Gangguan Mental Pada Remaja? Berikut Ciri-Cirinya

Gangguan Mental Pada Remaja? Berikut Ciri-Cirinya

Kesehatan mental saat ini sudah banyak di perbincangkan. Sayangnya belum banyak yang aware terhadap Kesehatan mental para remaja kita saat ini.

Mengutip dari laman Alodokter gangguan mental sudah bisa dijumpai saat usia remaja.

Dan remaja di usia 13-18 tahun diperkirakan mengalami gangguan mental sebanyak 49,5% dan menderita penyakit mental sebanyak 22,2%.

Para orangtua diharuskan untuk sadar akan perubahan anak-anak. Mulai dari perubahan pola makan, tingkah laku dan sifat. 

Karena remaja yang mengalami gangguan Kesehatan harus segera mendapat penanganan yang tepat agar tidak berdampak buruk untuk anak.

Berikut beberapa ciri-ciri gangguan mental pada remaja yang harus di ketahui para orang tua:

Baca juga  Remaja: Saatnya Mencari 'Aku'

Tidak Dapat Mengontrol Emosi

Remaja yang memiliki gangguan mental biasanya sulit untuk mengatur emosi dan lebih sensitif. Dia bisa sedih dan marah secara bersamaan.

Ketika masrah dia akan lebih meledak-ledak dan sedih yang begitu mendalam. Selain itu dia juga merasa kalau dirinya selalu salah dan tidak berharga.

Prestasi Yang Menurun

Remaja yang memiliki gangguan mental akan mengalami masalah dalam proses belajar sehingga prestasi disekolah menurun. Hal ini juga dapat membuat fungsi kemampuan berfikir, mengingat dan memecah masalah jadi lebih lemah dari biasanya.

Perilaku Yang Tidak Wajar

Ketika anak remaja tiba-tiba berprilaku tidak wajar dari biasanya, para orang tua harus waspada.

Baca juga  7 Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja dan Ini Perlu Disikapi dengan Bijak

Karena hal itu bisa menjadi salah satu ciri gangguan mental.

Perilaku yang tidak seperti biasanya diantaranya mudah tersinggung, arogan, memberontak, atau menjadi seperti anak keci, sulit bersosialisasi, menarik diri dari lingkungan dan kehilangan minat melakukan hal yang di sukai.

Remaja yang memiliki gangguan ini merupakan ciri gangguan kecemasan dan dia merasa cemas yang berlebihan karena takut akan penolakan dan menghindar dari tempat ramai.

Melakukan Kebiasaan Buruk

Ciri lain yang bisa diketahui para orang tua adalah ketika anak remaja melakukan kebiasaan buruk seperti minum alcohol, konsumsi obat terlarang dan meroko berlebihan.

Baca juga  Dibalik Anak Muda yang Sering Mengalami Stres

Selain itu ketika anak suka menyakiti dan menyalahkan diri sendiri para orang tua harus lebih waspada.

Karena biasanya kebiasaan ini akan menimbulkan niat percobaan bunuh diri.

Perubahan waktu makan dan tidur

Hal biasa jika kita melihat anak remaja begadang dan perubahan porsi makan.

Remaja yang memiliki gangguan mental akan memiliki gangguan tidur yang cukup ekstream, seperti susah tidur, terlalu banyak tidur dan tidak bisa tidur sama sekali.

Selain itu kerap juga mengalami gangguan makan, seperti penurunan porsi makan ataupun porsi makan yang berlebih hingga menyebabkan obesitas.

Itu tadi beberapa ciri-ciri yang bisa di ketahui oleh para orang tua agar lebih aware dengan kesehatan mental anak-anak.

Para orang tua juga bisa langsung berkomunikasi atau berkonsultasi dengan ahlinya jika menemukan salah satu ciri tersebut pada anak remaja.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Kiki Nurma fitriani