Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2


Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2 1

Pada Artikel sebelumnya, penulis telah menuliskan beberapa poin mengenai pendapat penulis jika manga/anime Shingeki No Kyojin ini bergerak sesuai alur yang realis dan memang menggantung, tidak dipastikan apakah happy ending atau pun sad ending. Dan berikut merupakan poin-poin kelanjutan dari apa yang penulis harapkan/pikirkan untuk kisah Shingeki No Kyojin :

1. Setelah kutukan Ymir rusak/berakhir, banyak negara yang menandatangani perjanjian damai.

Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2 3

Dengan bantuan Hizuru, Para Eldian akan diterima oleh negara-negara lain. Hizuru dan negara lainnya akan memulai bekerja sama dengan Paradis, dan memberikan teknologi serta barang-barang lainnya kepada Eldian, sehingga warga Eldian dapat memanfaatkan sumber daya alam yang mereka miliki.

Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2 4

Dapat diketahui, Kiyomi pernah mengatakan banyak hal-hal atau sumber daya yang berharga yang berada pada Paradis. Zeke pun pernah mengatakan, bahan bakar pada 3DMG yang digunakan survey corps berasal dan hanya berada pada pulau Paradis. Kiyomi yang sampai saat ini masih terkesan aneh dan misterius, entah apa sebenarnya motifnya apakah ia benar-benar peduli pada Eldian atau tidak. Namun dapat dipastikan ia mengincar sumber daya alam Paradis yang sangat besar itu. Dengan begitu, ia akan memperoleh keuntungan yang besar sebagaimana yang kita tahu ia “gila kekayaan”, dan juga dengan perjanjian damai Eldian paradis dengan negara-negara lain yang dibantu Hizuru, Kiyomi/Hizuru pun akan memperoleh benefits yang besar dari perjanjian itu pula. Bisa saja ia memiliki niat untuk mengontrol negara-negara lain dengan perjanjian antar Eldian Paradis dan negara lain.

2. Ketika Eldian yang berada di Paradis mengetahui “teknologi dan barang-barang baru” dari negara-negara lain, mereka memindahkan dan membangun rumah baru di Marley, dan Marley akan menjadi sesak/penuh.

Pada poin sebelumnya, telah penulis jelaskan apabila Hizuru mengelola sumber daya alam Paradis, maka sebagian besar Eldian akan pindah dari Paradis menuju ke tempat yang dimana barang-barang modernnya lebih banyak. Tidak hanya karena barang-barang modern saja, Eldian Paradis belum mengetahui akan segala hal yang berada di luar , entah itu jenis makanan atau mode pakaian. Dengan pengetahuan yang minim, tentu saja Eldian Paradis mengingikan lebih akan pengetahuan itu. Maka, mereka pasti akan memilih untuk pindah ke tempat yang lebih maju dan baru.

Awalnya mungkin hanya sebagian Eldian yang akan pindah ke Marley, tetapi berlalunya waktu pasti sedikit demi sedikit Eldian paradis, akan mengikuti Eldian yang berpindah tempat. Warga Eldian Paradis kemudian menetap di Marley dan Marley pun tentunya akan menjadi sesak karena penuhnya warga baru yang pindah dan menetap. Sebuah negara yang memiliki warga dengan jumlah yang penuh tentunya akan menjadi negara yang tidak stabil. Ketidakstabilan dapat dilihat dengan rumah sebagaimana tempat tinggal warga negara tersebut. Kemungkinan, banyak warga yang menjadi homeless dan akan menjadi beban negara.

3. Dengan khayalan akan kedamaian, Eldian yang berasal dari Paradis tidak mengetahui bahwa mereka dieksploitasi secara besar-besaran dan dibayar rendah oleh negara-negara lain.

Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2 5

Eldian dari Paradis, seperti yang penulis katakan pada poin sebelumnya, mereka memiliki pengetahuan yang minim. Ada dari mereka yang berpindah ke Marley dan diikuti oleh yang lainnya. Namun, apabila ingat pada poin dimana kemungkinan Hizuru akan mengeksploitasi SDA mereka, maka kemungkinan Hizuru akan mengeksploitasi SDM mereka. Hizuru bisa saja tidak mengeksploitasi secara langsung, tetapi melalui negara-negara lain. Atau bisa saja negara-negara lain yang melakukan perjanjian dengan Paradis lah yang memanfaatkan Paradis. Karena jika mengingat artikel penulis sebelumnya (Part 1), Paradis tidak memiliki kekuatan titan lagi. Paradis memiliki militer yang terkesan lemah dibandingkan militer negara lain karena pengetahuan yang rendah juga.

