Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng

Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng 1

Memiliki pasangan ekstrovert bagi kamu yang seorang ekstrover mungkin bukanlah hal sulit. Namun bagaimana jika pasanganmu saat ini adalah orang introvert?

Kamu yang suka dengan keramaian dan banyak bicara, sementara pasanganmu yang lebih suka menyendiri tentu membutuhkan penyesuaian dan pemahaman yang lebih agar hubungan kalian akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai konflik yang tidak diinginkan.

Nah, agar hubungan kalian tetap langgeng, 5 tips di bawah ini bisa membantumu!

1. Pahami dunianya

Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng 3

Kamu tentu paham jika dunia ekstrovert dan introvert adalah dunia yang bertolak belakang. Introvert yang cenderung lebih suka dengan kesendirian, tentunya tidak mudah untuk beradaptasi dengan duniamu yang lebih suka keramaian. Pun sebaliknya. Oleh karena itu, kamu dan pasanganmu harus sama-sama menyadari kebutuhan pasangan agar lebih seimbang dan terhindar dari segala pertengkaran. Kamu bisa memulai dengan memberikan dia ruang untuk menikmati kesendiriannya.

Menyendiri bukan berarti dia sengaja menghindarimu. Menyendiri hanyalah cara untuk mendapatkan energinya kembali setelah menghabiskan waktu dengan berlama-lama di keramaian.

Jika dia sudah selesai menikmati kesendiriannya, dia pasti akan kembali lagi padamu kok. Jadi tetap sabar dan pahami terus dunianya ya.

2. Saling terbuka dalam berkomunikasi

Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng 4

Komunikasi termasuk salah satu kunci utama dalam sebuah hubungan agar tetap langgeng. Mengungkapkan isi hati, isi pikiran, maupun hal lainnya perlu dilakukan agar kamu dan pasangan tahu apa yang salah dan harus diperbaiki dalam hubungan kalian.

Seorang introvert cenderung tertutup dan menyimpan segala sesuatu sendiri, kamu sebagai ekstrovert harus lebih berinisiatif untuk membuka percakapan terlebih dahulu. Namun jangan sampai memaksa ya, karena bisa membuat pasanganmu tidak nyaman.

3. Tanyakan apa yang dia butuhkan

Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng 5

Seorang introvert akan lebih terbuka dan mengatakan apa yang dia inginkan ketika merasa menemukan keamanan dan kenyamanan dengan pasangannya. Oleh karena itu, sebagai pasangannya kamu harus berikan dua hal tersebut agar dia bisa lebih terbuka dengan keinginannya, apa yang dia butuhkan. Dengan dia yang mau terbuka denganmu, tentunya akan lebih memudahkanmu memahami pasanganmu dan mungkin juga kamu bisa menemukan sesuatu dalam pasanganmu yang sebelumnya belum kamu temukan.

4. Habiskan waktu bersama

Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng 6

Menghabiskan waktu bersama seperti berkencan bisa menjadi salah satu cara agar hubungan kalian tetap langgeng dan harmonis. Memang sih tidak bisa berkencan di tempat seperti bioskop, restoran atau tempat keramaian lainnya. Tetapi, masih banyak kok cara berkencan spesial yang bisa kalian lakukan bersama. Misal berkemah di halaman rumah, memasak makan malam bersama, melakukan hobi yang sama atau kegiatan menarik lainnya seperti berkunjung ke perpustakaan.

5. Mencoba menyelami dunia pasangan

Ekstrovert Harus Paham! 5 Tips Jitu Menghadapi Pasanganmu yang Introvert agar Tetap Langgeng 7

Tidak ada salahnya jika sesekali kalian memasuki dunia pasangan masing-masing. Cobalah sesekali ajak pasangan introvertmu untuk mengenal duniamu yang penuh dengan keramaian ataupun sebaliknya kamu yang mengikuti pasangan introvertmu dengan mengenal dunianya yang penuh ketenangan.

Dengan mencoba mengikuti dan menyelami dunia masing-masing sesekali, bisa membuat kalian lebih memahami satu sama lain. Selain itu, rasa curiga yang bisa saja timbul karena perbedaan dunia ini bisa berkurang karena kalian bisa lebih mengerti.

Menjalani hubungan dengan pasangan introvert memang bukanlah hal yang mudah. Hal-hal sepele saja bisa jadi pertengkaran jika kalian tidak bisa saling mengerti dan memahami dunia pasanganmu. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk lebih memahami dan semoga tips di atas juga bisa membantumu ya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES