Gimana Sih Caranya Biar Dapat Nilai Fisika Sempurna ?

Gimana Sih Caranya Biar Dapat Nilai Fisika Sempurna ? 1

Siapa nih yang frustasi sama mata pelajaran fisika ? iya fisika yang hasilnya koma koma tuh . Bahkan ada yang bilang pelajaran fisika itu pelajaran paling gak guna banget , pasalnya ada beberapa soal yang emang suka menjebak pembaca  misalnya nih , ada satu soal yang panjang banget bahkan semua gaya yang berpengaruh ditulis semua sama si pembuat soal . Eh ternyata malah gaya gaya dan besaran yang ditulis tadi gak kepake semua dan bahkan ada yang udah dicari pakai rumus yang aduhai ribetnya malah hasilnya nol . Kan sebellll !!!

eittss , tunggu tunggu . Biar gak frustasi lagi . Simak yuk , tips tips yang pernah aku terapin dalam belajar fisika . Dijamin deh langsung jago fisika bulan depan . ngapain bulan depan? jago dari sekarang dong .

1. Membaca Dan Memahami Pokok Materi 

Pasti kalian pada bilang dalam hati , kalau mau pinter ya belajar ! Ya emang bener si , mana ada orang yang pinter tanpa belajar ? . 

Membaca dan memahami pokok materi itu maksudnya gimana nih? jadi ini bukan berarti kita harus menghafal keseluruhan materinya ya sobat . Tapi kita harus memperdalam pemahaman kita . Untuk itu tiap ada pergantian bab baru di sekolah , kita wajib nih bikin catatan atau rangkuman singkat tiap materi dalam bab tersebut . 

INGET YA GA SEMUA ! ga semua materi dalam buku atau media online kamu tulis dalam rangkuman kamu . Terus yang mana aja kak ? yang penting penting aja ya dan usahkan dalam membuat rangkuman tidak bertele tele . Jadi pas waktu mau belajar lagi itu gak belibet .

2. Menjabarkan Rumus 

Kalian tau sendiri kan fisika itu identik dengan banyaknya rumus . ini nih , salah satu faktor yang bikin kepala kita pening berkepanjangan . Ehh tenang masalah ini bisa diatasi kok . 

Dalam satu Bab pelajaran fisika rasanya tidak mungkin jika yang muncul cuma satu rumus aja . Mustahil kan , mustahil banget pasti . Namun tiap materi tersebut rumus antara satu dengan yang lain saling berhubungan loh sobat !  atau bahasa gampangnya tuh rumusnya mirip mirip gitu . Contoh : 

Pada materi Listrik Statis , materi pokok yang dibahas adalah Hukum Coulomb . Udah pada tau kan rumusnya yang ini 

F = k Q1.Q2 /R .R 

nah untuk rumus medan listriknya sendiri itu :

E = k Q/R.R 

lalu untuk persamaan Potensial listriknya : 

V= k Q/R 

nah dari 3 persamaan diatas menunjukkan bahwa rumusnya mirip mirip gitu . Biar lebih cepet pahamnya nih . kita harus menjabarkan gaya gaya atau besaran besaran apa aja si  yang berpengaruh dalam suatu persamaan . Terus apa aja si besaran yang berhubungan , kita juga harus cari tau ! . 

Persamaan diatas cuman salah satu contoh ya guys ! , jangan pening duluan wkwkwk . 

3. Buat Singkatan Dalam Menghafal Rumus

Ini nih masalah utama dalam perfisikaan , kadang tuh suka lupa rumus . kalo gak lupa ya kebalik gitu antara rumus ini sama rumus yang itu . Alhasil nilainya juga dibawah standar gitu , padahal pas belajar kek  “gue pasti bisa gue inget ” . Terus pas udah baca soal langsung tremor terus ngilang deh hafalannya . Padahal kalo kita tau triknya mah gampang banget . Aku kasih satu contoh nih , persamaan Hukum Coloumb yang diatas itu kan , 

F = k Q1.Q2 /R .R

Nah dari rumus itu kita bisa nih bikin singkatan unik kayak , Kakek Qu Qu Rempah Rempah . 

Usahakan waktu membuat singkatan kita pakek kata kata yang unik biar kita cepet inget ! 

4 . Coba Ngerjain Soal 

Hey hey kalo cuma ngehafalin materi kapan jagonya ? wajib dong nyoba ngerjain soal soal . Jangan mentang mentang udah hafal materinya terus ngak nyobain soal sama sekali , jangan ya sobat ! 

Tips dari aku nih ! Kerjain soal berdasarkan urutan tingkatan kesulitan . Ha? gimana nih maksudnya ? 

maksudnya tuh pertama kita nyoba ngerjain soal yang tingkat pertama atau yang dasar banget , gampangnya tuh soal yang easy gitu loh pahamkan .Buat pemanasan gitu . Jangan langsung ngerjain soal yang level HOTS . Kasian dong otaknya 🙁 nanti kaget . 

Setelah itu baru deh kita berlanjut ke model soal dengan level medium sampai HOTS dan seterusnya .

Udah nih itu aja tips yang bisa aku bagiin ke kalian semua . kalo diterapin secara teratur bakalan jago kok ngerjainnya . ini juga ngak hanya berlaku dimata pelajaran fisika aja ya sobat , kamu juga bisa menerapkan ini dimata pelajaran yang lain juga  . 

kalo mau pinter ya usaha , jangan rebahan mulu ! yuk bisa yuk . Semangat buat kamu <3d…

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.