Empat Kelebihan dari Ambisi


Empat Kelebihan dari Ambisi 1

Pada golongan tertentu ada orang-orang yang tidak setuju dengan pandangan yang menyatakan bahwa ambisi harus dimiliki oleh semua orang. Berbagai alasan yang mereka ungkapkan hanya memiliki satu tujuan yaitu supaya manusia pada saat menjalani hidup tidak berorientasi kepada hal-hal yang bersifat duniawi melainkan kepada yang bersifat kekekalan.

Sejatinya, ambisi bukanlah salah satu bagian yang menjauhkan manusia kepada tindakan yang berdampak kekekalan, melainkan sebagai penunjang untuk memperoleh hal tersebut. Melalui ambisi, manusia dapat melakukan itu dengan keinginan yang kuat dan pantang menyerah sampai ia mendapatinya.

Pada waktu saya dipercayakan untuk menangani jurnal, repository, pengurusan ISBN dan buletin di salah satu Perguruan Tinggi Yogyakarta, dengan semangat yang penuh ambisi saya mengerjakan semuanya itu. Walaupun, diwaktu awal mengerjakan hanya sendirian, ambisi tetap membakar dan tidak memadamkan semangat untuk mengerjakannya secara totalitas.

Portal jurnal, repository dan buletin online yang tidak ada, harus diperjuangkan dengan sunggung-sungguh supaya ada dan segera berfungsi sebagaimana mestinya. Sebenarnya, hal itu sungguh sangat berat untuk saya, karena saya bukan orang pintar dan tidak memiliki keahlian dibidang tersebut, tetapi karena ambisi yang Tuhan taruh dalam diri ini, Semua itu dapat terlaksana walaupun saat ini masih banyak kekurangan. Berikut empat kelebihan ambisi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari:

1. Tidak Mudah Malas

Ambisi adalah alat penolong yang baik untuk membuat diri seseorang menjadi rajin. Melalui ambisi, seseorang akan dibawa kepada kesibukan yang menjadi sarana dalam mewujudnyatakan keinginan yang akan dimiliki. Ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih keinginan tersebut dengan ketekunan dan keinginan yang kuat.

Malas menjadi karakter yang tidak ia sukai. Hal tersebut disebabkan oleh karena pandangannya yang menyatakan bahwa seseorang pemalas adalah sosok yang hanya menyusahkan diri sendiri dan orang lain.

2. Tidak Mudah Mengeluh

Tidak mudah mengeluh adalah salah satu sikap yang sangat diidam oleh banyak orang. Sikap tersebut seringkali dijumpai pada orang-orang yang akan dan sudah sukses, karena mereka memiliki kegigihan dan kekuatan yang besar dalam menghadapi setiap situasi perjalanan hidup.

Kegigihan dan kekuatan tersebut ada oleh karena dorong dari ambisi untuk melakukan yang belum terbiasa sampai dapat disebut luar biasa. 

3. Tidak Mau Kalah

Pada bagian yang ketiga ini seringkali dapat membuat seseorang dikagumi oleh banyak orang. Namun, ada juga orang-orang tertentu yang tidak menyukai keberadaannya. Hal tersebut oleh karena karakter yang ia miliki, yang cenderung tidak suka mendengar pendapat orang lain dan selalu menganggap dirinya benar. 

Melalui ambisi, seseorang dibuat untuk tidak mau menerima kekalahan dalam setiap kompetisi hidup yang ia jalani. Ia akan berusaha semaksimal mungkin supaya semua yang dikerjakannya dapat memiliki nilai lebih dibanding pekerjaan orang lain. Hal ini sangat baik untuk dimiliki oleh semua orang dalam menjalani aktivitas hidupnya.

4. Siap Menghadapi Tantangan

Seseorang yang memiliki ambisi, akan siap menghadapi segala tantangan yang sedang dan akan dilewatinya. Ia tidak akan bermalas-malasan dalam melakukan segala sesuatu. Pantang menyerah dan tidak mengeluh, menjadi moto dan gaya hidup yang ia pegang sampai seumur hidupnya.

Ia juga tidak akan mau tertinggal oleh orang-orang yang berada disekitarnya dengan melakukan segala sesuatu secara maksimal sehingga melalui ambisi tersebut ia dapat mencapai tujuan yang telah dikerjakan semasa hidupnya.

Refleksi Diri

  1. Apakah ambisi yang ada pada diri anda membuat cinta-cita menjadi nyata?
  2. Dapatkah melalui ambisi yang ada pada diri anda semua orang menjadi tertolong?
  3. Bisakah ambisi mengantar anda kepada tindakan yang bernilai kekekalan?
  4. Sebutkan pengertian ambisi menurut ada!

Yang Harus dilakukan

Buatlah kesimpulan! Apakah ambisi diperlukan dalam menjalani hidup atau totalitaslah yang sangat diperlukan?

Hikmat Hari Ini

Kesalahan selalu sesuatu yang kita perbuat tidak menjadikan Tuhan gagal dalam merencanakan perjalanan hidup. Ia memiliki banyak jalan untuk menghantar kita kepada titik yang Ia mau.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Junio Richson Sirait

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap