Food

5 Tips Jitu Hilangkan Noda Gosong Pada Peralatan Masak

Noda gosong pada peralatan memasak memang menjadi masalah yang serius bagi para ibu-ibu. Sebab peralatan memasak selalu di gunakan sehari-hari dan wajib dijaga kebersihannya. Noda gosong biasanya di sebabkan karena saat memasak api terlalu besar atau waktu memasak yang terlalu lama.

Noda gosong yang tertinggal di peralatan memasak, selain tidak sedap dipandang juga membuat kita malas memasak.

Noda gosong pada wajan atau panci yang sering di gunakan untuk memasak, memang sulit untuk di bersihkan jika dicuci seperti biasa. Nah, berikut ini 5 trik jitu hilangkan noda gosong pada peralatan memasak yang sudah kami himpun dari berbagai sumber.

Cuka

Cuka mengandung asam asetat yang terbukti ampuh mengangkat kerak hitam di wajan atau panci. Cara membersihkan nida gosong menggunakan cuka cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramkan cuka ke dasar wajan atau ke noda gosong yang tertinggal saat memasak. Kemudian diamkan selama beberapa menit.

Asam asetat akan mulai bekerja dan memudahkan Anda menggosok bagian yang gosong. Setelah itu cuci seperti biasa menggunakan sabun dan bilas.

 

Baking Soda dan Air

Kebanyakan orang menggunakan baking soda untuk membersihkan permukaan setrika yang gosong. Namun, baking soda juga bisa di gunakan untuk membersihkan noda gosong pada peralatan memasak.

Caranya, campurkan baking soda menggunakan air, kemudian oleskan kebagian wajan yang gosong. Diamkan selama beberapa jam sampai hasil maksimal. Kemudian cuci wajan menggunakan sabun pencuci piring hingga bersih.

 

Gunakan Air Panas dan Sabun Pencuci Piring

Cara ini cukup efektif dan efisien karena bahan untuk membersihkan kerak gosong tersedia di rumah. Anda cukup merendam wajan atau panci yang gosong dengan air panas dan campurkan sabun pencuci piring. Atau merendam wajan yang gosong dengan cara di didihkan bersama sabun pencuci piring.

Setelah mendidih, diamkan beberapa saat. Kemudian cucilah seperti biasa menggunakan sabun hingga bersih.

 

Baca juga  5 Cara Memasak Telur Dengan Baik dan Sempurna

Garam

Selain untuk bumbu memasak, garam juga bisa membantu Anda membersihkan kerak gosong pada wajan atau panci. Caranya cukup mudah dengan isi air kedalam panci yang gosong kemudian tambahkan garam. Rebus air tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat panci dan cuci seperti biasa menggunakan sabun pencuci piring. Kerak hitam pada peralatan masak Anda akan lebih mudah terangkat.

 

Bawang Bombay

Bawang bombay mengandung phytochemical, yakni senyawa alami pada tumbuhan yang berfungsi sebagai penangkal kuman dan bakteri. Jika di aplikasikan sebagai alat pemberaih tentu saja bawang bombay akan mematikan organisme dan menghilangkan noda.

Cara, cukup iris bawang bombay kemudian gosokan pada bagian yang gosong. Jika noda gosong menggumpal, Anda bisa menyemprotkan nejur nipis untuk membantuk mengangkat noda. Biarkan selama beberapa menit. Kemudian cuci hingga bersih.

Nah, bagaimana bunda? Anda memiliki peralatan memasak yang sulit untuk di bersihkan karena noda gosong. Cara di atas bisa di praktikan agar peralatan memasak bisa kembali nersih dan kinclong. Selamat mencoba.