Food

5 Olahan Mie Legendaris Di Indonesia Yang Wajib Kamu Cicipi

Mie, sudah di kenal dari ribuan tahun lalu. Olahan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini, kini menjelma menjadi berbagai masakan yang khas di Indonesia, dengan nama, jenis dan bentuk yang berbeda di setiap daerah. Sejarah mie di indonesia, juga sudah ada sejak puluhan tahun lalu yang kini menjadi bisnis kiliner secara turun temurun. Keanekaragaman bumbu dan rempah yang ada di setiap daerah membuat olahan mie semakin kaya rasa.

Nah, jika kamu traveling kesuatu daerah di Indonesia, coba cicipi beragam aneka masakan olahan mie legendaris berikut ini. Dijamin 5 masakan mie khas indonesia ini bikin kamu ketagihan.

1. Mie Celor Pelembang

Mie celor merupakan salah satu makanan khas Palembang yang kelezatannya tidak kalah dari makanan khas palembang lainnya. Mie yang dipakai untuk membuat mie celor ini adalah mie yang berukuran besar. Dalam penyajiannya di lengkapi tauge, irisan telur, taburan slederi, bawang goreng dan udang satang yang di cincang.

Yang membedakan dari mie lainnya yakni racikan udang dan kuah sahtan yang memiliki ciri khas rasa tersendiri. Mie celor cocok dinikmati hangat-hangat karena cita rasa seafoodnya begitu kental.

 

2. Mie Aceh

Olahan mie bercitarasa pedas ini sudah sangat melekat bagi para pecinta mie. Bahkan kedai mie Aceh pun sudah ada di beberpa daerah. Sehingga penikmat mie Aceh tak perlu untuk jauh-jauh pergi ke Aceh. Masakan khas dari Kota Serambi Mekah ini, sudah ada sejak pukuhan tahun lalu. Dalam penyajiannya mie Aceh ditambah dengan irisan daging sapi, daging kambing, maupun makanan laut seperti udang dan cumi. Disajikan dengan sup sejenis kari dengan rasa gurih dan pedas.

Mie Aceh ada dua jenis, yakni Mie Aceh Goreng dan Mie Aceh Kuah. Mie Aceh dilengkapi dengan irisan bawang goreng, emping, bawang merah goreng, ketimun dan jeruk nipis.

 

Baca juga  5 Jajanan Khas Korea Yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Korea

3. Mie Ongklok, Wonosobo

Mie Ongklok merupakan salah satu makanan khas dari Wonosobo, yang rasanya unik dan enak. Banyak orang datang ke Wonosobo untuk mencicipi menu masakan olahan mie yang satu ini. Mie Ongklok terbuat dari rebusan mie kuning yang menggunakan kol, potongan daun kucai dan kuah santan kanji yang disebut loh. Sebagai pendamping, mie ongklok biasanya disajikan bersama sate sapi, tempe kemul dan kripik tahu.

Kenapa disebut mie ongklok, karena dalam proses perebusan mie, menggunakan ongklok, yaitu keranjang kecil dari anyaman bambu.

 

4. Mie Kopyok Semarang

Selain Lumpia, Semarang juga terkenal dengan masakannya yang legendaris, yakni Mie Kopyok. Jika dilihat, mie kopyok sepintas mirip dengan mie kocok Bandung. Perbedaannya adalah jika mie Bandungmenggunakan tambahan kikil, mie kopyok tidak menggunakan unsur daging sama sekali.

Dalam semsngkuk miekopyok berisi mie, potongan lontong, irisan tahun pong, tauge, irisan daun seledri, tambahan bawang goreng, kerupuk gendar yang sudah di remah. Kemudian disiram dengan kuah kaldu rempah.

 

5. Mie Koclok Cirebon

Mie Koclok adalah sup mie ayam Indonesia, khas dari kota Cirebon, Jawa Barat. Mie Koclok disajikan dengan sup bubur berwarna putih, yang terbuat dari kaldu ayam dan sup santan yang di koagulasi dengan pati jagung atau tapioka. Soal rasa, mie koclok tak kalah dengan olahan mie legendaris lainnya. Rasanya yang gurih dan lezat sangat menggiurkan. Mie Koclok disajikan dengan suwiran ayam, potongan telur, tauge, kol dan daun bawang.

Bagaimana? Penasaran dengan cita rasa 5 Mie legendaris di atas. Yuk, segera agendakan liburan Anda untuk mencicipi lezatnya mie legendaris yang tak lekang oleh zaman. (AF)

Related posts
Food

5 Cara Memasak Telur Dengan Baik dan Sempurna

Food

10 Camilan Keripik Kentang Dengan Rasa Unik di Dunia, Yuk Intip

Food

5 Jajanan Khas Korea Yang Wajib Kamu Coba Saat Berada di Korea

Food

10 Foto Makanan Yang Dipotong dan Disajikan Dengan Tampilan Yang Sempurna