Food

7 Minuman Tradisional Ini, Bisa Hangatkan Tubuhmu Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, pasti udara akan terasa lebih dingin dari biasanya. Untuk menghangatkan tubuhmu, kamu bisa menikmati minuman tradisional khas Indonesia ini. Selain bisa menghangatkan juga menyehatkan karena kaya akan rempah-rempah.

Minuman tradisional khas Indonesia ini, berasal dari berabagai daerah, mulai dari jawa hingga sumatra.  Nah, berikut ini 7 minuman tradisional khas Indonesia yang cocok dinikmati saat musim hujan.

 

1. Wedang jahe

Minuman yang satu ini sudah sangat populer di masyarakat dan juga banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Wedang jahe sangat cocok untuk menjaga tubuh kita saat turun hujan, agar tetap hangat. Ekstrak jahenya akan membuat tubuh kita terasa hangat.

 

2. Bajigur

via Tastemade

Minuman khas dari Jawa Barat ini sangat cocok dinikmati saat turun hujan. Wedang bajigur ini merupakan minuman berbahan dasar santan kelapa yang ditambahkan bahan lainnya seperti gula merah, jahe, dan vanili sebagai pencetus aroma.

Wedang bajigur sangat cocok dinikmati saat malam hari atau saat turun hujan. Meskipun bajigur instan saat ini banyak dijual, namun sajian alami akan lebih terasa nikmatnya.

3. Sekoteng

via Tastemade

Minuman tradisional penghangat tubuh selanjutnya, adalah sekoteng. Sekoteng adalah sajian minuman yang berasal dari jahe dengan isian kacang, roti dan kolang-kaling. Dahulu minuman ini sangat mudah dijumpai pada malam hari didaerah jawa tengah maupun jawa barat.

Namun, saat ini sekoteng sudah mulai sulit ditemukan. Kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional atau di alun-alun.

 

4. Wedang ronde

via Tastemade

Minuman khas dari Yogyakarta ini memang saat cocok dinikmati saat malam hari atau saat cuaca sedang turun hujan. Wedang rode memiliki ciri khas dengan bola-bola sagunya. Selain itu di tambahkan kacang, potongan roti dan juga kolang-kaling kemudian disiram dengan air jahe panas.

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta minuman yang satu ini sangat mudah di jumpai di kawasan alun-alun Yogyakarta. Rasanya yang hangat karena ekstrak jahe, bisa menjadi alternatif kuliner kamu di Jogja.

 

Baca juga  10 Foto Makanan Yang Dipotong dan Disajikan Dengan Tampilan Yang Sempurna

5. Bir pletok

Bir pletok merupakan minuman khas Betawi, yang memiliki rasa yang nikmat. Terbuat dari racikan jahe, pandan wangi, sereh dan secang. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat bir pletok ini cocok di nikmati saat cuaca dingin.

 

6. Wedang secang

via Sarisecang.blogspot.com

Wedang secang di buat dari racikan kayu secang. Kayu secang inilah yang membuat warna dari wedang cenderung kemerahan. Selain kayu secang bahan lainnya untuk membuat wedang secang adalah jahe, sereh, kayu manis dan kapulaga.

Kamu dapat menikmati wedang secang ini di daerah Jawa Tengah.

 

7. Teh Talua

via Tastemade

Teh talua adalah minuman khas yang berasal dari Bukittinggi, Sumatra Barat. Minuman ini terbuat dari campuran teh, kuning telur, dan kayu manis. Meskipun terbuat dari kuning telur namun, minuman ini tidak beraroma amis. Dan minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin atau saat hujan.

Related posts
Kesehatan

5 Tips Mencegah Sakit Akibat Kehujanan

Traveling

6 Tips Berlibur Saat Musim Hujan Biar Ga Ngerasa Gagal