Film-Film yang Bakal Mengenalkanmu Dengan Budaya Indonesia

Film-Film yang Bakal Mengenalkanmu Dengan Budaya Indonesia

Film menjadi semakin banyak peminatnya di masa pandemi seperti sekarang ini, walaupun tidak bisa langsung pergi ke Bioskop, namun sekarang sudah banyak platform yang menyediakan akses untuk menonton berbagai genre film, salah satunya film yang akan mempertontonkan sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Mungkin sudah banyak film luar negeri yang kalian tonton, namun sadarkah kalian bahwa Indonesia punya banyak Film yang bukan hanya menghibur namun juga akan mengenalkanmu dengan .

Berikut ini bertema Kebudayaan yang akan semakin memperkenalkanmu dengan .

1. – Senandung Diatas Awan

Poster Film Denias – Senandung Diatas Awan
Poster Film – Senandung Diatas Awan

merupakan film dokumenter garapan sutradara John De Rantau . Film ini berkisah pada tokoh utamanya yang bernama , merupakan anak suku pedalaman Papua yang berjuang demi  pendidikannya di Papua. Film ini akan mengeskplor kebudayaan anak suku pedalaman Papua. Selain itu, film ini juga diangkat berdasarkan kisah nyata sehingga adat masyarakat Papua akan tersaji sangat baik difilm ini. Penonton akan dibuat tersadar betapa sulitnya menyecap pendidikan di pedalaman Papua.

Baca juga  7 Aktor / Aktris Film Indonesia yang Tidak Cocok Berperan di Filmnya

2.

Poster Film The Mirror Never Lies
Poster Film

Film ini disutradarai oleh Kamila Andini dan berhasil meraih penghargaan sebagai film terbaik pada ajang  Festival pada tahun 2011. Film ini berkisah tentang perjalanan seorang gadis kecil bernama Pakis yang berusaha mencari sang ayah yang hilang dilautan. Dalam film ini sangat di tonjolkan kebudayaan suku Bajo dan kekayaan laut Wakatobi sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia. Seperti tradisi pemakaian bedak putih di wajah oleh masyarakat pesisir. Selain alur cerita yang menarik, penonton akan dibuat terpukau oleh keindahan laut Wakatobi yang luar biasa menawan.

Baca juga  2 Rekomendasi Film Romance Indonesia yang Tayang di Bioskop Pertengahan Januari 2022

3.  

Poster film Ambu
Poster film

berkisah tentang Ambuh Misnah yang ditinggal anak perempuannya Fatma yang memilih pergi ke Jakarta meninggalkan kampung halamannya di Baduy demi seorang pemuda. Saat Fatma kembali pulang ke Baduy dengan membawa anak perempuannya yang bernama Nona, dari sinilah kemudian bermunculan konflik. Film ini akan menonjolkan kebudayaan suku Baduy. Selain mengenalkan budaya Baduy, film ini juga akan mengenalkan budaya Sunda sehingga sangat menarik untuk ditonton.

4.

Poster Film Bunga Lado
Poster Film Bunga Lado

atau Bunga Cabai adalah film berdurasi 20 menit karya mahasiswa pascasarjana Institut Seni Indonesia(ISI) Padang Panjar, Andri Maijar. Film ini bercerita tentang tradisi masyarakat Padang  tepatnya Parit Malintang yang disebut “Bunga Lado” dalam perayaan Maulid Nabi SAW.

Baca juga  Resensi Film Nussa, Persahabatan, Meraih Mimpi, Hingga Sentilan untuk Orang tua

merupakan tradisi menyambut Maulid Nabi dengan membuat pohon hias berdaunkan uang. Masyarakat akan berlomba untuk menyumbangkan uang yang akan diikat pada ranting-ranting Bunga Lado. Film ini akan mempertontonkan tradisi Bunga Lado secara mendetail sampai nanti pohon tersebut diarak dan dipajang didepan masjid.

Berikut beberapa yang mengangkat tema kebudayaan didalamnya sekaligus membantu kita lebih mengenal di daerah-daerah terpencil. Mungkin  banyak diantara kita yang terlalu berrpusat pada film-film asing hingga mengabaikan film-film dalam negeri sendiri. Padahal film-film dalam negeri banyak yang tak kalah bagus dibandingkan film-film luar terlebih film-film yang mengangkat tema kebudayaan Indonesia.

 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Deslislav