Eks Swansea City “Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 1

Salah satu alasan kenapa pemain keturunan menjadi hal yang begitu ditunggu-tunggu, salah satunya tim Nasional atau Timnas begara kita tercinta Indonesia yang baru baru ini diberitakan akan diperkuat beberapa pilar pemain keturunan yang akan meramaikan gelaran kompetisi bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2021.

Beberapa pihak membeberkan tentang mecuatnya kabar mengenai beberapa pilar pemain keturunan yang akan memperkuat skuad merah putih, salah satunya adalah pemain yang berdarah Makasar dan Spanyol, Jordi Amat, yang merupakan mantan Pemain Swansea dan beberapa klub terkenal di Eropa.

Indonesia sendiri akan melakoni laga di Piala AFF dengan tiga tim digrupnya, diantaranya dua rival timnas, Malaysia dan Vietnam yang keduanya bukan lagi tim yang dianggap sebalah mata.

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 3

Kedua tim juga disebut kandidat juara Piala AFF tahun ini, dan tak hayal juga kedua tim sudah merasakan gelar Piala AFF semenjak event ini digelar.

Kabar yang behembus ini bukanlah main-main, mengingat keinginan salah satu pemain hebat Eropa ini untuk bergabung dengan skuad merah putih, dan itupun juga didukung beberapa pihak, kedatangan pemain berusia 29 tahun ini akan memberikan dampak besar dan juga beberapa lawan akan menanggapinya dengan respon yang negatif.

Pernah Bela Swansea, Real Betis dan Espanyol

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 4

Seperti diketahui, jika Jordi pernah memperkuat beberapa tim besar Eropa, seperti Swansea yang merupakan kontestan Liga Inggris saat itu, Espanyol dan Real Betis yang juga tim dari La Liga atau Liga Spanyol yang tak diragukan kiprahnya di sepakbola Spanyol.


Gelandang Bertahan

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 5

ia dikenal sebagai pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan maupun bisa ditempatkan sebagai pemain belakang ataub bek tengah, mengingat posturnya yang besar dan tinggi, serta akurasi dalam melakukan pertahanan yang sangat kuat dan mumpuni.

Meski begitu ia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan, dan bisa memberikan kontribusi dalam hal pengatur ritme permainan di lini tengah.

Pemain Keturunan Lainnya

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 6

Selain ia, ada juga beberapa pemain keturunan yang juga menjadi kandidat bersama Jordi Amat untuk berpeluang memperkuat skuad merah putih, apalagi dalam event bergengsi Asia Tenggara, Piala AFF yang sebentar lagi akan dimulai pada awal Desember ini.

Ada nama Sandy Walsh, Mees Hilger yang saat ini bermain untuk Eredivisi atau Liga Belanda, Kevin Diks yang saat ini bermain untuk FC Copenhagen di Liga Denmark.

Mereka berempat merupakan pemain yang memperkuat klub utama di Liga Eropa dan tentunya menarik, jika mereka benar-benar akan menjadi bagian skuad timnas Indonesia saat ini.

Peta Kekuatan Piala AFF

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 7

Jika benar beberapa pemain keturunan yang diajukan untuk memperkuat skuad timnas Indonesia saat ini, benar-benar terealisasi, maka bisa dipastikan peta kekuatan di Grup B Piala AFF akan berbeda, meski kedua pesaing timnas kita juga tak kalah mentereng dengan beberapa skuad mumpuni.

Jika empat pemain keturunan itu berada di skuad Timnas Indonesia, pastinya mereka akan menjadi kekuatan Indonesia di ASEAN dan sebenarnya masih ada lagi selain empat itu. Namun fokus dulu kepada empat pemain ini yang saya inginkan,” kata Shin Tae-yong kepada sebuah media

Sebut saja Vietnam yang secara rangking diatas Indonesia, apalagi Vietnam juga lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia, ini sekedar catatan dimana Vietnam sangat patut di waspadai.

Malaysia juga merupakan negara tetangga satu rumpun, juga rival abadi Timnas kita juga tak bisa dianggap sebelah mata, mengingat Malaysia juga berambisi menjuarai trofi bergengsi di Asia Tenggara ini.

Kiprah dan Asal Usul Jordi Amat 

Eks Swansea City "Jordi Amat, Siap Bela Timnas Indonesia 8

Jordi Amat merupakan pemain berdarah Spanyol, namun neneknya merupakan keturunan Makasar, Indonesia dan berniat besar membela skuad timnas. Ia juga pernah menjadi bagian skuad timnas Spanyol dikelompok usia, mulai dari usia 16, 19, dan usia 21 tahun.

Meski begitu walaupun belum secara pasti Jordi Amat akan bergabung dengan skuad merah putih, namun dari beberapa petunjuk, jika ini hanya soal waktu saja, kapan pemain berusia 29 tahun ini benar-benar berseragam merah putih.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Endri Setyawan