7 Film Thriller Terbaik dari 5 Negara, Dijamin Menegangkan!

film thriller terbaik

Untuk kamu yang suka mencari ketegangan dari menonton film, coba tonton rekomendasi film thriller terbaik berikut.

Film thriller adalah genre film yang memiliki misi untuk membangkitkan ketegangan dalam diri penonton. Ketegangan ini bisa datang dari alur, efek suara, hingga adegan dan akting dari pemain.

Untuk kamu yang mencari rekomendasi film thriller yang seru dan menegangkan, tonton saja dari daftar film thriller terbaik berikut.

High and Low (1963)

high and low

Jepang menghasilkan banyak film thriller dari jenis kriminal, psikologis, hingga horor. Meski begitu, nyaris tak ada yang mengalahkan High and Low yang masuk dalam 13 film Jepang terbaik sepanjang masa.

Film ini menceritakan tentang Kingo Gondo, seorang eksekutif perusahaan sepatu nasional di Jepang yang mendapatkan telepon bahwa anaknya diculik.

Sang penculik minta tebusan dan Gondo sudah berniat untuk membayarnya. Namun, betapa kagetnya Gondo saat putranya tiba-tiba pulang ke rumah tanpa kurang suatu apa.

Ternyata, penculik salah culik, malah menculik putra dari sopirnya. Istrinya mendesak Gondo untuk tetap membayar tebusan dan menyelamatkan anak sopirnya.

Bagaimana cara Gondo menyelamatkan anak dari sopirnya tersebut sementara perusahaannya sedang dalam kesulitan keuangan?

Film arahan sutradara terkenal Akira Kurosawa ini mendapatkan rating sangat tinggi, hingga 95/100 di Rotten Tomatoes. Jadi, meski masih dalam tampilan hitam-putih, ketegangan yang dihasilkan tetap tidak berkurang.

Judul High and Low
Tahun Rilis 1963
Pemeran Toshirô Mifune, Yutaka Sada, Tatsuya Nakadai
Durasi 2 jam 23 menit
Rating 95/100 (Rotten Tomatoes), 8,4/10 (IMDb)
Penghargaan Mainichi Film Concours 1964 (Best Film, Best Screenplay)

Total 3 juara dan 3 nominasi di berbagai ajang

 

Marlina, si Pembunuh dalam 4 Babak (2017)

marlina si pembunuh dalam 4 babak

Indonesia juga tak kalah dalam menghadirkan film thriller. Kali ini, bukan thriller horor dengan hantu yang sering jadi andalan, namun psychological thriller yang menawan.

Marlina the Murderer in Four Acts bercerita tentang kisah Marlina (Marsha Timothy), perempuan Sumbawa yang tiba-tiba kedatangan 7 perampok di rumahnya. 

Tak hanya merampas ternak dan harta, para perampok tersebut juga merampas kehormatannya. Sementara itu, suami Marlina yang sudah menjadi mumi tampak duduk di sudut ruangan.

Dengan suatu muslihat, Marlina berhasil membunuh para perampok tersebut, bahkan memenggal kepala Markus. Ia kemudian berusaha mencari keadilan hukum sambil membawa kepala Markus kemana-mana.

Akankah Marlina berhasil mendapatkan keadilan yang ia cari? Lalu, bagaimana dengan Markus yang menguntit di belakang Marlina tanpa kepala? 

Meski tak mengandalkan hantu dan setan, Marlina berhasil menjadi film thriller terbaik Indonesia dan menyabet berbagai penghargaan dalam dan luar negeri. 

Bahkan, di Rotten Tomatoes, Marlina mendapatkan skor Tomatometer mencapai 98%. Jadi, jangan sampai terlewat menontonnya.

Judul Marlina, si Pembunuh dalam 4 Babak
Tahun Rilis 2017
Pemeran Marsha Timothy, Dea Panendra, Yoga Pratama, Efi Fedly
Durasi 90 menit
Rating Tomatometer 98%, Audience Score 79% (Rotten Tomatoes)
Penghargaan APFF 2018 (Best Cinematography), AACA 2018 (Best Sound, Best Cinematography), FFI 2018 (10 penghargaan)

Total 19 juara dan 26 nominasi di berbagai ajang

 

Split (2016)

split

Amerika merupakan gudangnya film dengan berbagai genre. Setiap genrenya ada ribuan lebih film yang sangat layak untuk ditonton.

Khusus untuk film thriller terbaik Hollywood, salah satu yang masuk rekomendasi adalah Split yang tayang di 2016.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Kevin Wendell Crumb (James Mcavoy), seorang pria dengan 24 kepribadian. Di antara kepribadian yang sering muncul di film ini adalah:

  1. Barry, seorang pengatur yang mengontrol kepribadian mana yang keluar
  2. Dennis, kepribadian yang suka melecehkan perempuan remaja 
  3. Patricia, kepribadian yang sering menceritakan tentang the Beast
  4. Beast, kepribadian yang agresif, kuat, dan ingin menghancurkan dunia untuk menyingkirkan mereka yang tidak murni

Dalam sebuah terapi, Dr. Karen mendapati bahwa Dennis sering mengambil alih peran Barry. Dennis bahkan menculik 3 remaja perempuan (Casey, Clair, dan Marcia) dan menyekap mereka di ruang bawah tanah kebun binatang Philadelphia.

