Fresh Graduate, Simpan Gajimu Untuk Ini!


Fresh Graduate, Simpan Gajimu Untuk Ini! 1

Kamu fresh graduate yang sudah medapat pekerjaan tetap?  Selamat! Dalam kondisi pandemi saat ini mendapatkan pekerjaan yang diharapkan tidak mudah. Mungkin gajimu belum terlalu besar. Namun kamu tetap harus bersyukur dan berhati-hati dalam menggunakannya.

Dalam mengelola gaji kamu harus mempunyai perencanaan yang matang. Jangan sampai hasil kerja keras selama satu bulan habis begitu saja. Salah satu point yang harus masuk dalam daftar pengeluaran adalah tabungan. Seperti halnya biaya transportasi dan makan, menabung harus menjadi pengeluaran rutin yang dianggarkan setiap bulan. Mengapa kamu harus menabung?

1. Untuk biaya kuliah lagi bagi kamu  yang ingin melanjutkan

Untuk dapat bertahan atau mengembangkan karier, kamu harus terus meng-upgrade ilmu yang kamu miliki. Salah satunya dengan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Biaya kuliah dari tahun ke tahun terus meningkat. Meski saat ini banyak beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, namun kamu tidak bisa mengandalkannya 100%. Karena itu kamu yang ingin melanjutkan kuliah,  harus membuat perencanaan yang matang.

2. Biaya menikah

Sudah bekerja dan hidup mapan secara ekonomi? Tahap berikutnya yang akan kamu hadapi adalah pernikahan. Kamu gak mau dong merepotkan orang tua untuk membiayai pesta pernikahanmu? Nah, kamu harus menyimpan gajimu untuk persiapan resepsi pernikahanmu.

3. Membeli rumah dan kendaraan

Rumah merupakan kebutuhan primer yang harganya terus melambung. Untuk mendapatkan rumah yang cocok, kamu harus bersiap uang yang tidak sedikit. Begitu juga kendaraan. Meski kendaraan merupakan kebutuhan skunder, namun sangat diperlukan, terutama untuk kamu yang mempunyai mobilitas tinggi.

4. Membantu orang tua

Dari lahir sampai besar dibiaya orang tua, tentu kamu ingin menyenangkannya. Meski tidak pernah meminta, sebagai ucapan terima kasih sebaiknya kamu menyisihkan sebagian uangmu untuk mereka. Hal ini akan membuat mereka semakin bangga padamu.

5. Modal membuka usaha sendiri

Ingin terus bekerja di perusahaan orang lain? Memang dengan bekerja di perusahaan orang lain kamu bisa berada di zona nyaman. Tetapi buat kamu yang suka tantangan, perlu mencoba membuka usaha sendiri. Nah untuk memulai usaha, kamu membutuhkan modal.

6. Jalan-jalan ke luar negeri

Setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan, kamu butuh waktu untuk refreshing. Salah satunya dengan jalan-jalan ke luar negeri. Untuk itu kamu membutuhkan uang yang cukup banyak.  Tergantung negara mana yang ingin dikunjungi.

7. Biaya cadangan

Meski saat ini kamu merasa nyaman dengan pekerjaanmu, bisa jadi suatu saat keadaan berubah. Kamu perlu menyiapkan dana untuk masa transisi saat kamu pindah kerja. Mungkin saja ada masa dimana kamu sudah tidak mendapatkan gaji dari tempat kerja lama dan belum juga mendapat gaji dari tempat kerja baru. Dana cadangan akan sangat membantumu pada kondisi seperti ini.

8. Rencanakan untuk investasi jangka panjang

Kebutuhan di masa mendatang tidak dapat diprediksi. Untuk mengantisipas hal tersebut kamu perlu menginvestasikan uangmu. Dengan begitu kamu tidak perlu merasa kekurangan di kemudian hari. Investasi juga kamu perlukan untuk menghadapi merosotnya nilai tukar uang karena inflasi.

Kamu yang fresh graduate, sudah mendapat pencerahan tentang pentingnya menabung dari uang gajimu dalam artikel ini? Semoga bermanfaat yaa!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap