Fakta Menarik Tentang Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Terbaru

Fakta Menarik Tentang Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Terbaru

Ini dia chip terbaru dari Qualcomm yang wajib dicoba para pengguna Android. Baru-baru ini Qualcomm mengeluarkan chip generasi terbaru yang dinamakan Snapdragon 8 Gen 1. Chipset dengan fabrikasi 4 nm ini pastinya akan digunakan banyak ponsel keluaran tahun 2022 nanti.

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 diperkenalkan oleh Qualcomm pada event Tech Summit 2021 di Hawaii pada 30/11/2021 yang lalu. Chipset ini merupakan generasi penerus dari chipset Qualcomm sebelumnya yaitu Snapdragon 888 yang dirilis pada Desember 2020 yang lalu.

Bagi yang telah menggunakan smartphone dengan chip Snapdragon 888 pasti sudah merasakan performa chipset ini yang lebih lancar saat browsing, multitasking, main game online, atau mengakses permainan dari link alternatif M88.

Nah, chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 1 ini diklaim 20 persen lebih baik kinerjanya jika dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu Snapdragon 888. Selain itu, Snapdragon 8 Gen 1 diklaim lebih menghemat pemakaian daya ponsel hingga 30% jika dibandingkan Snapdragon 888. Mantap sekali bukan?

Nah, biar enggak penasaran, mari kita simak beberapa fakta tentang chipset terbaru ini.

Smartphone apa yang akan memakai Snapdragon 8 Gen 1?

Buat yang penasaran ingin menjajal sehebat apa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 ini, pasti tidak sabar menanti ponsel yang akan memakai chipset terbaru ini. Jangan khawatir, banyak merk smartphone yang telah mengkonfirmasi akan memakai Snapdragon 8 Gen 1. Salah satunya adalah Xiaomi 12.

Bagi penggemar Xiaomi, siap-siap menanti rilisnya Xiaomi 12 yang akan mengusung chipset terbaru Qualcomm ini. Oppo juga dikabarkan akan memakai chipset terbaru ini. Kabarnya, seri Oppo Find X4 yang akan memakai Snapdragon 8 Gen 1. Smartphone lain yang akan memakai chipset ini antara lain flagship baru OnePlus dengan seri OnePlus 10 dan smartphone Realme GT 2 Pro.

Bagi penggemar Samsung bisa menanti rilisnya Samsung Galaxy S22 yang rencananya akan mulai rilis pada Februari 2022. Samsung Galaxy S22 dikabarkan akan memakai chipset Snapdragon 8 Gen 1 di semua modelnya. Seri lain dari Samsung yang kemungkinan besar akan memakai Snapdragon 8 Gen 1 adalah Samsung Z Fold 4 dan Samsung Galaxy Z Flip 4. Huawei juga kabarnya akan memakai chipset Qualcomm ini untuk seri Huawei P60.

Sehebat apa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1?

Vice President of Product Management Qualcomm, Ziad Asghar, menyatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 1 merupakan produk dengan perubahan terbesar dari pendahulunya, jika dibandingkan produk-produk lainnya. Chipset ini mengusung CPU Armv9 yang memiliki performa 20% lebih baik dari chipset sebelumnya.

Artinya, smartphone yang memiliki Snapdragon 8 Gen 1 akan dapat bekerja lebih lancar dan cepat. Selain itu, chipset ini juga mengurangi pemakaian baterai hingga 30%, jadi baterai HP akan lebih awet. Cocok sekali untuk yang biasa online seharian atau hobi main game online.

Kamera yang lebih bagus

Selain lebih lancar untuk berselancar dan juga hemat baterai, Snapdragon 8 Gen 1 juga mendukung kamera yang lebih baik. Nilai ISP (Image Signal Processor) yang mendukung kualitas kamera pada chipset ini adalah 18 bit. Nilai ISP ini lebih tinggi jika dibandingkan Snapdragon 888 dengan 14 bit.

Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 akan memiliki kamera dengan kualitas gambar yang lebih baik, dan juga dapat melakukan quick shot lebih banyak, yaitu hingga 240 gambar 12 MP dalam 1 detiknya.

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.