Fakta Menarik Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Terindah di Dunia

Fakta Menarik Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Terindah di Dunia 1

Jalan tol yang menghubungkan Semarang-Ungaran-Salatiga-Boyolali-Solo bisa dikatakan merupakan jalan tol atau jalan terindah di dunia. Jalan ini melewati bukit, pegunungan disepanjang Semarang sampai dengan solo.

Jalan yang memiliki panjang sekitar 75 kilometer ini disuguhkan dengan salah satu pemandangan yang sangat indah. Pemandangan gunung Merbabu dan persawahan yang sangat elok ini menjadikan jalan tol ini sebagai jalan terindah yang disebut The Panoramic Tol Road.

Berikut fakta menarik jalan tol Semarang Solo :

1. Panjang dan Ruas Jalan

Fakta Menarik Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Terindah di Dunia 3

Jalan sepanjang 75 kilometer ini terbagi menjadi empat bagian ruas jalan. Empat ruas atau empat bagian jalan tersebut adalah, ruas jalan tolol Semarang menuju Ungaran dengan panjang 11 kilometer.

Ruas jalan tol Ungaran menuju arah Bawen dengan panjang 12 kilometer, ruas jalan tol dari Bawen menuju Salatiga sepanjang 17, 56 Kilometer, ruas jalan tol dari Salatiga menuju Boyolali dengan panjang 24,47 Kilometer, dan ruas jalan tol dari Boyolali menuju Kertasura sepanjang 11 Kilometer.

2. The Panoramic Toll Road

Fakta Menarik Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Terindah di Dunia 4

Ada yang menarik dari jalan tol ini, yaitu pemandangan panorama alamnya yang sangat indah seperti lukisan alam. Ruas jalan Bawen- Salatiga dijuluki The Panoramic Toll Road karena pemandangan alamnya dengan latar belakang gunung Merbabu yang sangat indah.

Bentangan alam berupa pegunungan, gunung, bukit yang hijau membuat suasana disekitar jalan tol ini memang beda dari yang lain. Pemandangan gunung terpapang disetiap jalan yang kita lewati di jalan tol ini.

Tak hanya itu kita jarang melewati perumahan atau pemukiman memang jalan ini dari awal pembangunan nya hanya memangkas pegunungan dan perbukitan.

3. Jembatan Terpanjang

Fakta Menarik Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Terindah di Dunia 5

Jalan tol ini memiliki jembatan terpanjang darat Indonesia dengan panjang sekitar 800 meter bernama jembatan lemah Ireng. Jika cuaca nya cerah atau pada waktu pagi, siang, atau sore hari, makan kita akan melihat secara jelas dan menarik pemandangan hutan hijau, dan bentangan alam pegunungan yang terlihat jelas ketika melewati jembatan ini.

Jika dilihat dari foto saja, jembatan ini terlihat banyak ponopang jembatan yang sungguh sangat indah untuk dilihat. Selain jembatan lemah Ireng, disepanjang jalan tol ini sebenarnya banyak melewati jembatan yang menghubungkan antara pegunungan satu dengan yang lain, serta jalannya naik turun meski tidak terasa.

Contohnya saja didaerah Bawen Salatiga, ada banyak jembatan yang sangat indah bisa kita lihat disini.

4. Sky Bridge

Fakta Menarik Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Terindah di Dunia 6

Jalan tol ini selain pemandangan nya yang indah, serta jalannya yang berkelok-kelok naik turun, juga terdapat rest area yang terpapang di kanan kiri jalan baik dari arah solo maupun dari arah Semarang.

Ada yang menarik dari rest Area yang memiliki luas 3,3 hektar ini. Dimana ada jembatan penghubung yang menghubungkan antara rest area sisi kanan dan sisi kiri jalan yang dinamakan Sky Bridge.

Selain itu rest area ini juga memiliki keunikan tersendiri dimana dari lima bangunan utamanya tersebut melambangkan lima gunung yang ada di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Ungaran.

Nah itu tadi fakta dari jalan Tol Semarang Solo yang sangat indah, mungkin sebagian dari kita tak banyak yang tahu mengenai fakta-fakta ini, meskipun kita sering melewati jalan tol ini.Bagi kalian yang belum pernah atau penasaran ingin melewati jalan ini, bisa kalian pertimbangan agar nantinya kalian semakin penasaran.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.