Konflik semakin meningkat antara Dr. Karen yang berusaha menyembuhkan, 3 remaja wanita yang berusaha kabur, dan Kevin yang sering berganti kepribadian.

Apakah Dr. Karen berhasil menyembuhkan Kevin? Bagaimana nasib 3 remaja wanita tersebut? 

Well, kamu mengaku penggemar film thriller, akan sangat rugi jika kamu tidak menonton langsung film psychological thriller terbaik ini. Apalagi dengan akting James Mcavoy yang luar biasa.

Berkat akting Mcavoy, film ini berhasil menyabet 10 penghargaan dan 25 nominasi dalam berbagai ajang. Film ini sendiri mendapatkan rating 79% audience score di Rotten Tomatoes.

Judul Split
Tahun Rilis 2016
Pemeran James Mcavoy, Anya Taylor-Joy, Betty Buckley, Haley Lu Richardson
Durasi 1 jam 57 menit
Rating Tomatometer 77%, Audience Score 79% (Rotten Tomatoes)
Penghargaan CinEuphoria 2018 (Best Actor), Fright Meter 2017 (Best Actor), Hawai Film Critic Society 2018 (Best Actor)

Total 10 juara dan 25 nominasi di berbagai ajang

 

Parasite (2019)

parasite

Tak hanya drama romantis, Korea (Selatan) juga merupakan penghasil film thriller yang telah terbukti menghasilkan film thriller berkualitas. 

Salah satunya Parasite. Film thriller terbaik Korea ini memborong penghargaan di berbagai ajang, dari Oscar, Cannes, hingga Golden Globe Award.

Cerita ini mengisahkan tentang keluarga Kim Ki Taek yang tinggal di wilayah kumuh. Untuk membantu keuangan keluarga. Kim Ki Woo (anak pertama) mengambil kesempatan bekerja sebagai tutor les privat di rumah keluarga Park yang kaya.

Karena tertarik dengan prospek yang menggiurkan, Kim Ki Woo melakukan manipulasi untuk membawa semua anggota keluarganya bekerja di rumah tersebut. Bahkan hingga memfitnah dan menjebak pekerja sebelumnya bila perlu.

Awalnya, memang berhasil, namun kejadian demi kejadian membuat penipuan tersebut hampir terbongkar. 

Saat keluarga Park sedang berkemah, pelayan sebelumnya, Moon-Gwang, minta izin masuk rumah. Ternyata, Moon-Gwang menyembunyikan suaminya di basement rumah tersebut sejak 4 tahun lalu.

Konflik terjadi. Kebohongan terbongkar. Moon-Gwang berhasil merekam kebohongan keluarga Kim. Namun keluarga Kim berhasil merebut kembali rekaman itu.

Keadaan semakin menegangkan ketika keluarga Park yang kaya kembali ke rumah karena kemahnya batal. Konflik pun semakin meningkat hingga satu per satu darah tertumpah.

Bagaimana ending dari film komedi thriller yang fenomenal ini? Langsung saja tonton sendiri.

Film Parasite sendiri mendapatkan rating 8,6 dari 10 di IMDb dan skor Tomatometer mencapai 98%. Jadi, jelas untuk penggemar film korea, Parasite tidak boleh kamu lewatkan.

Judul Parasite
Tahun Rilis 2019
Pemeran Kang Ho Song, Sun Kyung Lee, Yeo Jeong Cho
Durasi 2 jam 12 menit
Rating Tomatometer 98%, Audience Score 90% (Rotten Tomatoes)
Penghargaan Oscar 2020 (Best Motion Picture, Best Achievement in Directing, Best Original Screenplay, Best International Film),

Total 305 juara dan 272 nominasi dalam berbagai ajang

 

Shutter (2004)

shutter

Thailand merupakan salah satu negara penghasil film horor thriller terbaik

Salah satu yang berkualitas adalah film Shutter yang pertama tayang tahun 2004. Film ini bahkan mengalami remake hingga 4 kali, dalam bahasa Telugu, Tamil, Inggris, dan Hindi.

Cerita berawal dari Jane dan pacar lelakinya, Tun, yang merupakan seorang fotografer menabrak seorang wanita. Namun, Tun melarang Jane untuk keluar mobil dan langsung membawa mobil mereka melarikan diri.

Sejak saat itu, Tun mulai mendapati bayangan misterius dalam hasil jepretannya. Jane menduga bahwa itu merupakan bayangan wanita yang mereka tabrak, tapi Tun tak percaya.

Selain itu, Tun juga mengalami sakit leher parah yang membuatnya sulit berpaling. Berat badannya juga naik 2 kali lipat tanpa ada tanda kelebihan makan ataupun kegemukan.

