Film Adaptasi Novel Indonesia yang Tayang di 2021

Film Adaptasi Novel Indonesia yang Tayang di 2021 1

Novel-novel laris di Indonesia (entah bergenre apa saja) berkemungkinan besar digarap menjadi film. Sebab, novel best seller ketika dijadikan sebuah film, memiliki peluang yang lebih besar meraup keuntungan banyak. Hehe~. Mari kita tilik satu dekade terakhir, beberapa novel Indonesia seperti; 5cm (2012), Tenggelamnya Kapal Van Der Wick (2013), My Idiot Brother (2014), Nada Untuk Asa (2015), Sabtu Bersama Bapak (2016), Dear Nathan (2017), Dilan 1990 (2018), Bumi Manusia (2019), Imperfect (2020), berhasil diadaptasikan menjadi film dengan sangat baik. Dan memang tradisi ini (mengadaptasikan novel ke film) bakal semakin digemari, karena banyaknya novel-novel keren yang kian ramai muncul berkat platform menulis.

Berikut daftar film adaptasi novel Indonesia yang tayang pada tahun 2021 ini:

1. Geez & Anna Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, karya Nadhifa Allya Tsana alias Rintik Sedu. Bergenre drama-romantis. Film yang disutradarai oleh Rizki Balki, produksi MVP Pictures ini ditayangkan pertama kalinya bulan Februari 2021 silam, di Netflix. Bercerita tentang perjalanan asmara sepasang muda-mudi nan tengah jatuh cinta, lalu menemukan makna dari sebuah kata ‘komitmen’. Perjalanan cinta Geez dan Ann tak berjalan mulus.

Geez dan Ann mencintai satu sama lain, namun Geez yang mesti berkuliah di luar negeri, membuat mereka mau tak mau harus menjalani hubungan jarak jauh. Sejak itu hubungan keduanya menjadi rumit. Masalah terus bermunculan, Ann ditentang keluarga, sakit hati oleh sebab kebohongan di saat-saat cinta mereka berdua semakin dalam.

Film Adaptasi Novel Indonesia yang Tayang di 2021 3

2. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Film ini ditayangkan perdana pada segmen Concorso Internazionale dalam ajang Locarno International Film Festival 8 Agustus 2021 di Swiss, dan selanjutnya akan segera tayang di Bioskop CGV. Film yang diadaptasi dari novel karya Eka Kurniawan ini turut menggandeng Marthino Lio, Ladya Cheryl, Reza Rahadian, Ratu Felisha, dan Sal Priadi sebagai pemeran utama.

Film yang disutradarai oleh Edwin ini juga akan bersaing merebutkan Golden Leopard di kompetisi internasional, Concorso Internazionale, yang berlangsung pada 4-14 Agustus 2021. Jalan ceritanya, Ajo Kawir (Marthino Lio), seorang impoten. Atas sebab itulah ia berhasrat untuk selalu ingin bertarung. Ketika berhadapan dengan seorang petarung perempuan tangguh bernama Iteung, Ajo babak belur hingga jungkir balik, dan dia jatuh cinta. Bagaimana kisah selanjutnya? Patut untuk ditunggu!

Film Adaptasi Novel Indonesia yang Tayang di 2021 4

3. Garis Waktu Film ini disutradarai oleh Jeihan Angga dan Hanung Bramantyo. Dan lagi-lagi Reza Rahadian menjadi pemeran utamanya, ditemani Michelle Ziudith dan juga Anya Geraldine. Film drama Indonesia yang diadaptasi dari lagu dan novel berjudul sama karya Fiersa Besari. Belum diketahui secara pasti kapan dan di mana film “Garis Waktu” akan tayang, namun kemungkinan besar salah satu platform streaming akan menjadi pilihan. Oh iya, FYI, Film ‘Garis Waktu’ ini mengambil Jogjakarta sebagai tempat syuting.

Film Adaptasi Novel Indonesia yang Tayang di 2021 5

Hei, pecinta film Indonesia … Dua dari tiga film di atas belum tayang, loh … Bagi yang tak sabar menunggu, pantau dan kawal terus, ya! 

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aullia Akbar