Fakta Negara Kaledonia Baru, 7000 Penduduknya Orang Jawa

Fakta Negara Kaledonia Baru, 7000 Penduduknya Orang Jawa 1

Sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah timur Australia dan selatan Papua Nugini ini memiliki luas 18.000 Km2 merupakan sebuah negara jajahan Perancis. Negara ini bagi sebagian orang jarang yang mengetahui dan apa saja sebenarnya fakta dibali negara Kaledonia Baru ini.

Negara ini memiliki penduduk kurang lebih 268.767 orang, berdasarkan data sensus penduduk pada 2014. Negara ini bisa jadi merupakan tempat kunjungan para wisatawan asing favorit dengan pesona alamnya yang sangat indah. Negara ini berada di peprairan pasifik dan merupakan daerah cincin pasifik.

Ada hal menarik atau fakta menarik dibalik Negara Kaledonia Baru ini, termasuk sebagian penduduknya adalah orang jawa dan mempergunakan bahasa jawa.

Lalu apa saja fakta dibalik negara Kaledonia Baru ini :

1. 7000 Penduduk Orang Jawa

Orang jawa di Kaledonia Baru
Orang jawa di Kaledonia Baru

Fakta menarik dibalik negara Kaledonia Baru ini, dari total 200 ribu penduduknya, 7000 penduduknya adalah masyarakat jawa atau orang Indonesia, dan mempergunakan bahasa tradisional jawa. 

Awal mulanya pada saat Perancis mengirim tenaga dari Eropa dan juga tenaga dari Indonesia khususnya dari jawa untuk dipekerjakan di negara ini, kemudian mereka menetap dengan dibawa menggunakan kapal.

Lambat laun, masyarakat jawapun kembali ke Indonesia, dan sekarang hanya ada sekitar 7000 penduduk asli jawa yang tinggal di Kaledonia Baru ini.

Mereka mempergunakan bahasa sehari-harinya adalah bahasa ngoko, bahasa jawa, namun sebagian lainnya mempergunakan bahasa sehari-harinya bahasa Perancis.

2. Noumea

Ibukota Kaledonia Baru Noumea
Ibukota Kaledonia Baru Noumea

Fakta berikutnya dari negara Kaledonia Baru ini adalah, Noumea yang merupakan ibukota dari negara ini. penduduk aslinya adalah Melanesia.

Untuk  penduduk asli di Noumea ini merupakan suku dari Perancis dan mempergunakan budaya Perancis, serta bahasa Perancis.

Sedangkan Noumea ini berada di dekat Pelabuhan, dan merupaan pusatnya teluk, pantai dan juga laguna dan menjadi tempat menarik untuk berselancar, menyelam, dengan suasana pantainya yang sangat indah.

3. Suku Asli

Suku penduduk Kaledonia Baru
Suku penduduk Kaledonia Baru

Mayoritas dari penduduk di Kaledonia Baru ini adalah suku dari Melanesia. Sejak Perancis datang menguasai pada tahun 1853 dan mayoritas bahasa mereka adalah bahasa Perancis, namun juga sebagian adalah mempergunakan bahasa Melanesia, yang dipergunakan secara umum juga di negara Kaledonia Baru ini.

Kebanyakn di suatu wilayah dengan suasana glamournya memang masih mempergunakan budaya dan adat Perancis, hal inilah terjadi keanekaragaman budaya dan bahasa di negara ini, salah satunya adalah budaya dan bahasa jawa yang masih melekat di negara ini.

Melihat fakta dibalik orang jawa di Kaledonia Baru ini, pastinya memiliki sejarah dan cerita tersendiri, kenapa bisa sampai tinggal di negara ini. Meski letaknya cukup jauh dari Indonesia, namun jumlah populasi disana tergolong cukup banyak.

Mayoritas agama dari penduduk jawa di negara ini adalah memeluk agama islam dan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan serta sholat lima waktu.

Mereka datang silih berganti pada periode tertentu pada tahun tertentu dengan misi bekerja di negara ini. 

Nah itu tadi beberapa fakta menarik tentang negara Kaledonia Baru, yang salah satunya adalah dihuni oleh penduduk asli jawa dan mempergunakan bahasa tradisional bahasa jawa. Namun mayoritas penduduk di Kaledonia Baru ini adalah suku Melanesia dan sebagian lagi adalah berbahasa Perancis.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

boban