Eldian paradis yang mungkin bermimpi pindah ke negara lain, atau pun bermimpi memperoleh kebebasan dan kedamaian dari rasa ngeri akan titan, akan dikhianati oleh mimpi/khayalan mereka terhadap itu. Negara-negara lain akan memperkejakan Eldian Paradis yang berpindah tempat ke Marley atau pun bisa saja mengambil SDM nya langsung dari Paradis dan dipekerjakan di negara mereka dengan bayaran rendah, mengingat Eldian Paradis belum memahami kerja perekonomian di luar dunia dan bayaran.

4. Marley vs Eldian tragedi akan berlanjut.

Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2 6

Dengan adanya eksploitasi yang dilakukan negara lain atau bisa saja orang-orang Marley terhadap Eldian Paradis. Kemungkinan, tragedi kebencian antara Marley dan Eldian akan terus berlanjut. Manga Shingeki No Kyojin ini terkenal realistis, terutama pada bagian hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Para Eldian Paradis berasal dari tempat yang berbeda dari Marley, tidak hanya ideologi namun cara berpikir yang mereka miliki pastilah berbeda.

Manusia selalu memiliki rasa benci yang tidak bisa diobati sampai kapan pun waktu silih berganti. Rasa benci itu akan terus bisa turun temurun tiada akhir. Dengan tragedi yang pernah ada di antara Marley dan Eldian, terdapat kemungkinan bahwa tragedi akan kebencian akan terulang kembali dalam sejarah. Manusia membenci manusia lain, tetapi mungkin jika dihubungkan dengan poin sebelumnya, Eldian kali ini yang bisa saja membenci Marley karena mereka masih terkesan rasis dan timbul perselisihan dikarenakan lahan yang sempit dengan penduduk yang banyak.

5. Akhirnya, Marley dan Eldian sama-sama berakhir dikegelapan. Paradis kemudian menjadi tanah tandus yang dimana tidak ditinggali oleh orang sama sekali.

Ending Shingeki No Kyojin : Prediksi Part 2 7

Dengan poin-poin akan harapan penulis pada ending SNK ini, akan lebih baik lagi apabila akhirnya jika Marley dan Eldian sama-sama berakhir pada kegelapan. Mereka tidak pernah menemukan apa itu “kebebasan” yang sesungguhnya. Mereka tidak akan pernah menemukan apa itu “kedamaian” sesungguhnya. Seperti awal mula cerita SNK ini, semua itu berawal dari manusia yang menginginkan kebebasan dan manusia yang selalu diselimuti kebencian,dengki,dan cemburu.

Dengan cerita SNK yang realis pada bagian kemanusiaannya, tentu saja penulis mengharapkan apabila Isayama-sensei terus mempertahankan itu hingga pada akhirnya. Dimana semua itu berbalik lagi pada manusia. Sejarah akan terulang kembali, karena kepribadian manusia yang tidak akan pernah berubah. Dan dengan begini, kemungkinan Paradis akan menjadi tanah tandus atau suatu daerah yang dimana menjadi sejarah, namun tidak ditinggali oleh manusia lagi. Karena Isayama-sensei selalu bergerak dibagian politik, walaupun poin-poin yang penulis tulis pada Part 1 dan Part 2 kemungkinan tidak akan “benar-benar diceritakan” pada ending cerita SNK. Namun, penulis berpikir bahwa kemungkinan poin-poin yang penulis tuliskan ini bisa benar apabila author SNK akan terus melaju pada politik dan melaju terus realis dengan ending yang menggantung.

Penulis pun menuliskan prediksi pada poin-poin ini melihat dari big picture, dan bukanlah seperti ketika apakah Eren akan reinkarnasi kembali atau tida. Atau apa pun yang terjadi pada masing-masing characternya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carelo Caiiel

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap