Fitur Add Yours Instagram Dapat Memicu Penyalahgunaan Data

Fitur Add Yours Instagram Dapat Memicu Penyalahgunaan Data

baru-baru ini merilis fitur baru yaitu sticker Add Yours. Fitur ini sedang menjadi tren baru dikalangan para pengguna . Namun, fitur ini juga dapat memicu pencurian data pribadi dan penipuan. Add Yours merupakan fitur yang ada dan dapat digunakan di story dengan cara seseorang dapat mengunggah atau meneruskan sebuah foto dan dengan menambahkan sticker Add Yours yang nantinya dapat diikuti oleh dan bisa menjadi suatu rantai posting-an.

Lewat sticker Add Yours ini, para pengguna juga dapat bertukar pesan lewat postingan dan kerap kali bisa dijadikan challenge untuk para pengguna. Namun, belakangan ini fitur Add Yours mendapat banyak sorotan dan tanggapan negatif karena menyadari bahwa fitur itu dapat memicu penyalahgunaan data seseorang atau pribadi. Para warganet mengaku sering kali melihat melalui fitur Add Yours yang ada di Insta Story meminta orang untuk berbagi variasi nama panggilan, alamat, rumah, nomor Handphone,

Baca juga  5 Manfaat Menggunakan Mode Gelap di Smartphone dan Media Sosial
hingga foto sambil memegang KTP atau SIM.

Karena banyaknya pengguna yang menggunakan fitur Add Yours, rupanya sudah ada beberapa orang yang mengalami kasus karena ceroboh menggunakan fitur ini. Salah satunya adalah seorang pengguna Twitter yang memiliki username @ditamoechtar_ yang membagikan cerita karena temannya terkan kasus penipuan karena menggunakan fitur tersebut. Pengguna Twitter tersebut mengungkapkan bahwa, penipu tersebut meminta transfer dengan menggunakan nama panggilan kecilnya yang membuat temannya itu percaya. “Pagi tadi temen saya telepon, nangis-nangis habis ditipu katanya. Biasalah, penipu yang telepon minta transfer gitu. Yang bikin temen saya percaya, si penipu manggil dia “Pim”. “Pim” adalah panggilan kecil temen saya, yang hanya orang dekat yang tahu. Terus dia inget dia abis ikutan ini (Add Yours),” kata Dita.

Baca juga  Cara Mengganti Tema dan Mendownload Konten di Instagram

Penggunaan fitur ini sebenarnya secara tidak langsung dapat membuka peluang untuk melakukan tindakan penipuan dan memicu . Melalui fitur Add Yours ini pengguna atau bahkan orang lain dapat melihat posting­-an yang mengikuti rantai posting tersebut. Hanya cukup klik stickernya pada Insta Story, kamu dapat melihat posting-an seluruh penggunanya yang memakai fitur tersebut.

Baca juga  Selain Pusat Kota Bandung, Berikut 6 Tempat Wisata Bandung yang Instagrammable

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan fitur Add Yours ini. Tetapi, pengguna harus lebih berhati-hati dalam penggunaan media dan posting-an yang menyangkut tentang data pribadi.  Jadi, kita harus tetap waspada dan bijak dalam bermedia sosial.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Regina Rosa Jeaneta