Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Hadir, Seperti Apa Spesifikasinya?

Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Hadir, Seperti Apa Spesifikasinya? 1

Minggu lalu, tepatnya pada 19 Oktober 2021, Google sudah mengumumkan Google Pixel 6 dan Google Pixel 6 Pro yang akan segera meluncur di pasaran. Namun seperti apa spesifikasi kedua jagoan Google tersebut?.

Google Pixel 6 dan Google Pixel 6 Pro merupakan dua generasi terbaru dari smartphone besutan Google. Kalau Apple punya iPhone 13 series, maka Google  siap menantang dengan Pixel 6 series.

Tidak heran jika brand Google Pixel memang selalu menarik untuk ditunggu. Baik Pixel 6 maupun Pixel 6 Pro memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni, layaknya flagship dari brand lain.

Jangan berharap harga yang terjangkau untuk sebuah flagship ponsel pintar Google. Ya, bahkan harganya masih di atas ponsel flagship Android dari brand lain, misalnya Xiaomi, Oppo, ataupun Vivo dan lainnya.

Namun performa yang dimiliki tentu saja tidak tanggung – tanggung. Semua ini berkat perpaduan yang ciamik antara software dan hardware. Lantas, seperti apa spesifikasi Google Pixel 6 Pro dan Google Pixel 6?.

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro dan Pixel 6

Jika berkaca pada spesifikasi yang diusung, maka tidak berlebihan rasanya jika Google Pixel series adalah kasta tertinggi untuk smartphone Android. Bukan semata – mata karena ponsel pintar ini besutan Google. Namun memang spesifikasi yang dimiliki, mulai dari sisi hardware hingga software benar – benar mutakhir.

Layaknya flagship, harga Google Pixel di setiap serinya memang tidaklah murah. Tidak heran jika hanya segelintir orang yang bersedia meminang ponsel pintar besutan Google ini.

Google Pixel 6 Pro sebagai pilihan tertinggi menggunakan panel LTPO AMOLED berukuran 6.71 inchi, sementara Google Pixel 6 reguler dibekali dengan AMOLED berukuran 6.4 inchi dan hanya mendukung refresh rate 90Hz saja.

Google Pixel 6 Pro
Google Pixel 6 Pro

Bagaimana dengan performa?, jangan khawatir karena kedua smartphone ini dibekali dengan chipset yang sama kuatnya. Chipset Google Tensor (5nm) menjadi pilihan Google dipadukan dengan Mali-G78 MP20 sebagai pengolah grafis.

Demi menunjang performa multitasking yang mumpuni, Google Pixel 6 Pro dibekali dengan RAM 12GB. Tersedia 3 pilihan kapasitas memori internal, yakni 128GB, 256GB, dan 512GB.

Sementara saudaranya Google Pixel 6 mengusung RAM 8GB dengan pilihan memori internal berkapasitas 128GB dan 256GB. Disini jelas terlihat jika Google Pixel 6 Pro lebih unggul.

Kemampuan kamera keduanya juga berbeda, dimana Google Pixel 6 Pro tentu saja lebih unggul dengan tiga buah kamera belakang, sementara versi regular dengan 2 buah kamera.

Google Pixel 6
Google Pixel 6

Google Pixel 6 Pro dibekali kamera beresolusi 50MP sebagai main camera, 48MP telephoto camera dengan kemampuan 4x optical zoom, dan juga lensa beresolusi 12MP sebagai kamera ultrawide.

Sementara saudaranya Google Pixel 6 reguler absen kamera telephoto, dimana hanya dipersenjatai dengan lensa beresolusi 50MP main camera dan 12MP ultrawide camera.

Perbedaan keduanya juga masih terdapat pada kemampuan kamera selfie. Google Pixel 6 Pro dengan kamera 11.1MP, sementara Google Pixel 6 dengan kamera beresolusi 8MP.

Secara angka, kapasitas baterai keduanya tidak bisa dibilang istimewa jika dibandingkan dengan ponsel pintar Android lainnya. Namun tentu saja keawetannya tidak perlu diragukan. Hal ini dikarenakan penggunaan Sistem Operasi Android murni yang hemat daya.

Nah, jika kamu memang lebih menyukai smartphone Android dibandingkan iOS, maka Google Pixel 6 Pro dan Pixel 6 tentu akan sangat layak dipertimbangkan. Hanya saja memang harus diakui, popularitas smartphone ini masih belum bisa menandingi Apple iPhone.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Birton Sihombing