Food

6 Dagangan yang Sering Jadi Bahan Investigasi Acara Televisi

Jujur saja, bahwa kebanyakan dari kalian cukup gemar menonton acara-acara investigasi di televisi nasional bukan? Acara yang biasanya membongkar kecurangan yang sering kali terjadi di tengah kehidupan kita sehari-hari tersebut memang cukup menarik untuk diikuti dengan berbagai cakupan investigasi yang ditampilkan, mulai dari kasus makanan, birokrasi dan masih banyak lainnya.

Namun untuk kali ini, kami ingin menyajikan 6 dagangan yang menjadi langganan liputan acara-acara investigasi di televisi. Penasaran? Langsung saja kalian simak dibawah ini!

1. Gorengan Dengan Plastik

Salah satu kasus investigasi yang cukup ramai dalam beberapa tahun kebelakang, dimana tanpa disangka banyak sekali penjual gorengan yang menggoreng dagangannya dengan minyak dan plastik. Trik ini memang bisa dibilang sudah diketahui oleh seluruh penjual gorengan di tanah air, karena caranya yang mudah dan pastinya bisa membuat gorengan memiliki tekstur yang renyah dan tak cepat lemas. Namun apabila dikonsumsi oleh manusia, dapat berakibat buruk bagi tubuh yang secara alamiah tidak mampu mengolah zat plastik dan bisa menggangu kerja organ-organ tubuh.

 

2. Es Buah Dengan Es Air Tawar

Di negara kita, air bersih memang belum dapat diakses oleh semua orang dengan mudah. Hal ini menyebabkan harganya yang bisa dibilang cukup memberatkan bagi beberapa pihak. Salah satunya mungkin bagi para pedagang makanan yang menggunakan es, yang acap kali menggunakan air tawar untuk membuat es alih-alih air bersih yang layak konsumsi. Air tawar sendiri cukup berbahaya, karena masih belum bersih dari berbagai macam bakteri yang bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh anda.

3. Mie Dengan Formalin

Formalin memang miliki segudang manfaat, mulai dari menjadi bahan dasar pewarna, pembasmi kuman & hama, dan pastinya masih banyak lainnya. Namun bila digunakan sebagai pengawet makanan, nampaknya tidak akan menjadi ide yang baik. Zat Formalin tersebut dapat berdampak buruk terhadap organ-organ tubuh anda yang pastinya bukanlah hal yang baik. Tetapi, anda harus tau bahwa masih banyak pedagang Mie diluar sana yang menggunakan mie yang mengandung Formalin agar dapat bertahan lama tanpa basi sebelum dan bahkan setelah dimasak. Meski sudah banyak yang jera dan menggunakan bahan mie lain yang lebih aman, tapi kita harus tetap waspada dengan para pedagang nakal yang masih menggunakan mie yang mengandung zat berbahaya tersebut.

Baca juga  Inilah Penyebab Kenapa Saat Makan Buah Nanas, Lidah Terasa Gatal

 

4. Kerupuk Kulit dari Kulit Sepatu

Kerupuk Kulit memang sebuah camilan yang sangat lezat, apalagi bila digabung dengan makanan yang berkuah atau berminyak. Tapi, berhati-hatilah bahwa beberapa tahun lalu sempat terbongkar sebuah pabrik kerupuk kulit yang membuat kerupuk dari bahan bekas sepatu kulit. Secara mengejutkan, bekas sepatu kulit tersebut pastinya tidak higienis dan juga mengandung bahan kimia yang pastinya dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda.

5. Bakso dari Daging Tikus

Untuk yang satu ini, pastinya kalian semua sudah paham bukan? Sempat geger beberapa tahun lalu, bahwa ada sindikat penjual bakso yang menggunakan daging tikus sebagai bahan dasar daging untuk pembuatan baksonya akibat harga daging sapi dan ayam yang sempat naik pesat pada masa tersebut. Kabar baiknya, sudah banyak razia yang dilakukan badan-badan berwajib terhadap produsen baso yang cukup berbahaya tersebut. Bahkan isu ini pernah diangkat kedalam Sinetron dan acara komedi dalam beberapa tahun terakhir.

 

6. Siomay dari Ikan Sapu-Sapu

Mungkin bagi kalian yang suka memelihara ikan, sudah tak asing lagi dengan ikan sapu-sapu. Ikan ini biasanya dipelihara oleh para pemelihara ikan karena dapat membantu membersihkan kolam atau akuarium secara bertahap. Namun, karena pola makannya tersebut, ikan ini nampaknya kurang aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Namun beberapa pedagang licik sempat menggunakannya sebagai bahan campuran Siomay karena harga ikan yang sempat melambung beberapa tahun lalu. Dengan kemajuan sektor perikanan Indonesia dalam 3 tahun kebelakang, seharusnya kasus ini akan terus berkurang seiring dengan berkembanganya sektor perikanan tanah air.

Jadi itu dia 6 Dagangan yang sering masuk kedalam acara investigasi televisi nasional Indonesia, kalau kalian tahu dagangan lain yang belum masuk kedalam daftar ini, boleh banget kalian tuliskan dibagian komentar dibawah ini ya!

Baca juga  5 Olahan Mie Legendaris Di Indonesia Yang Wajib Kamu Cicipi
Related posts
Food

5 Mie Instant Korea yang Paling Laku di Pasaran Indonesia

Food

5 Olahan Mie Legendaris Di Indonesia Yang Wajib Kamu Cicipi