Fakta Seputar Astrid Lindgren, ‘Si Kaus Kaki Panjang’

Fakta Seputar Astrid Lindgren, 'Si Kaus Kaki Panjang'

Buat kalian yang lahir di tahun 90an pasti tidak asing dengan . Seorang yang karyanya melegenda. seorang berkebangsaan Swedia, lahir pada tanggal 14 November 1907 dan wafat pada tanggal 28 Januari 2002 di Stockholm.

Di kenal sebagai yang sukses, mempunyai karya yang bersifat universal. Kata-kata dalam setiap tulisannya sederhana dan mudah dimengerti, selain itu tulisannya yang selalu menyiratkan kesederhanaan adalah salah satu alasan mengapa tulisan dia begitu digemari. Mau tahu fakta-fakta seputar ? Yuk, kita lihat!

Seorang jurnalis sebelum jadi

Fakta Seputar Astrid Lindgren, 'Si Kaus Kaki Panjang'

-anak ternyata bukanlah pekerjaan pertamanya, sebelumnya Lindgren adalah seorang jurnalis sekaligus sekretaris di surat kabar lokal ketika dia berusia 17 tahun, namun setahun kemudian dia dihamili oleh bosnya yang berumur 49 tahun seorang ayah dari tujuh anak membuat nya terpaksa  menitipkan putranya setelah lahir kepada keluarga angkatnya dan memilih tinggal di Stockholm untuk bekerja sebagai juru ketik. Lindgren kemudian menikah pada tahun 1931 dan mendapatkan putranya kembali.

Baca juga  10 Jenis Pekerjaan Menulis Paling Populer di Dunia

Selama Perang Dunia II Lindgren bekerja menyensor surat untuk pemerintah Swedia yang kala itu bersifat netral terhadap Perang Dunia II. Hingga ketika sang putri mengalami sakit radang paru-paru Lindgren tergerak hatinya. Dia memimpikan aksi untuk melawan fasisme yang dia tuangkan dalam buku-buku yang dia tulis.

Karya pertamanya Pippi Longstocking, membuat sastra anak Swedia dikenal seluruh dunia

Fakta Seputar Astrid Lindgren, 'Si Kaus Kaki Panjang'

Buku pertama Astrid adalah Pippi Si Kaus Kaki Panjang (Pippi Longstocking) yang terbit pada tahun 1945. Karakter Pippi Langstrump (dalam bahasa Swedia) diciptakan untuk menyenangkan putrinya Karin, yang sedang sakit.

Sosok Pippi berkarakter subversif, berjiwa besar dan tukang onar. Dia juga penyendiri. Banyak yang percaya sifat-sifat Pippi tersebut mirip saat Lindgren beranjak dewasa. Berkat buku Pippi Longstocking inilah sastra anak Swedia menjadi terkenal di seluruh dunia. Menjadikan Pippi salah satu ikon feminis di dunia kepenulisan. Bahkan buku ini diterjemahkan kedalam 25 bahasa dan terjual 145 juta kopi, membuat kiprah di dunia kepenulisan dikenal hingga seluruh dunia.

Baca juga  Cara Memperoleh Uang dari Kegiatan Menulis

Selain juga seorang scripwritter

Fakta Seputar Astrid Lindgren, 'Si Kaus Kaki Panjang'

Selain juga seorang scripwritter. Beberapa bukunya pernah diangkat ke layar lebar. Selain itu, banyak film pernah dibuat berdasarkan cerita yang ditulis . Sebagian besar film tersebut dibuat di Swedia dan Rusia. Film-film tersebut diantaranya :

  • Maserdetektiven Blomkvist (1974)
  • Pippi Langstrump (1949)
  • Rasmus, Pontus och Toker (1956)
  • Bara roligt i Bullerbyn (1960)
  • Dan masih banyak lagi.

Karyanya menginspirasi

Fakta Seputar Astrid Lindgren, 'Si Kaus Kaki Panjang'

memberi inspirasi kepada seluruh dunia melalui buku-buku yang dia tulis. Setiap tulisannya mengandung nilai moral, sosial dan pesan kebaikan. Lebih dari 60 judul  buku yang dia tulis dan diterjemahkan kedalam berbagai bahasa diantaranya :

  • Pippi Longstocking alias Pippi Langstrump
  • Serial anak Bullerbyn
  • Lotta
  • Mio my song
  • Serial Emil dll
Baca juga  Selamat Jalan Hilman Lupus, Karyamu Akan selalu dikenang

Penghargaan yang diterima

Menjadi yang berhasil menelurkan puluhan buku dan menginspirasi banyak orang di seluruh dunia, membuat Astrid Lindgren mendapat banyak penghargaan. Diantaranya:

  • Hans  Christian Andersen Award (1958)
  • Lewis Carroll Shelf Award untuk Pippi Langstrump (1973)
  • Internasional Book Award dari UNESCO (1993) dan masih banyak lagi.

Bahkan karena kehebatannya oleh pemerintah Swedia, namanya diabadikan dalam mikrosatelit Swedia bernama Astrid yang diluncurkan pada 24 Januari 1995. Instrumen-instrumennya pun diberikan nama tokoh karakter bukunya seperti PIPPI (prelude ini Planetary Particle Imaging) Emil (Electron Measuremebts ini situ and light weight) dan Mio (Miniatur imaging Optics) hingga dia diangkat sebagai “the Sweden of the year” pada ulang tahunnya yg ke-90.

Nah, itu dia beberapa fakta mengenai Astrid Lindgren Si Kaus Kaki panjang. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ofieTanpaKumis