Fakta Unik Panda Yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Fakta Unik Panda Yang Mungkin Belum Kamu Tahu! 1

Duhh… Siapa di sini yang belum pernah melihat hewan gembul nan menggemaskan yang satu ini? Pasti sudah pernah ya. Meskipun tidak secara langsung, tapi biasanya lewat media lain seperti televisi dan internet pun pasti tersedia banyak gambar serta videonya. Aksi-aksinya yang lucu bikin setiap orang yang melihatnya pasti merasa terhibur.

sumber gambar : pinterest.com
sumber gambar : pinterest.com

Warnanya yang khas hitam putih menjadi daya tarik tersendiri bagi panda sebagai hewan mamalia yang jarang dimiliki oleh binatang lainnya, kecuali zebra, dan kehidupan manusia. Iya manusia, hidupnya kan kadang juga hitam putih, hiks.

Eh selain hal tersebut, panda biasanya sering ditemukan di kawasan Asia. Dan hewan ini lebih giat menempati daerah di sepanjang dataran tinggi Tibet, tepatnya Cina Barat Daya. Meskipun panda masih tergolong dalam family-nya beruang, tapi panda berbeda lho dengan beruang kebanyakan. Sebab seperti yang kita tahu secara umumnya, jika beruang biasanya memakan daging-dagingan atau madu, eh si beruang panda ini justru makanan favoritnya adalah bambu. Wah sungguh vegetarian sejati yah.

Nah ditinjau dari liputan6.com, bambu biasanya mengandung gizi yang sedikit dan oleh sebab itu si panda setiap harinya mesti mengonsumsi 12-38 kg bambu guna memenuhi kebutuhan energinya.

Meskipun mempunyai wajah yang menurut saya justru seperti hantu wkwk, karena bulatan hitam di kedua matanya, namun hal tersebut tidak menyurutkan akan rasa gemas saya kepada panda. Oke lah kalau begitu,  yuks simak fakta-fakta unik dari salah satu beruang yang satu ini.

1. Banyak Waktunya Habis hanya untuk Makan

Makanya badannya gembul ehehe, lah wong si panda doyan banget makan. Hem, ternyata panda raksasa bisa menghabiskan 10-16 jam sehari hanya untuk makan-makan doang lho. Yaelah lama bener. Kalau para human di bumi pakai waktu segitu untuk apa ya? Pasti kalau kawula muda +62 dipakai buat rebahan aja nih ye wkwkwk.

 Nah panda adalah salah satu jenis binatang herbivora, dan makanan utamanya adalah bambu. Ia membutuhkan sekitar 2 jenis bambu berbeda guna mengatasi rasa laparnya. Panda harus makan 20-40 pon bambu saat hidup di alam liar. Di mana daun-daun bambu memiliki kandungan protein yan lebih tinggi daripada batangnya.  Sehingga, mereka benar-benar mesti menjaga pola makannya dan menyesuaikan dengan siklus pertumbuhan  bambu.

2.  1% Makanan Panda Bukanlah Bambu

Ya ya ya, meski 99%-nya adalah bambu, tapi jangan salah bahwa panda pun mampu mengonsumsi makanan selain tanaman bambu. Contohnya saja seperti telur, hewan kecil, kacang merah, labu, bahkan sedikit daging. Ini karena panda masih berkeluarga dengan hewan beruang. Dan panda raksasa lah yang memiliki pencernaan untuk mengonsumsi daging. Meski begitu, mereka masih loyal kok dengan menjadi pemakan bambu.

3. Bisa Makan Makanan yang Padat Saat Usianya 3 Bulan!

sumber gambar : pinterest.com
sumber gambar : pinterest.com

Di umur segitu, manusia mungkin masih meminum ASI ibunya ya. Berdasar info dari idntimes.com, bayi panda yang berusia 3 bulan sudah mulai berjalan menggunakan 4 kakinya dan sudah mulai makan bambu.

4. Panda Tidak Meraung

Tidak seperti kebanyakan beruang biasanya yang suka meraung dan membuat kita ketakutan, panda justru sebaliknya. Mungkin kita bisa mendengar suaranya yang kecil namun tidak segalak seperti yang nampak pada beruang umumnya.

Nah itulah fakta-fakta unik panda yang mungkin belum kita ketahui secara pasti belakangan ini. Sekian, dan terimakasih sudah membaca.

Referensi :

  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/4640267/6-fakta-menarik-tentang-panda-yang-jarang-diketahui
  • https://www.idntimes.com/science/discovery/abraham-herdyanto/fakta-unik-panda/10

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.