Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang


Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 1

Piala Asia merupakan ajang kompetisi sepakbola antar klub tim nasioanal negara di kawasan benua Asia,yang pesertanya adalah negara-negara yang masuk dalam kawasan benua Asia. Piala Asia sendiri diselenggarakan setiap empat tahun sekali sama halnya dengan kejuaraan Piala Dunia pada umumnya. Piala Asia pertama kali digelar di Hongkong sebagai tim tuan rumah, dengan Korea Selatan sebagai pemenangnya dan Israel menduduki peringkat kedua.

Piala Asia setiap empat tahun atau tiga tahu sekali digelar dengan beberapa negara ikut andil sebagai penyelenggaran atau berstatus sebagai tim tuan rumah salah satunya Indonesia yang pernah menjadi bagian dari penyelenggaraan event bergengsi di daratan Asia ini.

Piala Asia dari masa ke masa selalu menciptakan sejarah baru, dan setiap penyelenggarannya juga memiliki juara yang berbeda-beda. Beberapa tim nasional negara di Asia yang sering langganan juara dan difavoritkan juara akan tersaji dalam ulasan berikut.  beberapa laga final yang menarik untuk diulas karena menyisakan beberapa fakta-fakta menarik yang mungkin belum kalian tahu.

Berikut fakta final Piala Asia dari tahun 2000 hingga sekarang :

Jepang vs Arab Saudi (2000)

Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 3

Turnamen empat tahunan Piala Asia tahun 2000, diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 29 Oktober 2000, dan Lebanon  bertindak sebagai tim tuan rumah serta Lebanon secara otomatis lolos ke putaran final. Sementara juara bertahan Arab Saudi juga secara langsung lolos ke putaran final karena berstatus sebagai tim juara bertahan. Parta final ini akhirnya mempertemukan jepang dengan juara bertahan Arab Saudi dengan Jepang sebagai juaranya, setelah gol tunggal Shigeyoshi Mochizuki  mengantar Jepang mengangkat trofi kebanggan Asia ini. Final ini diselenggarakan di Stadion Olahraga Kota Beirut.

Jepang vs Tiongkok (2004)

Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 4

Partai Final Piala Asia diselenggarakan di Stadion Buruh Beijing, China, dengan sempat terjadi ketegangan di depan pintu masuk stadion utama para pendukung timnas China. Parta Final mempertemukan juara bertahan Jepang melawan tim tuan rumah Tiongkok, dan akhirnya Jepang kembali merengkuh juara dengan mengalahkan Tiongkok dengan skor akhir 3-1. Gol-gol Jepang dicetak oleh Fukunishi, Tamada, Nakata, sementara Tiongkok dicetak oleh Li Ming. 

Irak vs Arab Saudi (2007)

Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 5

Final Piala Asia edisi ke 14 diselenggarakan di emoat negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Dan di partai final mempertemukan Irak dengan Arab Saudi, yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, dengan Irak sebagai juaranya. Gol satu-satunya Irak dicetak oleh Younis Mahmoud yang merupakan kapten timnas Irak. Younis Mahmoud pun juga menyandang pemain terbaik sekaligus pencetak gol terbanyak di Piala Asia 2007 ini.

Jepang vs Australia (2011)

Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 6

Partai Final Piala Asia tahun 2011 mempertemukan Jepang dengan Australia dan akhirnya Jepang keluar sebagai juara setelahgol tunggal pemainnya berhasil membawa kemenangan di babak perpanjangan waktu.Penyelenggaran partai final diselenggarakan di Stadion Khalifa, Doha Qatar, dango, tunggal Tadanari Lee membawa Jepang mengangkat trofi Piala Asia untuk kesekian kalinya.

Australia vs Korea Selatan (2015)

Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 7

Partai Final Piala Asia 2015 mempertemukan Australia dengan Korea Selatan, dimana partai final ini dimenangkan oleh Australia yang berstatus sebagai tim tuan rumah yang diselenggarakan di Stadion Utama Sidney, Australia. Partai Final diakhiri dengan skor 2-1 untuk kemenangan Australis dan mengantar Australia sebagai juaranya.

Qatar vs Jepang (2019)

Fakta Final Piala Asia Tahun 2000 Hingga Sekarang 8

Partai Final Piala Asia 2019 mempertemukan Qatar dengan Jepang, dimana partai ini dimenangkan Jepang dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Qatar dan partai ini diselenggarakan di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi. 

Partai Final di Piala Asia selalu menghadirkan partai menarik, dengan Jepang sebagai langganan juara di ajang bergengsi Piala Asia ini.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap