Gimana sih cara agar kita bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri ?

Gimana sih cara agar kita bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri ? 1

Kepercayaan diri atau lebih dikenal dengan Percaya Diri (PD) merupakan suatu keadaan dimana kita mampu menguasai diri, berani dan mampu menilai kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri kita. Percaya diri tidak tumbuh disetiap individu, ada beberapa bahkan banyak individu yang masih mengalami rasa kurang percaya diri.

lalu bagaimana sih cara agar kita bisa lebih percaya diri? Berikut ada empat cara yang dapat kita lakukan. Yuk lihat dan simak !

1. Pahami dan kenali dulu siapa diri kita

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Penting loh untuk bisa memahami siapa diri kita, apa yang kita inginkan dan kita butuhkan. Kelihatan mudah memang untuk mengenali diri kita sendiri tetapi susah jika kita praktik kan, faktanya masih banyak loh individu yang masih kesulitan untuk bisa mengenali dan memahami diri sendiri, baik dalam mengenali kemampuan, keterampilan bahkan keinginan.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memahami dan mengenali diri, dimulai dengan, apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Dengan kita tahu apa yang kita butuhkan kita bisa memulai dengan hal-hal yang mendorong kita agar bisa lebih percaya diri, contohnya dengan mulai mengembangkan kreatifitas dan keterampilan yang kita miliki diikuti pula dengan motivasi serta kepercayaan terhadap diri sendiri tentunya.

2. Berani untuk bertanya

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Nah, dimulai dari bertanya dapat menumbuhkan rasa percaya diri juga loh ! dengan bertanya artinya kita mampu mendorong keinginan kita agar dapat memahami dan mendapatkan sebuah jawaban dari pertanyaan yang kita tanyakan. Kita ambil contoh seperti gambar di atas ada salah satu siswa yang bertanya kepada Gurunya tentang materi yang masih belum  dipahami, dengan cara bertanya ini dapat membuat rasa percaya diri kita tumbuh dan bisa mengurangi rasa malu juga.

3. Aktif mengikuti Organisasi

sumber : pinterest
sumber : pinterest

Dengan kita aktif dan sering mengikuti berbagai organisasi tidak hanya menumbuhkan rasa percaya diri, tetapi bisa menambah pengalaman serta wawasan dan lebih pandai dalam berinteraksi dengan orang lain dan tentunya public speaking kita semakin terasah ketika bergabung dalam suatu organisasi. Kesempatan berbicara, berkomunikasi dan menyampaikan pendapat itu juga dapat melatih keberanian dan kecakapan kita dalam menumbuhkan kepercayaan diri.

4. Jangan memikirkan perkataan orang lain

Sumber : pinterest
Sumber : pinterest

Cara yang terakhir, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan tidak memikirkan perkataan orang lain yang membuat kita merasa sedih, buatlah setiap perkataan dari orang lain adalah sebuah motivasi agar diri kita lebih berani dan percaya diri untuk melakukan sesuatu yang kita sukai selagi itu positif untuk kita dan tidak merugikan siapapun. Dengan cara itu kita bisa lebih termotivasi untuk malakukan hal kita sukai bukan yang orang lain sukai, perlu di ingat pula bahwa orang yang menjelekkan kita belum tentu dia lebih baik dari kita.

Tunjukkan kepada mereka yang telah memandang rendah bahwa kita mampu dan kita bisa melakukan segala sesuatu dengan kemampuan dan tekad kita. Buktikan pula bahwa perkataan mereka adalah sesuatu yang salah dan malah merugikan diri mereka sendiri dan secara tidak langsung menjatuhkan nama baik mereka sebagai individu yang tidak bisa menghargai sebuah usaha yang telah orang lain buat.

Nah, itu tadi empat cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang bisa kita praktikkan dalam kehidupan bersosial. Tapi, perlu diingat pula bahwa segala sesuatu yang ingin kita perbaiki itu tidaklah mudah tentu memerlukan waktu dan proses serta diberengi dengan niat, keberanian dan kesungguhan. Seperti kata-kata berikut ini, di paksa, terpaksa, lalu terbiasa.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Safilla Azhari Budiono