestasi Khusus Bagi Youtuber

Menjadi mungkin adalah impian bagi beberapa orang, dan bahkan para remaja dan ABG pun memiliki impian untuk kelak menjadi yang memang kini seakan menjadi selebritis dengan para pengikut setianya. Dan siapa yang mengira bahwa menjadi seorang bisa memberimu jalan untuk pendidikan, khususnya untuk masuk ke dalam perguruang tinggi. Hal inilah yang dilakukan oleh salah satu perguruan tinggi di Jakarta, yaitu Universitas Pembangunan Nasional yang akan membuka jalur prestasi khusus bagi mereka yang mereka yang aktif sebagai . Namun bukan berarti semua bisa  seenaknya mendaftar, karena pihak sendiri mematok syarat bahwa tersebut harus memiliki setidaknya 10.000 subsriber.

Hal ini sendiri memang menjadi perbincangan banyak netizen di berbagai sosial media sejak beberapa hari yang lalu sejak pihak Jakarta mengunggah laman Penerimaan mereka di https://penmaru.upnvj.ac.id/. Dalam bagian Jalur Seleksi Mandiri (SEMA UPNVJ), bersanding dengan beberapa prestasi di bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1 – 3 tingkat kabupaten/kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Al-Quran Minimal 5 Juz, dan Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode. Namun tentunya yang menjadi perhatian bagi para warganet adalah point dengan 10.000 subscriber yang mengundang pro-kontra.

Baca juga  5 Hal Yang Harus Diperhatikan Jadi Youtuber

Dukung Revolusi Industri 4.0, UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Prestasi Khusus Bagi Youtuber

Padahal sebenarnya poin tersebut hanyalah satu dari banyak syarat akademis lain yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa nantinya. Belum lagi klaim tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan dengan beberapa hal antara lain:

  • Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 viewers/penonton dengan kriteria bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik dan memenuhi standar editing serta kualitas gambar yang baik.
  • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran   dan menyertakan alamat link channel calon peserta yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi.
  • Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut,  maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3 – 5 menit dengan tema yang ditetapkan panitia menggunakan peralatan/perlengkapan masing-masing.
Baca juga  Apakah Video Vertikal Akan Merajai Media?

Dikutip dari Tempo, penerimaan jalur “” ini memang benar adanya, namun hal tersebut khusus untuk calon mahasiswa S1, dan tidak semua fakultas menggunakan jalur ini. Bahkan pihak UPNJ sendiri belum mengetahui jurusan apa saja yang akan menerima para Youtuber ini dan berapa kuota mahasiswa yang akan diterima lewat jalur ini. Lebih lanjut pihak UPNJ nantinya juga tidak akan semudah itu memasukkan para Youtuber tersebut meskipun telah memenuhi persyaratan di atas. Karena nantinya tetap akan ada proses seleksi dan pertimbangan kepada tiap-tiap calon apakah mereka memang layak serta konten yang mereka angkat bersifat edukatif dan memang berguna masyarakat.

Dari Okezone, salah seorang Dosen UPNJ bernama @venusantar jmenjelaskan tujuan dari penerimaan Youtuber ini adalah untuk mendukung perkembangan industri digital serta peluang kerja ekonomi kreatif. Para Youtuber ini sendiri dianggap telah dapat berkembang secara mandiri dan nantinya di sana akan dikembangkan lebih jauh kompetensinya agar mampu bekerja secara profesional dalam bidang ilmu tertentu dan menghasilkan konten yang menarik marketable, bermanfaat fokus dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Baca juga  Pentingnya Manajemen di Setiap Lini Kehidupan Mahasiswa Baru

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Astrid Erda