Fakta Hewan di Dunia yang Jarang Diketahui

Fakta Hewan di Dunia yang Jarang Diketahui 1

Di dunia ini terdapat banyak sekali makhluk hidup yang berdampingan dengan kita, termasuk hewan. Hewan menyimpan banyak sekali fakta yang jarang diketahui banyak orang. Namun tidak jarang, beberapa orang yang tertarik akan dunia fauna ini mendalami karakteristik dan tingkah laku para hewan hingga melakukan penelitian yang memakan waktu tidak sedikit, bahkan berbulan-bulan. Jadi apa saja fakta hewan di dunia yang jarang diketahui oleh kita? Mari kita simak!

Siput Memiliki Dua Jenis Kelamin

Hewan melata yang memiliki cangkang ini merupakan hewan hermafrodit
Hewan melata yang memiliki cangkang ini merupakan hewan hermafrodit

Siapa sangka hewan yang berjalan dengan lambat ini memiliki dua jenis kelamin? Ya! Siput merupakan hewan hermafrodit atau hewan yang memiliki kelamin ganda. Namun dengan dua jenis kelaminnya itu, siput masih membutuhkan siput lain untuk melakukan perkawinan dan membutuhkan proses yang tidak biasa dan berbeda dibandingkan hewan lainnya.

Keduanya saling bertukar sperma ke dalam tubuh masing-masing. Meskipun begitu, ternyata siput tidak ingin berperan sebagai ibu. Maka dari itu, siput yang menembakkan spermanya yang lebih bagus dan berhasil membuahi siput lain, dialah yang akan menjadi ayah. 

Unta bisa Memakan Kaktus 

Hewan yang sering dijumpai di gurun ini ternyata bisa makan kaktus, loh!
Hewan yang sering dijumpai di gurun ini ternyata bisa makan kaktus, loh!

Saat hewan lain menghindari kaktus karena tumbuhan tersebut memiliki duri yang tajam, nyatanya hal ini tidak berlaku untuk unta, loh! Unta bisa memakan kaktus karena ia memiliki papila di lidah dan bagian dalam mulutnya.

Papila unta sangat keras karena mengandung keratin sehingga papila dapat menggeser duri-duri kaktus. Meskipun begitu, terlalu sering makan kaktus dapat melukai unta. Dibalik nikmatnya mengonsumsi kaktus, unta kerap kali menahan rasa sakitnya yang disebabkan oleh duri-duri kaktus.

Kura-Kura Tertua di Dunia Berusia 189 Tahun

Jonathan, kura-kura yang berusia 189 tahun
Jonathan, kura-kura yang berusia 189 tahun

Umumnya, usia hewan lebih pendek dibanding manusia. Rata-rata hewan bertahan sampai 15 tahun, tergantung jenis apa hewan itu dulu. Namun ternyata, ada hewan yang berusia melampaui usia hewan maupun manusia, loh! Dialah Jonathan. Kura-kura yang masuk spesies seychelles ini dinobatkan sebagai hewan darat tertua yang hidup sampai sekarang.

Diketahui Jonathan lahir pada tahun 1832, tahun dimana telepon dan lampu belum ditemukan. Dikarenakan usianya yang sudah sangat tua, matanya katarak dan sudah tidak mempunyai indera penciuman. Meskipun begitu, pendengarannya masih sangat baik. Kini Jonathan dirawat di St. Helena bersama orang-orang yang merawatnya.

Belalang Betina yang Memakan Pejantan Usai Kawin

Belalang sentadu betina memakan kepala si pejantan usai kawin
Belalang sentadu betina memakan kepala si pejantan usai kawin

Kebanyakan hewan akan pergi setelah melakukan proses perkawinan. Beberapa hewan juga ikut merawat anak-anaknya ketika lahir. Namun tahukah kamu, serangga hijau yang dikenal dengan belalang sentadu ini memiliki proses kawin yang berbeda.

Sang jantan rela dimakan oleh sang betina usai kawin demi dijadikan sumber makanan untuk telur-telurnya yang nanti akan dimiliki betina. Dengan memakan pejantan, sang betina memproduksi banyak telur. Sebaliknya, apabila tidak memakan pejantan, sang betina hanya memproduksi telur dalam jumlah yang sedikit.

Tawon Glyptapanteles, Parasit yang Menumpang Tubuh Ulat untuk Bertelur

Tubuh ulat yang dijadikan inang tawon glyptapanteles
Tubuh ulat yang dijadikan inang tawon glyptapanteles

Tawon parasit Glyptapanteles memiliki cara bertelur yang terbilang “kejam” karena ia menumpang tubuh ulat untuk bertelur disana. Ulat yang disalurkan telur-telur dari tawon Glyptapanteles akan merasa sangat tersiksa dan perilaku mereka seperti zombie hingga tidak makan dan tidak pula bergerak seperti biasanya. Ketika telur-telur menetas, larva tawon itu akan memakan cairan tubuh ulat tersebut sebelum mulai keluar.

Itulah tadi kelima fakta hewan di dunia yang jarang diketahui banyak orang. Masih banyak sekali fakta tersembunyi yang dimiliki hewan yang hidup di dunia ini. Semoga bermanfaat terutama untuk kalian yang suka terhadap dunia fauna. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aaliyah Shakira