Film Karya Kreatif Generasi Muda Berpotensi Mengubah Cara Pandang Masyarakat terhadap Kekerasan Seksual

Film Karya Kreatif Generasi Muda Berpotensi Mengubah Cara Pandang Masyarakat terhadap Kekerasan Seksual

Pertumbuhan sistem demokrasi di Indonesia membantu masyarakat untuk memiliki kebebasan dalam menyampaikan pendapat. Namun beberapa topik tetap menjadi hal yang masih tabu untuk dibicarakan, salah satunya adalah mengenai kekerasan seksual.

Masih banyak kelompok masyarakat yang berpendapat bahwa kekerasan seksual merupakan hal yang sifatnya sangat pribadi dan merupakan aib yang sebaiknya tidak diketahui oleh orang lain, apalagi dibicarakan secara terbuka sekalipun dampak yang ditimbulkan sangat merugikan korban.

Baca juga  Film Pengabdi Setan 2 Akan Tayang & Bikin Bulu Kuduk Merinding, Simak Ulasanya Berikut Ini

Berdasarkan definisi oleh World Health Organization (WHO), kekerasan seksual adalah segala bentuk upaya tindakan seksual yang bertujuan untuk memperoleh tindak seksual dari seseorang tanpa memandang status maupun hubungan antara pelaku dan korban. 

Dilansir dari data milik Kemen PPPA, kekerasan seksual yang terjadi pada anak dalam tahun 2019 terjadi sebanyak 11.057 kasus, sementara pada tahun 2020 terjadi sebanyak 11.279 kasus, dan 12.566 kasus dari data terbaru pada tahun 2021, di sisi lain kasus kekerasan seksual yang dialami oleh perempuan sempat mencapai jumlah 8.800 pada tahun 2019 dan 2021, dan sempat mengalami penurunan di angka 8.600 kasus pada tahun 2020.

Baca juga  Film Inspiratif : Ranah 3 Warna

Banyak faktor yang mungkin mempengaruhi peningkatan angka kekerasan seksual di Indonesia, salah satunya adalah kurangnya wawasan terhadap kekerasan seksual dan masih kuatnya keyakinan masyarakat akan nilai-nilai tradisional dalam melihat seksualitas termasuk kekerasan seksual sebagai hal yang tabu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Abigail Nadya