Gurun Dasht-e Lut Tempat Terpanas di Bumi

Gurun Dasht-e Lut Tempat Terpanas di Bumi 1

Gurun Dasht e Lut ini berada di Provinsi Kerman, Iran. Ini merupakan sebuah tempat yang memiliki suhu terpanas di dunia dengan maksimum suhu terpanas 70 derajat Celcius. Gurun ini dikenal sebagai tempat panas di Iran berdasarkan penelitian Nasa tahun 2005.

Menurut penelitian oleh alat NASA yang dipasang oleh Peneliti, temperatur di tempat tersebut memang sangat panas, mengingat tempat tersebut merupakan daerah kering tidak bisa ditumbuhi oleh tanaman. Saking keringnya tidak ada tanaman yang tumbuh di daerah tersebut.

Kawasan yang merupakan titik terpanas di gurun ini adalah kawah yang cukup luas dengan luas 480 km2 kawasan paling panas di gurun ini. Gurun ini memiliki luas sekitar 51.000 km2 yang merupakan salah satu satu gurun terluas di dunia. Menurut Catatan sejarah gurun ini dulunya sebenarnya berada di dasar laut atau di bawah laut, namun karena ada gempa tektonik kawasan ini kemudian terangkat oleh air laut karena saking panasnya suhu dikawasan ini.

Gurun Dasht-e Lut Tempat Terpanas di Bumi 3

Dari beberapa tempat-tempat terpanas di dunia gurun di Iran ini merupakan tempat terpanas dengan suhu maksimum 70 derajat Celcius berbeda dengan tempat-tempat lain di dunia yang hanya memiliki suhu terpanas 50 derajat Celcius saja. Karena saking panasnya suhu di gurun ini, kita pun bisa memasak atau menggoreng sesuatu di atas gurun ini tanpa nyala api.

Tempat ini terbilang sangat panas, namun ada wisatawan yang sengaja ingin mengunjungi tempat ini dan merasakan kondisi yang sebenarnya dari Gurun Dasht e Lut di Iran ini. Gurun ini disebut gurun garam dan termasuk  gurun terbesar ke-25 di dunia.

Kawasan panas bernama gandom Beryan yang memiliki luas 480 km2 memiliki kerikil vulkanik yang ada di sekitar tempat tersebut yang mempengaruhi suhu tinggi, karena suhu tersebut dapat menyerap energi matahari yang menyinari gurun tersebur dan sedikit untuk Gandom Beryan sendiri berarti adalah gandum panggang menurut bahasa Persia berarti menceritakan tentang roti yang terpanggang di gurun tersebut saat ditinggal pergi, dan karena suhu di gurun tersebut sangat panas, roti pun bak layaknya berada diatas tungku api yang menyala.

Bukan hanya roti saja, namun kita bisa menggoreng telur sampai matang. Bisa dibuktikan ketika kita menaruh telur mentah di atas pasir, telur itu seketika langsung matang tanpa adanya nyala api. Gurun ini mempengaruhi suhu di kota-kota yang dekat dengan gurun ini di Iran, sehingga kota-kota di Iran itu menjadi panas.

Kota-kota di Iran tersebut memang terkenal  merupakan daerah yang terkenal dengan suhu yang panas. Suhu rata-rata ditempat sekitar gurun tersebut bisa mencapai 70,7 derajat Celcius, dengan rata-rata suhunya mencapai 39 derajat Celcius. Bayangan saja ketika kita hidup di daerah tersebut dengan alam yang kering dan tandus tidak ada tumbuhan yang ada di tempat tersebut.

Bahkan jarang ditemukan air sebagai sumber kehidupan manusia. Tanaman apapun tidak bisa hidup di gurun ini, mengingat suhunya yang sangat panas.Gurun ini dapat dikatakan sebagai gurun terpanas didunia dan suhu maksimum bisa mencapai 70,7 derajat Celcius.  

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS