‘Good Night’ Atau ‘Good Evening’?

'Good Night' Atau 'Good Evening'? 1

Good night dan Good evening merupakan sebuah salam dalam bahasa Inggris yang sudah kita pelajari sejak duduk di bangku sekolah dasar. Salam ini adalah bentuk salam paling umum yang digunakan ketika bertemu dengan orang lain, dan digunakan berdasarkan waktu. Selama sekolah, kita diajarkan waktu tersebut di bagi menjadi empat, pagi, siang, sore dan malam.

Maka salam yang di perkenalkan pun ada 4, yaitu:

  1. Good morning untuk selamat pagi
  2. Good Afternoon untuk selamat siang
  3. Good evening untuk selamat sore
  4. Good night untuk selamat malam

Penggunaan salam ini berlaku sesuai jam, di mana:

  1. Good morning digunakan sejak bangun hingga jam 10
  2. Good afternoon digunakan sejak jam 11 hingga jam 3 atau 4 sore
  3. Good evening digunakan sejak jam 4 hingga malam sekitar jam 7 malam
  4. Good night digunakan di atas jam 7 malam

Pertanyaannya, Apakah ini sudah benar?

Ternyata tidak 100%.

Penggunaan salam untuk pagi hari dan siang hari tidak memiliki masalah apapun, namun penggunaan salam good evening dan good night ternyata tidak seperti yang kita ketahui.

Good night secara harfiah memang berarti selamat malam, namun salam ini tidak bisa digunakan seenaknya hanya karena hari sudah malam. Good night diucapkan ketika kita ingin tidur atau mengantar seseorang untuk tidur. Good night sebenarnya berarti ‘selamat tidur’, bukan selamat malam. Selain selamat tidur, good night juga digunakan untuk salam perpisahan. Sebagai contoh, seandainya kita berpisah untuk pulang kerumah masing-masing dari bekerja, salam yang digunakan juga good night.

Sedangkan good evening, memang secara harfiah berarti selamat sore, tapi tidak berarti hanya digunakan pada sore hari saja. Good evening digunakan untuk menyapa ketika kita bertemu di malam hari, tidak berbatas jam berapapun. Jadi, jika kita bertemu dengan seseorang pada jam 10 malam, salam yang seharusnya diucapkan adalah good evening, bukan good night. 

Sebagai contoh, seandainya kita bertemu teman di malam hari di suatu tempat, ketika kita datang salam yang digunakan adalah good evening, dan salam yang digunakan ketika pulang alias berpisah adalah good night.

Kesalahan semacam ini mungkin tidak akan jadi masalah jika orang yang kita temui sama-sama tidak tau tentang hal ini, namun jika orang tersebut ternyata lebih baik dalam pelajaran bahasa Inggris, atau lebih parahnya orang asing alias bule, maka mereka akan menertawakan kita. Bukan menertawakan karena kita lucu, tapi karena kita kelihatan bodoh.

Jadi, mari kita berhenti mempermalukan diri sendiri mulai sekarang dengan mengucapkan good evening untuk menyapa orang lain di malam hari.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Laurent