Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional

adalah yang berlaku dan juga digunakan secara sah di . Dalam beberapa praktiknya, ternyata memiliki fungsi-fungsi khusus.

Salah satunya adalah fungsi sebagai nasional. Ya kita tahu sendiri bahwa menjadi nasional yang digunakan dan berlaku secara legal di kita tercinta ini.

Namun, sebagai nasional banyak orang yang belum tahu maksudnya.

Untuk itu, di bawah ini akan kita bahas secara rinci mengenai fungsi bahasa Indonesia ini sebagai nasional yang berlaku di Indonesia. Penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Sebagai Identitas Nasional

Untuk  fungsi sebagai nasional yang pertama adalah sebagai salah satu identitas dari sendiri. bagaikan nama sebagai sebutan .

Misalnya saja jika Anda mengatakan maka semua orang sudah pasti tahu bahwa adalah milik berbeda dari beberapa lain.

Misalnya, Inggris di sana ada Inggris UK ada Inggris US dan lainnya.

Sedangkan hanya milik . Mungkin ada warga lain yang menggunakan akan tetapi tidak semuanya.

Oleh karena itu, bahasa ini bisa menjadi identitas dan sudah diakui oleh berbagai .

 

Baca juga  Berbagai Penyakit Dapat Menyerang Siapapun, Salah Satunya Hepatitis. Yuk Kenali Hepatitis Sejak Dini

Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Fungsi yang selanjutnya adalah sebagai alat pemersatu bangsa. Maksudnya bagaimana? 

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa memiliki berbagai jenis bahasa daerah di mana seriap daerah ini memiliki ciri khas masing-masing.

Walaupun satu tetapi jika berbeda daerah juga sudah berbeda bahasa. Bukan hanya bahasa akan tetapi terdiri dari berbagai suku,  ras, dan lain sebagainya.

Dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional inilah yang merangkul semua bahasa, merangkul semua suku, ras, budaya, dan lain sebagainya menjadi satu kesatuan yaitu bahasa Indonesia.

Dengan bahasa Indonesia walaupun berbeda kebudayaan masih tetap satu seperti Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

 

Sebagai Alat Komunikasi Nasional

Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Masih ada kaitannya sebagai alat pemersatu bangsa, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional juga sangat berfungsi secara semestinya.

Bahasa adalah alat komunikasi, akan tetapi bahasa Indonesia dikhususkan menjadi alat komunikasi nasional yang mempersatukan berbagai perbedaan dan juga keragaman budaya agar setiap orang dapat mengerti maksud dan tujuan dari apa yang mereka bicarakan.

Bahasa Indonesia berlaku di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Bahasa Indonesia sangat bermanfaat bagi kita semua bangsa Indonesia sebagai alat komunikasi yang berlaku secara legal dan di mana saja.

Misalnya Anda adalah orang tengah, ke Bandung dengan mayoritas mereka berbahasa Sunda dan Anda tidak bisa maka bisa menggunakan Bahasa Indonesia.

 

Baca juga  Piknik Asik Karimunjawa, Indonesia

Sebagai Kebanggaan Nasional Bangsa Indonesia

Bukan hanya sebagai identitas, pemersatu, atau sebagai alat komunikasi. Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu kebanggaan bangsa. Mengapa demikian?

Karena bahasa Indonesia memiliki ciri khas tersendiri yang dibuat dan tercipta karena persatuan bangsa. Bahasa Indonesia digunakan setelah berbagai menjajah Indonesia yang mulai menghilangkan bahasa Indonesia itu sendiri.

Namun karena perjuangan bangsa dan para pahlawan bahasa Indonesia kini digunakan secara nasional tanpa adanya campur tangan penjajah.

Dahulu banyak sekali masyarakat yang berbahasa Belanda karena saking lamanya penjajahan pada waktu itu, namun tentunya dari berbagai perjuangan mereka kini kita bangga berbahasa Indonesia dengan rasa yang bebas dan merdeka.

Itulah beberapa penjelasan beberapa fungsi dari bahasa Indonesia yang menjadi bahasa nasional.

Kini Anda sudah tahu maknanya maka jangan sampai melupakan bahasa kita sendiri walaupun Anda sudah sekolah, bekerja, atau hidup di luar negeri.

Bahasa Indonesia harus selalu berada di dalam kalbu agar tetap bisa digunakan sewaktu-waktu.

Untuk  fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional sendiri adalah sebagai identitas, pemersatu, alat komunikasi, dan kebanggaan. Kita harus bangga dengan bahasa yang kita miliki.

Jika bukan kita siapa lagi? Kita boleh belajar bahasa apa saja asal tidak melupakan bahasa Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi semuanya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Andra Hermawan