Fakta unik seputar petir, kamu sudah tahu belum?

Fakta unik seputar petir, kamu sudah tahu belum? 1

Petir atau halilintar adalah gejala alam yang terjadi ketika atau sedang  turun hujan. Petir terjadi karena adanya awan bermuatan positif dan negatif  yang menyebabkan perbedaan energi potensial yang besar dan kemudian mengakibatkan pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi.

 Menurut mitos yang ada, petir berasal dari dewa Zeus yang mengayunkan tongkatnya atau Thor yang memukulkan tongkatnya. Padahal petir bisa dijelaskan secara ilmiah.  Dibalik kilatan cahaya yang menakutkan itu tersembunyi fakta yang menakjubkan tentang petir yang wajib kamu tahu, berikut ulasannya!

Fakta unik seputar petir, kamu sudah tahu belum? 3

1. Selain di bumi, petir juga terjadi di planet lain

Petir muncul akibat adanya tumbukan muatan positif dan negatif di awan. Ternyata fenomena petir tidak hanya terjadi di bumi, tapi terjadi juga di planet lain yang memiliki atmosfer contohnya di Planet Venus.

Walaupun nampak indah saat diliht dari luar angkasa, ternyata Venus merupakan salah satu planet paling berbahaya di Tata Surya. Venus mempunyai suhu yang sangat panas dan tekanan udara yang tinggi. Petir juga kerap menyambar di atmosfer Venus. Petir yang terdapat di Venus tergolong unik karena tercipta dari awan yang mengandung asam sulfurik dan bukan dari awan hasil kumpulan uap air.

Selain di Venus fenomena petir juga terjadi di Saturnus.  Pada tahun 2009 wahana luar angkasa Cassini mendeteksi adanya kilatan cahaya dan gelombang radio yang muncul di atmosfer Planet Saturnus yang menandakan  adanya badai dengan durasi berbulan-bulan yang terjadi di Planet tersebut.

2. Petir ada yang berbentuk bola

Sebagian orang menganggap petir berbentuk dari kliatan cahaya yang bercabang menyerupai ranting tapi ternyata ada juga petir yang berbentuk bola yang kemudian dikenal dengan petir bola. Fenomena petir bola biasa terjadi tepat setelah petir menyambar.  Namun dalam fenomena yang terjadi pada tahun 2014 di Inggris petir bola muncul di kabin pesawat tepat sebelum kilatan petir menyambar di hidung pesawat. Hingga sekarang, tidak ada yang bisa menjelaskan apa penyebab dari munculnya petir bola.

petir menyerupai bola
petir menyerupai bola

3. Venezuela, tempat dengan sambaran petir terbanyak

Di Delta Catatumbo, Venezuela kilatan cahaya akibat sambaran petir merupakan pemandangan yang amat sering dijumpai. Tidak tanggung-tanggung petir di tempat tersebut  bisa muncul 280 kali setiap jamnya. Fenomena petir massal selama 260 malam setiap tahun dan bisa bertahan selama 9 jam setiap bulannya. Akan tetapi pada bulan Januari dan Februari petir lebih jarang muncul akibat puncak musim kemarau. Namun di puncak musim penghujan yang jatuh pada bulan Oktober, intensitas petir yang muncul bisa mencapai puluhan kali setiap menitnya.

4. Cerita rambut tiba-tiba berdiri sembelum disambar petir

Di tahun 1975 , McQuilken bersaudara  melakukan pendakian Bukit Moro di California. Ketika sudah berada di puncak McQuilken bersaudara kemudian berpose dengan maksud mengabadikan momen liburan mereka. Saudari mereka yang bernamaa Marry yang bertugas memotret mereka . Ketika McQuilken bersaudara tengah berdiri sambal menunggu untuk difoto mendadak rambut keduanya berdiri, bukannya takut mereka malah merasa senang karena penampilan mereka nampak lucu. Setelah difoto tiba-tiba tempat mereka berdiri menjadi dingin. Hujan es juga mulai berhamburan di tempat tersebut. Saat mereka bertiga sedan bergegas untuk berteduh tiba-tiba timbul sambaran petir. Michael terhempas ke tanah akibat sambaran tersebut, namun ia dan saudara perempuannya tidak mengalami luka serius. Ketika mereka melihat ke arah Sean, dia nampak hangus karena sambaran petir. Belakangan diketahui kalau penyebab kenapa rambut mereka berdirisendiri saat difoto adalah karena petir hendak menyambar di tempat tersebut.

Nah, itulah fakta unik seputar petir semoga bermanfaat!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ofieTanpaKumis