Dalam penyelidikannya, Jane berhasil mengungkap bahwa perempuan yang mereka tabrak adalah Natre. Ternyata, Natre mahasiswi yang dulunya satu kampus dengan Tun, bahkan merupakan mantan Tun.

Rahasia apa yang ada di balik hubungan Tun dan Natre? Kenapa Natre sekarang menghantui mereka? Tonton saja sendiri filmnya jika kamu berani.

Film ini sendiri mendapat rating 77 dari 100 di Rotten Tomatoes dan merupakan film horor Thailand dengan rating tertinggi di sana.

Judul Shutter
Tahun Rilis 2004
Pemeran Ananda Everingham, Natthaweeranuch Thongmee, Achita Sikamana
Durasi 1 jam 37 menit
Rating 77/100 (Rotten Tomatoes), 7.1/10 (IMDb)
Penghargaan Bangkok International Film Festival 2005 (Nominasi FIlm Terbaik), Gerardmer Film Festival 2006 (Best Video)

 

Cold War (2012)

cold war

Mandarin juga tak kalah dalam menghasilkan film thriller berkualitas. Di antaranya adalah Cold War (2012) yang memenangkan 9 penghargaan pada ajang Hongkong Film Awards 32.

Cold War mengisahkan tentang operasi pemberantasan terorisme yang penuh dengan aksi dan ketegangan. Plot twist di dalamnya pun bahkan sulit ditebak oleh kritikus film kawakan sekalipun.

Cerita bermula dari 5 petugas unit emergensi kepolisian hongkong yang lenyap bersama dengan perangkat peralatan canggih. 

Investigasi menunjukkan bahwa para teroris telah mengetahui operasi ini, bahkan beberapa langkah lebih maju di depan kepolisian. Ini menunjukkan ada orang dalam yang terlibat.

Sebagai sebuah film thriller kriminal, tentu Cold War (2012) tak lepas dari adegan perkelahian, tembak-tembakan, dan kejar-kejaran berkecepatan tinggi. Diperankan aktor terkenal seperti Aaron Kwok dan Tony Leung, Cold War menghadirkan adegan aksi nomor satu dari para bintang Mandarin.

Akan tetapi, yang paling dipuji dari film ini adalah plot twist yang luar biasa sulit untuk ditebak. Buat kamu yang menyukai film thriller cerdas, jelas tak boleh melewatkan film ini.

Cold War atau Hon Zin sendiri termasuk film mandarin dengan rating tinggi di IMDb, mencapai 6,6/10.

Judul Hon Zin (Cold War)
Tahun Rilis 2012
Pemeran Aaron Kwok, Tony Ka Fai Leung, Charlie Yeung
Durasi 1 jam 37 menit
Rating 6,6/10 (IMDb), 61/100 (Rotten Tomatoes)
Penghargaan Bangkok International Film Festival 2005 (Nominasi FIlm Terbaik), Gerardmer Film Festival 2006 (Best Video)

 

Shutter Island (2010)

shutter island

Shutter Island merupakan film thriller yang mengkolaborasikan genre misteri dan psychological thriller dengan sempurna. Didukung oleh akting Leonardo Dicaprio dan Mark Ruffalo, film ini menyajikan plot yang cukup berat.

Edward Dennis (Dicaprio) dan Chuck Aule (Ruffalo) menyelidiki hilangnya Solando, tersangka yang menenggelamkan ketiga anaknya.

Penyelidikan berjalan buruk karena begitu mereka sampai di pulau Shutter khusus tahanan sakit Jiwa, badai datang. Ditambah lagi staf rumah sakit yang menolak memberikan catatan pasien, dokter yang sedang liburan, hingga larangan memeriksa lokasi tertentu.

Misteri semakin mencekam saat Dennis menemukan bahwa ternyata di pulau ini sedang berlangsung eksperimen terlarang untuk mengendalikan pikiran. 

Saat akhirnya Dennis berhasil membongkar kebenaran misteri ini, ia pingsan karena tak kuat menahan informasi yang ia terima.

Apa yang sebenarnya terjadi di pulau ini? Dan bagaimana nasib Dennis selanjutnya? Tonton saja sendiri dan bersiap-siap untuk menangkap plot twist yang tidak tertebak.

Shutter Island sendiri mendapatkan rating hingga 8,2/10 oleh lebih dari 1 juta user di IMDb. Jadi, sangat rugi jika kamu melewatkannya.

Judul Shutter Island
Tahun Rilis 2010
Pemeran Leonardo Dicaprio, Mark Ruffalo, Emily Mortimer
Durasi 2 jam 18 menit
Rating 8,2/10 (IMDb), 77/100 (Rotten Tomatoes)
Penghargaan Awards Circuit Community Award 2010 (Best Art Direction),

Gran Premio Internazionale del Doppiaggio 2010 (Best Picture, Best Supporting Voice Actor)

Total 11 juara dan 66 nominasi di berbagai ajang

 

Demikian 7 film thriller terbaik dari 5 negara berbeda yang sangat layak untuk kamu tonton. Tentu saja jika kamu tak memiliki mental kuat, jangan lupa ajak orang lain untuk nonton bareng.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.