Gunung Tertinggi Di Dunia Ternyata Bukanlah Everest

Gunung Tertinggi Di Dunia Ternyata Bukanlah Everest 1

Bumi kita terhampar luas. Dan di atas hamparan ini terdapat banyak sekali hal-hal yang luar biasa, salah satunya adalah gunung. Gunung merupakan bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Oleh karena itu keberadaan gunung sangat menjulang dibandingkan tanah yang ada di sekitarnya. Ketinggian setiap gunung berbeda-beda dan diukur dengan satuan mdpl yang berarti meter di atas permukaan laut. Lantas gunung apakah yang menyandang sebagai gunung tertinggi di dunia?

Kita semua pasti tahu gunung tertinggi di Indonesia adalah Gunung Jayawijaya yang berlokasi di Papua. Puncaknya dikenal dengan nama CarstenszPyramid. Tetapi jika membicarakan gunung tertinggi di dunia, maka semua kebanyakan orang akan menyebut Gunung Everest yang berada di Nepal. Itu memang tidak salah, tetapi ternyata sebenarnya masih ada yang gunung yang lebih tinggi dari Gunung Everest ini. Benarkah? Mari kita cari tahu terlebih dahulu dengan membaca artikel ini hingga tuntas!

Sebelum membahas gunung yang paling tinggi, mari kita simak terlebih dahulu profil Gunung Everest! Gunung Everest terletak di perbatasan Nepal dan Tibet, Asia Selatan. Terkenal sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.850 MDPL. Letaknya yang berada di perbatasan dua negara, gunung ini memiliki nama lain, yaitu Chomolungma, yang diambil dari bahasa Tibet yang artinya Dewi Gunung. Sedangkan orang Nepal menyebutnya Sagarmatha, yang berarti Kening Langit.

Karena ketinggiannya itu, Gunung Everest menjadi gunung yang paling dicari oleh para pendaki dari seluruh dunia. Selain persiapan fisik dan juga mental, butuh perjuangan yang tidak main-main untuk bisa  menaklukan puncak Everest karena medannya yang benar-benar ekstrim. Itu sebabnya tidak heran jika mendaki Gunung Everest merupakan hal yang paling menantang. Dibutuhkan 10 hari mendaki untuk bisa sampai ke basecamp, 6 minggu adaptasi dengan cuaca dingin, kemudian di lanjutkan 7-9 hari untuk sampai ke puncak.

Meskipun terkenal dengan julukan tempat yang paling dekat dengan langit, tetapi Everest ternyata bukanlah gunung yang paling tinggi di dunia. Jadi seperti ini! Jika diukur dari kaki gunung yang terletak di atas permukaan laut, Everest tetap menyandang sebagai gunung yang tertinggi di dunia. Tetapi, jika pengukurannya di hitung dari bawah permukaan laut Gunung Mauna Kea di Hawai yang memegang rekor sebagai gunung tertinggi di dunia. Mauna Kea memiliki ketinggian total 10.210 meter, itu artinya Mauna Kea lebih tinggi sekitar 1300 meter jika dibandingkan dengan Everest.

Tapi, kaki Gunung Mauna Kea berada di pedalaman 6000 meter di bawah permukaan laut, inilah yang menyebabkan Mauna Kea tidak terlalu mendapat perhatian sebagai gunung tertinggi di dunia, sebab sudah menjadi standar umum bahwa penghitungan tinggi sebuah objek adalah menggunakan satuan MDPL atau jumlah Meter di Atas Permukaan Laut.

Meski begitu, Mauna Kea yang memiliki arti Gunung Putih ini, juga menjadi spot favorit para pencinta alam. Karena selain sebagai tempat rekreasi olahraga ski dan snow boarding, terdapat pula tempat penelitian astronomi yang berada di puncak gunungdan dilengkapi teleskop canggih untuk objek luar angkasa dari muka bumi.

Bagaimana menurut Anda? Apakah gunung Everest atau Gunung Mauna Kea yang layak untuk menyandang status gunung tertinggi di dunia?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

El-Pedia