‘Food Truck’, Sensasi Kafe Dalam Sebuah Mobil

'Food Truck', Sensasi Kafe Dalam Sebuah Mobil 1

Tak banyak yang mengira bisnis food truck mampu mendatangkan irisan dan cocolan  rejeki yang tak kalah gurih dan lezatnyanya. Sejumlah pelaku dan pengusaha Food Truck   mampu mengantongi pendapatan yang tak kalah dari keuntungan restoran ternama. Dalam satu malam saja membuka layanan Food Truck  sejumlah pedagang mengaku mendapatkan pendapatan bersih mulai  Rp. 400.000,-  hingga Rp. 500.000,-  . Jika kondisi sedang ramai dan nasib sedang cerah, tak jarang dalam satu malam, satu gerai Food Truck bisa didatangi 150 hingga 200 orang permalam.  Food Truck merupakan sebuah konsep kafe tongkrongan yang semua aktifitasnya berada dalam satu kendaraan besar. Mulai dari aktifitas memasak, menyajikan, melahap, hingga bertransaksi semua dilakukan di area kendaraan besar.

Bisnis Food Truck ini  memang layak jika disebut sebagai bisnis kreatif. Bagaimana tidak, bisnis Food Truck seakan mengharuskan pelakunya untuk terus memutar otak dan mengguyur basah usaha yang dilakoninya dengan larutan ide kreatif dan brilian. Jika ingin dikerumuni pelanggan yang banyak, bisnis Food Truck mensyaratkan corak dan hiasan mobil yang cantik, menarik dan unik. Jika tidak, jangan harap, mobil yang sedianya dipakai untuk berjualan tidak akan dilirik dan didatangi calon pelanggan sedikitpun. Sejumlah pelakon bisnis Food Truck bahkan rela merogoh kocek pribadinya hingga puluhan juta rupiah untuk mewarnai dan melukis mobilnya layaknya kanvas sebuah lukisan maha karya. Penataan aksesoris mobilpun haruslah  fungsional dan ergonomis sehingga  terciptalah sebuah mobil Food Truck yang menarik, sedap dipandang dan artisitik. Seorang pelakon bisnis Food Truck juga dituntut cerdik dan pintar melakukan perancangan kelengkapan mobil sesuai fungsi dan tidak menyia-nyiakan sedikitpun ruang tanpa kegunaan yang jelas. badan, sayap, hingga dashboard mobil bisa disulap menjadi multi fungsi adalah tantangan bagi pelakon bisnis Food Truck agar bisnisnya terus eksis .  

 Di satu sisi,   pelayanan yang maksimal dan produk yang sesuai selera , hiasan mobil yang indah, cantik dan menawan, menjadi salah satu kunci sukses bisnis Food Truck ini.

Bisnis Food Truck ternyata juga memiliki banyak keunggulan lainnya dibandingkan usaha konvensional yang membuka lapak di pinggir jalan. Salah satunya adalah unsur praktis dan lebih bersih. Dikatakan praktis karena segala aktivitas mulai dari mengolah bahan, memasak, disantap dan bertransaksi dilakukan dalam satu mobil saja. Karena praktis, Food Truck juga memiliki keunggulan lain yakni terlihat lebih bersih  dibandingkan warung tenda yang sering dibuka di tepi jalan. Jika mobil rancangan didesain dengan pintar, maka segala aktivitas mulai dari memasak bahan baku, memasak air, menggoreng roti hingga menikmati sajian bisa dilakukan dalam satu truck atau mobil hasil modifikasi.

Sisi positif lain adalah Food Truck mudah bergerak kesana kemari dengan cepat. Tak sampai hitungan 30 menit, pelaku bisnis Food Truck bisa berberes dan berpindah ke tampat lain yang dirasa lebih strategis dengan mudah dan cepat tanpa harus kerepotan membawa banyak peralatan.

Walau demikian tak dipungkiri, Food Truck juga memiliki kelemahan yakni kurang tangguh  menghadapi cuaca tak bersahabat seperti hujan deras. Karena tak beratapkan tenda dan hanya bermodal payung, tak jarang Food Truck harus ikut berteduh dan menghentikan operasionalnya. (NATA)

ilustrasi FOOD TRUCK 
ilustrasi FOOD TRUCK 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Christof Nata