Fakta Menarik Kuliah Daring yang Sering Kita Alami

Fakta Menarik Kuliah Daring yang Sering Kita Alami 1

Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak hal yang sudah dilewati, mulai dari diberlakukannya sistem lockdown, tutupnya toko perbelanjaan, instansi pendidikan, hingga diberlakukannya system kerja work for home atau kerja di rumah. Tantangan yang kita hadapi saat ini mau tidak mau memang harus kita terima, hampir semua pekerjaan kita dilakukan dari rumah.

Sama halnya, dengan perkuliahan, sejak diberlakukannya sistem lockdown, hampir seluruh instansi pendidikan di Indonesia ataupun luar negeri melakukan belajar dan mengajarnya menggunakan sistem dalam jaringan (daring) hingga saat ini.

Dan Berikut, Fakta Menarik Kuliah Daring yang Sering Kita alami

Masalah Jaringan

Kuliah daring (dalam jaringan) memang mengharuskan kita memiliki jaringan yang memadai untuk mengakses media ataupun software untuk keberlangsungan belajar dan mengajar. Jika jaringan disuatu daerah tersebut tidak memadai, maka pembelajaran tersebut tidak berjalan dengan efektif. Banyaknya keluhan dari mahasiswa dan pelajar terhadap masalah jaringan yang digunakan membuat dosen ataupun guru sering kali kebingungan menghadapinnya.

Masalah Paket Data

Sama halnya dengan masalah jaringan, paket data menjadi faktor penunjang penting yang harus dimiliki mahasiswa, pelajar, dosen maupun guru untuk melakukan belajar daring. Jika paket data habis, maka aplikasi yang biasa di gunakan untuk kuliah tidak dapat di akses.

Masalah Mati Lampu

Listrik juga termasuk ke dalam faktor penting saat dikuliah daring ini, bagaimana tidak, banyak mahasiswa , pelajar, dosen maupun guru yang tidak lagi menggunakan paket data pribadi, melainkan menggunakan wifi, jadi ketika mati listrik, maka jaringan wifi pun ikut mati sehingga kuliah dan mengajar pun terhenti. Tidak hanya itu, ketika mati listrik biasannya jaringan di smartphone pun ikut melambat dan bahkan hilang signal.

Tugas Menumpuk

Akibat jaringan yang sering kali susah diakses oleh mahasiswa atau pelajar, tidak jarang dosen maupun guru mengambil inisiatif untuk memberikan tugas sebagai bahan ajaran dirumah. Namun, seringkali mahasiswa tidak langsung mengerjakannya sehingga membuat tugas tersebut menumpuk bak cucian baju yang satu minggu belum dicuci. Bayangkan jika ada 5 dosen yang memberikan tugas secara bersamaan dan kita tidak lantas mengerjakannya, bukankah hal tersebut semakin menambah beban kita ? Maka kerjakanlah tugas tersebut sebelum menumpuk dan semakin banyak.

Dikejar Tugas Deadline

Terlalu banyaknya tugas biasanya tidak membuat mahasiswa menjadi rajin atau cepat mengerjakannya. Bahkan banyak mahasiswa yang terbiasa mengerjakan ketika waktu pengumpulan berkisar antara 1-2 jam bahkan lebih baru dikerjakan. Bukan tanpa alasan, banyak yang bilang hal tersebut dilakukan karena biasanya ide-ide baru dan kreatif akan muncul apabila mahasiswa tersebut sudah merasa tersedak atau dikejar deadline maka keajaiban pun terjadi begitu saja sehingga tugas terasa mudah dipahami sehingga cepat selesai.

Kata “Siap Pak dan Mengerti Pak” Berjamaah

Nah, untuk kata ini yang sering sekali kita baca di grup whatsapp kelas maupun sedang zoom, ketika dosen selesai memberi materi atau sekedar memberikan penjelasan dan memberikan materi informasi tidak masuk kelas. Bukan hanya kata “Siap Pak dan Mengerti Pak” saja, kata lainnya seperti “terimakasih pak, dan baik pak”. atau jenis kata lainnya juga sering kita dengar maupun baca. Hal ini sering diartikan jika mahasiswa merespon, maka dosen akan menganggap bahwa mahasiswa tersebut mengerti penjelasan materi, memberikan tugas, dan hadir pada saat kelas dimulai.

Demikian, fakta menarik kuliah daring yang sering kita alami dan temui pada saat belajar daring memang kuliah daring banyak sekali kendala-kendala yang tidak mengenakan pada saat kuliah daring tetapi itulah yang menjadi faktor menarik tentang kuliah daring. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Divisi Danus