Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik. Yakin gak Ingin Tahu?

Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik. Yakin gak Ingin Tahu? 1

Setiap individu atau masyarakat membutuhkan pendidikan. Pendidikan membantu seseorang untuk mendapatkan pemahaman dasar tentang peran dan peradabannya sebagai warga sipil.  Pendidikan penting bagi setiap individu maupun masyarakat. Tidak peduli di mana kita tinggal, sudah seharusnya kita memelihara sistem pendidikan agar kita tetap bisa melestarikan pengetahuan kita. Namun, wilayah geografis yang berbeda di setiap daerah ataupun negara membuat sistem pendidikan di berbagai negarapun berbeda.

Sistem pendidikan di setiap negara berbeda-beda. Tapi tahukah kamu negara manakah yang mempunyai sistem pendidikan terbaik? Yups, benar Negara Finlandia adalah salah satu negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia selain negara Jepang dan Korea Selatan. Kenapa Finlandia disebut sebagai negara dengan  sistem pendidikan yang terbaik? Yuk, kita simak ulasannya!

Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik. Yakin gak Ingin Tahu? 3

1. Pemerintah Finlandia ‘peka’ terhadap Pendidikan

Pemerintah Finlandia sangat sadar betapa pentingnya pendidikan karena mereka selalu memastikan warga negaranya mendapatkan hak yang sama dalam hal pendidikan. Di negara ini sekolah negeri lebih mendominasi tapi bukan berarti sekolah swasta tidak ada. Ada, walaupun tidak banyak dan kualitasnya pun secara garis besar tidak banyak berbeda. Pemerintah Finlandia memberi tanggung jawab sepenuhnya pada Kementrian Pendidikan Finlandia untuk meramu kerangka kebijakan ssstem dan implementasi kependidikan dalam hal ini adalah kurikulum. Bekerjasama dengan Agensi Kependidikan Nasional Finlandia kedua instansi ini bekerja sama dalam meramu tujuan pembelajaran serta isi dan metode pembelajaran untuk segala tingkatan sekolah.

2. Biaya sekolah gratis

Berbeda dengan di sejumlah negara yang masih terdapat kesenjangan antara sekolah negeri dan swasta, di Finlandia semua sekolah dianggap sama. Mereka tidak mengenal sekolah favorit atau unggulan. Di negara ini bahkan orangtua tidak perlu memikirkan biaya pendidikan yang biasanya akan semakin mahal seiring dengan baiknya kualitas, karena pemerintah membebaskan biaya sekolah termasuk baiaya makan siang, kesehatan dan transportasi.

3. Usia 7 tahun baru boleh sekolah

Kesiapan mental anak-anak adalah hal yang paling penting untuk memasuki dunia sekolah. Dan di negara ini, usia 7 tahun adalah usia yang terbaik untuk mulai sekolah. Walaupun banyak yang mengatakan hal ini terbilang telat bila dibandingkan dengan beberapa negara lain termasuk Indonesia , tetapi tidak lantas membuat anak-anak di Finlandia tertinggal dalam pelajaran. Mereka justru menjadi sangat kretaif  bahkan mereka bisa menentukan cara belajarnya sendiri dan mampu memecahkan masalah. Terbukti anak-anak Finlandia pernah menempati peringkat pertama dari tes Internasional Programme For International Student Assesment (PISA).

Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik. Yakin gak Ingin Tahu? 4

4. Jam sekolah

Pemerintah Finlandia percaya bahwa istirahat yang cukup memungkinkan siswa menyerap pelajaran lebih baik dan anak akan lebih fokus. Terbukti dengan jam sekolah yang pendek di negara ini. Bila di sejumlah negara mengharuskan siswa menghabiskan lebih dari setangah harinya di sekolah, negara Finlandia melakukan sebaliknya. Anak-anak Finlandia tidak dibaiarkan diforsir dalam belajar. Siswa SD di Finlandia menghabiskan waktu 4-5 jam perhari di sekolah. Siswa SMP dan SMA bahkan memiliki system yang sama dengan anak kuliahan yang datang ke sekolah pada jam mata pelajaran yang dipilih saja.

Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik. Yakin gak Ingin Tahu? 5

5. Bebas PR

Pemerintah Finlandia meyakini waktu belajar siswa di sekoalh sudah cukup baik, itulah sebabnya anak-anak di negara ini tidak diberikan pekerjaan rumah atau PR. Jikapun ada, itu akan sangat minim. Siswa di Finlandia memiliki jam istirahat lebih banyak dibandingkan negara lain yaitu tiga kali istirahat dalam sehari belajar di sekolah. Siswa dapat lebih leluasa mengerjakan hal lainnya di luar pendidikan, entah bermain, sekedar istirahat atau melakukan hobinya.

6. Tidak ada ujian nasional

Selain tidak ada PR di Finlandia juga tidak menggunakan system rangking dan tidak mengenal Ujian Nasional. Pemerintah percaya ,gurulah yang mampu menilai setiap kemampuan siswanya. Oleh karena itu mereka memberikan kepercayaan sepenunya kepada Guru untuk melakukan evaluasi belajar siswa.

Finlandia, Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik. Yakin gak Ingin Tahu? 6

Karena alasan di atas maka, tak heran jika Finlandia adalah salah satu negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ofieTanpaKumis